Menikmati Keindahan Taman Nasional Lorenz Di Papua  



Menikmati Keindahan Taman Nasional Lorenz Di Papua

AdeevaTravel -Taman Nasional Lorenz adalah salah satu  Taman Nasional Terindah Di Papua, Indonesia. Taman seluas 2,4 juta ha ini merupakan Taman Nasional terluas di Indonesia dan Asia Tenggara. 



Taman Nasional Lorenz merupakan perwakilan dari ekosistim terlengkap untuk kenaekaragaman hayati di Asia Pasifik. Taman Nasional Lorenz juga merupakan salah satu dari tiga Taman Nasional di dunia yang memiliki gletser di daerah tropis. 

Taman Nasional Lorenz

Taman Nasional ini membentang dari puncak gunung bersalju Jaya Wijaya setinggi 5.030 mdpl  hingga membujur ke pesisir pantai dengan Hutan Bakau dan batas tepi perairan Laut Arafura yang banyak terdapat spektrum ekologis menakjubkan seperti Vegetasi alpin, sub-alpin, montana, sub-montana, dataran rendah serta lahan basah.

Selain memiliki keanekaragaman hayati yang sangat tinggi, Taman Nasional Lorenz juga memiliki kekhasan dan keunikan tersendiri seperti adanya Gletser di Puncak Jaya Wijaya dan juga adanya sungai yang menghilang beberapa kilometer ke dalam tanah di Lembah Baliem.

 Di Taman Nasional Lorenz ini Anda dapat menemukan 34 vegetasi yang diantaranya adalah Hutan Rawa, Hutan Tepi Sungai, Hutan Salju, Hutan Gambut, Pantai Pasir Karang, Hutan Hujan, Lahan Datar, Hutan Kerangas, Hutang Pegunungan, Padang Rumput hingga Lumut Kerak.

Burung Cendrawasih Ekor Panjang
Flora dan Fauna di Taman Nasional ini juga sangat beragam. Di taman ini Anda dapat menemukan tumbuhan Nipah (Nypa fruticans), Bakau (Rhizophora apiculata), Pandanus julianettii, Colocasia esculenta, Avicennia marina, Podocarpus pilgeri, dan Nauclea coadunata serta 630 jenis burung seperti Burung Langka Kastuari, 4 Megapoda, 31 jenis Burung Merpati, 30 jenis Burung Kakatua, 13 jenis Burung Udang, 29 jenis Burung Madu dan 20 jenis Burung Endemik seperti Burung Cendrawasih Ekor Panjang (Paradigalla caruneulata) dan Burung Puyuh Salju (Anurophasis monorthonyx) serta 123 jenis mamalia seperti Babi Duri Moncong Panjang (Zaglossus bruijnii), Babi Duri Moncong Pendek (Tachyglossus aculeatus), 4 Jenis Kuskus, Walabi, Kucing Hutan hingga Kanguru Pohon.

Taman Nasional Lorenz, selain memiliki keanekaragaman hayati yang sangat tinggi juga memiliki keanekararagaman budaya yang sangat mengagumkan. Di taman ini juga merupakan tempat Suku Nduga, Suku Dani Barat, Suku Amungme Suku Sempan dan Suku Asmat dan kemungkinannya masih ada lagi suku -suku lainnya yang hidup terpencil di hutan belantara ini yang diperkirakan telah ada sejak 30.000 tahun yang lalu.

Suku Asmat

Lorenz yang ditunjuk sebagai Taman Nasional pada tahun 1997 di jadikan sebagai Situs Warisan Dunia UNESCO pada tahun 1999 sayangnya belum semua sarana serta fasilitas untuk kemudahan para pengunjung masih sangat terbatas dan objek serta daya tarik wisata alam yang ada di Taman Nasional Lorenz ini belum dikembangkan dengan baik.

Peta Papua

Untuk berkunjung Ke Taman Nasional Lorenz Dari kota Timika ke bagian Utara kawasan menggunakan penerbangan perintis dan ke bagian Selatan menggunakan kapal laut melalui Pelabuhan Sawa Erma, dilanjutkan dengan jalan setapak ke beberapa lokasi. Dari kota Wamena ke bagian selatan kawasan menggunakan kendaraan mobil menuju Danau Habema, dilanjutkan dengan berjalan kaki menuju Puncak Trikora






Jihan Nur Shadrina

Jihan Nur Shadrina

Blog ini di buat, copas dari beberapa sumber website muslim. Sekaligus saya belajar dan membaca dari hasil copas artikel, agar saya bisa mendapatkan ilmu yang bermanfaat untuk diri saya, keluarga dan lingkungan di sekitar, Semoga saya di jadikan WANITA MUSLIMAH yang bermanfaat. Aamiin.

Post A Comment:

0 comments: