Menikmati Keunikan Danau Dendam Tak Sudah Bengkulu  


Danau Dendam Tak Sudah

AdeevaTravel -Danau Dendam Tak Sudah adalah sebuah danau yang terletak di Desa Dusun Besar, Kecamatan Singaran Pati, Provinsi Bengkulu, Indonesia. Danau seluas 577 hektare yang terbentuk dari letusan gunung berapi ini di jadikan Cagar Alam oleh Pemerintah Bengkulu pada tahun 1999.

Di danau ini Anda dapat menyaksikan beberapa flora khas seperti Anggrek Matahari, Plawi, Bunga Bakung, Gelam, Terentang, Sikeduduk, Brosong, Ambacang Rawa atau Pakis. Selain itu di Danau Dendam Tak Sudah ini Anda juga dapat menemukan beberapa fauna khas seperti Kera Ekor Panjang, Lutung, Burung Kutilang, Babi Hutan, Ular Phyton, Siamang, Siput dan beberapa jenis Ikan Langka seperti Kebakung dan Ikan Palau. 

Menurut cerita penduduk setempat keberadaan nama Danau Tak Mudah banyak dihubungkan dengan beberapa legenda yang ada seperti Legenda Buaya Buntung, Lintah Raksasa hingga Dam Tak Sudah.

Legenda Buaya Buntung


Menurut warga  sekitar Danau Tak Sudah, Buaya yang sering muncul menjelang perayaan hari besar seperti Hari Raya Idul Fitri warga akan mendirikan pondok jualan di sekitar danau dan menghentikan pencarian ikan.

Tidak hanya itu, kemunculan buaya ke permukaan danau juga sering dikaitkan dengan bencana yang melanda kota Bengkulu ketika Bengkulu diguncang oleh gempa 7,3 SR pada tahun 2000 lalu dan gempa besar berkekuatan 7,9 SR pada tahun 2007.

Lintah Raksasa


Konon pada zaman dahulu kala ada sepasang kekasih yang cintanya tidak dit=restui oleh orangtua. Mereka yang tengah di mabuk asmara memutuskan bunuh diri dengan cara meloncat ke dalam danau. Sejak saat itu warga Bengkulu percaya ada dua ekor Lintah Raksasa yang hidup di danau yang merupakan jelmaan sepasang kekasih tersebut. Mereka akan terus hidup di dalam danau dengan rasa dendam.   

Dam Tak Sudah


Kisah lain terkait dengan nama danau yang cukup aneh tersebut adalah adanya pembangunan dam oleh kolonial pemerintahan Hindia Belanda untuk menampung banjir. Tetapi hingga penjajahan berakhir dam tersebut tak pernah usai dan ditinggalkan begitu saja. Akibatnya luka dan dendam penduduk Bengkulu tak berkesudahan. Sehingga banyak orang mengaitkan Dam Tak Sudah menjadi nama Danau Dendam Tak Sudah. 

Dibalik cerita itu semua, Danau Dendam Tak Mudah menyuguhkan panorama alam yang menawan dengan di kelilingi bukit-bukit hijau yang menjadi Kawasan Cagar Alam Bengkulu.

Saat ini banyak wisatawan yang datang ke tempat ini selain untuk menikmati pemandangan alamnya yang sangat menakjubkan juga merasa penasaran dengan keunikan namanya.
Axact

Axact

Vestibulum bibendum felis sit amet dolor auctor molestie. In dignissim eget nibh id dapibus. Fusce et suscipit orci. Aliquam sit amet urna lorem. Duis eu imperdiet nunc, non imperdiet libero.

Post A Comment:

0 comments: