Menjelajahi 10 Danau Paling Unik Di Indonesia  



Menjelajahi 10 Danau Paling Unik Di Indonesia


AdeevaTravel - Indonesia banyak memiliki tempat wisata yang unik dan menarik yang menampilkan fenomena alam tak biasa. Seperti keberadaan Danau Tiga Warna di Kelimutu, Nusa Tenggara Timur, Danau Pagaralam dengan airnya yang berwarna merah darah atau Danau Labuan Cermin yang air danaunya memiliki dua rasa yaitu rasa tawar dan rasa asin.

Penasaran kan dengan keberadaan danau-danau ini, Simak ulasannya pada Menjelajahi 10 Danau Paling Unik Di Indonesia berikut ini.


1. Danau Kelimutu, Nusa Tenggara Barat


Danau Kelimutu

Danau Kelimutu adalah danau kawah yang berada di puncak Gunung Kelimutu, Pulau Flores, Nusa Tenggara Timur. Danau ini merupakan danau paling unik di Indonesia karena memiliki tiga warna yang berbeda yaitu warna Merah, Biru dan Putih. Meskipun demikian warna-warna tersebut akan selalu berubah seiring dengan perjalanan waktu. 

Luas ketiga danau itu sekitar 1.051.000 meter persegi dengan volume air 1.292 juta meter kubik. Batas antar danau adalah dinding batu sempit yang mudah longsor. Dinding ini sangat terjal dengan sudut kemiringan 70 derajat. Ketinggian dinding danau berkisar antara 50 sampai 150 meter.

2. Danau Pagaralam, Bengkulu


Danau Pagaralam

Danau yang satu ini berbeda dengan danau-danau lainnya. Bila biasanya air danau berwarna jernih, Di Danau Pagaralam memiliki warna danau merah darah. Danau yang terletak di perbukitan Mandare perbatasan kota Pagaralam dan Kaur Provinsi Bengkulu. Walau berwarna merah darah, namun saat kita mengambil airnya dengan tangan atau wadah maka airnya berwarna seperti air pada umumnya. Menurut warga sekitar, pada malam hari di lokasi sekitar danau ini akan tercium aroma pandan.

Keunikan lain yang ditawarkan Danau Pagaralam tidak hanya sebatas itu. Satwa yang ada di sekitar Danau Pagaralam pun juga mempunyai keunikan tersendiri, seperti ditemukannya kelabang raksasa dengan lebar 30 cm dan panjang 50 cm, kerbau memiliki sarang lebah di telinganya, beberapa burung terlihat memiliki ukuran yang cukup besar. Walaupun mempunyai penampakan yang tidak lazim, namun hewan-hewan tersebut tampak jinak.

3. Danau Tujuh Gunung, Jambi


Danau Gunung Tujuh

Sesuai namanya danau ini dikelilingi oleh tujuh gunung, yaitu Gunung Hulu Tebo (2.525 mdpl), Gunung Hulu Sangir (2.330 mdpl), Gunung Madura Besi (2.418 mdpl), Gunung Lumut yang ditumbuhi berbagai jenis Lumut (2.350 mdpl), Gunung Selasih (2.230 mdpl), Gunung Jar Panggang (2.469 mdpl), dan Gunung Tujuh itu sendiri (2.735 mdpl). Di beberapa gunung ini terdapat sumber air, yang menyebabkan air di danau ini tidak pernah habis.

Danau Gunung Tujuh merupakan Danau yang terletak di Kabupaten Kerinci, Jambi. tepatnya di Desa Pelompek, Kecamatan Ayu Aro. Danau ini berada di kawasan Gunung Tujuh, sebuah gunung yang berada tepat di belakang Gunung Kerinci.

Danau Gunung Tujuh juga merupakan salah satu Danau tertinggi di Indonesia, Danau ini berada di ketinggian 1.950 meter di atas permukaan laut. Dengan ketinggian hampir 2 kilometer dpl itu bisa dibayangkan betapa dinginnya air Danau Gunung Tujuh di pagi hari. Meskipun begitu, berendam di Danau Gunung Tujuh dengan air yang sangat dingin menjadi tantangan sendiri bagi para pendaki.

4. Danau Labuan Cermin, Kalimantan Timur


Danau Labuan Cermin

Danau Labuan Cermin terletak di Kecamatan Biduk-biduk, Kalimantan Timur. Jika dilihat di peta, letaknya tepat di punggung hidung Kalimantan. Tempat ini bisa ditempuh dalam tiga jam perjalanan laut dari Derawan.
Bagian atas Danau Labuan Cermin berisi air tawar seperti danau pada umumnya. Namun beberapa meter di bawahnya terdapat aliran air asin. Anehnya, kedua jenis air ini tidak tercampur. Secara kasat mata dapat dilihat bahwa air laut dan air tawar dipisahkan oleh lapisan serupa awan.

Belum ada yang melakukan penelitian di daerah ini sehingga terbentuknya fenomena ini masih menjadi misteri.

5. Danau Kakaban, Kalimantan Timur


Danau Kakaban

Danau Kakaban merupakan danau prasejarah yaitu zaman peralihan Holosin. Luasnya sekitar 5 km², berdinding karang terjal setinggi 50 meter, yang mengakibatkan air laut yang terperangkap tidak lagi bisa keluar,

Karena perubahan dan evolusi yang cukup lama oleh air hujan dan air tanah, air danau ini kemudian menjadi lebih tawar dibandingkan laut yang ada di sekitarnya. Perubahan ini berdampak juga pada adaptasi fauna laut yang ada di dalam danau itu. Ubur-ubur misalnya, karena terbatasnya makanan, akhirnya beradaptasi dengan melakukan simbiose mutualistis dengan algae. Algae adalah penghasil makanan dan harus memasak makanan dengan bantuan sinar matahari.

Selama ribuan tahun danau di tengah laut ini tentu saja menciptakan suatu ekosistem tersendiri yang sangat unik.

Danau unik ini memiliki empat jenis ubur-ubur, salah satunya adalah ubur-ubur jenis Cassiopea.

6. Danau Kawah Putih, Jawa Barat


Danau Kawah Putih

Kawah Putih adalah sebuah tempat wisata di Jawa Barat yang terletak di kawasan Ciwidey. Kawah putih merupakan sebuah danau yang terbentuk dari letusan Gunung Patuha. Tanah yang bercampur belerang di sekitar kawah ini berwarna putih, lalu warna air yang berada di kawah ini berwarna putih kehijauan, yang unik dari kawah ini adalah airnya kadang berubah warna. Kawah ini berada pada ketinggian +2090 m dpl dibawah puncak/titik tertinggi Gunung Patuha.

7. Danau Linow, Sulawesi Utara


Danau Linow

Danau Linow terletak di area wilayah administratif kota Tomohon, Provinsi Sulawesi Utara, Indonesia. Danau ini terletaak dekat Proyek Tenaga Listrik Panas Bumi Lahendong. Danau ini unik karena waktu siang airnya warna-warni (atau danau tiga warna). Danau ini merupakan salah satu obyek wisata yang menarik di tanah Toar Lumimuut.

8. Danau Tujuh Warna, Bengkulu


Danau Tujuh Warna

Objek Wisata Telaga tujuh warna adalah wisata kebanggan kabupaten Lebong yang bukan saja karena keunikannya, tapi juga karena keindahannya. Objek ini dapat ditempuh sekitar 35 km dari kota curup menuju muara aman tepatnya di daerah desa sumber bening, rimbo pengadang. Dari simpang jalan  di sumber bening ini dilanjutkan perjalanan selama 6 km. Sepanjang jalan akan melalui lading-ladang penduduk, hutan hujan tropis yang menghijau dan bukit barisan yang terhampar jauh.

Sudut pemandangan yang masih asri pun dapat dilihat di kawasan rimbo pengadang, sumber air panas ini memiliki beberapa telaga yang memiliki warna yang berbeda-beda pula diantaranya biru, merah, putih, abu-abu kuning, coklat dan hitam.

9. Danau Paniai, Papua


Danau Paniai

Danau Paniai adalah nama sebuah danau yang terletak di Kabupaten Paniai, Papua. Danau ini memiliki pemandangan yang rancak, alami dan terawat dengan baik. Danau seluas 14.500 hektare ini banyak terdapat bebatuan dan pasir disekitarnya serta dikelilingi oleh tebing-tebing yang tinggi.

Di danau ini Anda dapat menemukan udang endemik asli Papua yang sudah sangat langka yaitu Udang Selingkuh (cherax albertisi). Selain udang langka di Danau Paniai juga masih terdapat beberapa hewan langka lainnya seperti ikan nila (oreochromis niloticus), ikan mujair (oreochromis mossambicus), ikan mas/ikan karper (cyprinus carpio), ikan sembilan hitam, dan ikan belut (synbranchus) adalah di antara jenis ikan yang dapat dijumpai di danau ini. Sedangkan ikan pelangi (rainbow/melanotaenia ayamaruensis) merupakan biota Danau Paniai yang sering dicari oleh para nelayan dan hobiis ikan hias karena bernilai ekonomi tinggi.  

10. Danau Satonda, Nusa Tenggara Barat


Danau Satonda

Danau Satonda adalah danau unik di Indonesia yang terletak di Pulau Satonda, Kabupaten Dompu, Nusa Tenggara Barat. Danau ini memiliki keunikan tersendiri karena air danaunya terasa asin seperti air laut yang diperkirakan air danau ini menjadi asin karena bercampur dengan air laut yang meluap dan terperangkap ke danau pada saat Gunung Tambora meletus. 

Hal ini bisa terjadi karena Pulau Satonda dengan Gunung Tambora sangatlah dekat. Seperti diketahui bahwa Latusan Gunung Tambora adalah letusan yang maha dahsyat yang menimbulkan bencana Tsunami yang sangat dahsyat pula.

Sungguh menakjubkan kan Menjelajahi 10 Danau Paling Unik Di Indonesia ini? Jika Anda tertarik silahkan rencanakan liburan Anda tahun ini untuk mengunjungi danau-danau paling unik di Indonesia ini.

Jihan Nur Shadrina

Jihan Nur Shadrina

Blog ini di buat, copas dari beberapa sumber website muslim. Sekaligus saya belajar dan membaca dari hasil copas artikel, agar saya bisa mendapatkan ilmu yang bermanfaat untuk diri saya, keluarga dan lingkungan di sekitar, Semoga saya di jadikan WANITA MUSLIMAH yang bermanfaat. Aamiin.

Post A Comment:

0 comments: