Pengumuman penerimaan cpns telah tiba. Lowongan cpns, baik formasi pusat dan daerah. Info-nya, jadwal pendaftaran cpns di Kementerian, Pemerintah Provinsi, Kota, dan Kabupaten, dibuka secara online.

Pada artikel rahasia lulus test cpns ini, kami share pengalaman cara menjawab soal-soal cpns, dan akhirnya lulus test cpns. Referensi artikel ini berasal dari saudara dan sahabat kami yang telah lulus test cpns online maupun manual dan sekarang menjadi pns 100%. Lowongan cpns yang pernah diikuti antara lain, seleksi test CPNS BPK, Kementerian Kehutanan, Kementerian Kelautan dan Perikanan, Kemenkes, BUMN, guru, dan penerimaan cpnsd Provinsi Jawa Tengah.

Sebenarnya, mencari lowongan kerja terbaik harusnya tidak sulit. Oleh karena itu, memilih jurusan kuliah di perguruan tinggi perlu diperhatikan, sesuaikan dengan bakat, minat, dan trend kebutuhan tenaga kerja  pada waktu Anda lulus kuliah. Artikel ini tidak membahas keuntungan dan kerugian menjadi pns, yang kami posting adalah cara-cara penguasaan materi dan strategi menjawab soal-soal test cpns, sedangkan pengalaman mengikuti test wawancara cpns bpk dan kementerian kelautan akan kami posting kemudian.

Setelah lulus administrasi pendaftaran cpns, tentunya Anda akan dihadapkan pada ujian tertulis cpns. Materi test dan strateginya:

(1) Tes kompetensi dasar, yaitu  tes pengetahuan umum (TPU), tes bakat skolastik (TBS), dan tes skala kematangan (TSK).

Tes pengetahuan umum berisi materi tentang kemajuan pembangunan Indonesia, kebijakan pemerintah, perkembangan dunia, tata negara, rumusan Pancasila, pokok pikiran UUD 1945, sejarah Indonesia, dan pengetahuan umum tentang instansi yang sedang Anda ikuti testnya. Strateginya, materi-materi ini dapat Anda kuasai dengan banyak membaca surat kabar, mencari informasi di internet, belajar contoh-contoh soal, dan banyak membaca berita di website instansi yang sedang Anda ikuti test-nya. Selain itu, mengisi teka-teki silang / TTS juga dapat menambah pengetahuan umum Anda, mengasah otak, dan mempercepat respon / daya pikir Anda dalam menjawab soal.

Tes bakat skolastik berisi soal sinonim, antonim, analogi, deret hitung, logika dan penalaran, matematika dasar. Strateginya, materi-materi ini dapat Anda kuasai dengan banyak mengerjakan contoh-contoh soal cpns gratis tahun-tahun sebelumnya di internet, mengoleksi buku-buku test Gramedia ataupun membeli disekitar tempat pendaftaran cpns, atau menempuh kursus persiapan test cpns jika perlu. Tempat kursus, biasanya memberikan tips trik, cara termudah, dan tercepat menjawab soal, sehingga Anda tidak membutuhkan banyak waktu untuk membaca sekaligus menjawab soal ujian tulis cpns. Dari tahun ke tahun, soal pada jenis test ini tidak sama, namun ada kemiripan, sehingga rumus yang digunakan dan cara mengerjakannya sama saja.

Tes skala kematangan, materi test ini cendeung ingin mengetahui sikap, sifat, dan karakter Anda dalam lingkungan kerja nanti. Oleh karena itu, test ini juga mengukur dan menguji kemampuan individu Anda dalam bergaul dan berinteraksi dalam lingkungan kerja. Strategi menjawab soal ini, pilih jawaban yang mewakili sikap, sifat, dan/ karekter Anda. Pilih jawaban yang terbaik dan mewakili diri Anda. Hasil akhirnya, penguji akan mendapat suatu kesimpulan mengenai diri Anda; karakter Anda apakah cocok dengan formasi/bidang pekerjaan yang dipilih. Misalnya, Anda adalah pribadi yang terbuka, dapat menerima saran dan kritik, suka bekerja secara berkelompok, dll.  Jadi, jawaban soal nomor 1 s/d terakhir harus konsisten. Maka, jawaban Anda harus mengarah ke sikap, sifat, dan/ karekter tersebut.

(2) Tes kompetensi bidang materinya biasanya berdasarkan latar belakang/pendidikan dari formasi yang dipilih. Test ini dapat diujikan atau tidak, tergantung instansi penyelenggara test cpns. Begitu juga dengan test bahasa Inggris / TOEFL, psikotest, dan wawancara.

Dari seluruh materi ujian tertulis test cpns yang Anda ikuti diatas, inilah tips cara mengerjakan dan menjawab soal:
  1. Jangan melihat siapa dan berapa jumlah saingan Anda, karena akan mempengaruhi mental Anda sewaktu mengerjakan soal. Soal yang mudah akan terlihat sulit. Yang biasanya dapat dikerjakan dengan cepat, malah waktu terbuang untuk 1 soal saja. Abaikan peserta lainnya, fokus / konsentrasi, tenang, dan santai.
  2. Cermati panduan soal. Pastikan Anda mengerjakan dan menjawab soal sesuai petunjuk yang telah diberikan. Salah jawaban biasanya terjadi pada soal test skala kematangan dan psikotest karena tidak memperhatikan petunjuk cara mengerjakan dan mengisi jawaban.
  3. Kerjakan soal-soal yang termudah, 1 soal jangan dikerjakan lebih dari 1 menit, penting untuk memakai jam tangan Anda. Jika dalam 1 menit, ragu-ragu atau bahkan tidak berhasil dikerjakan, tinggalkan, lanjut ke soal berikutnya.
  4. Setelah selesai mengerjakan soal termudah sampai dengan soal nomor terakhir, kembalilah ke awal. Kerjakan kembali soal yang dianggap sulit tadi dalam waktu 1 menit, tidak lebih. Jika jawaban masih ragu, tinggalkan, lanjutkan ke soal sulit berikutnya sampai dengan soal yang sulit nomor terakhir. Sekarang, pastinya hanya tersisa beberapa soal yang benar-benar sulit menurut Anda.
  5. Kembali lagi ke awal, kerjakan soal yang benar-benar sulit tadi dalam waktu 1.5 menit. Jika masih ragu, pilih saja jawaban itu. Keputusan ini lebih baik daripada harus spekulasi, disamping itu waktu test juga pasti hampir habis.
  6. Jika Anda sudah selesai mengerjakan seluruh soal, jika ada sisa waktu test, periksa kembali seluruh jawaban Anda, terutama jawaban pada soal yang benar-benar sulit tadi.
Yup, semoga membantu. Jika ada informasi mengikuti test cpns online terbaru, artikel ini akan kami update. Sedangkan info lowongan cpns, dapat Anda cari di website resmi penyelenggara test. Pengalaman dan materi mengikuti test wawancara cpns BPK dan kementerian akan kami posting kemudian.

lowongan cpns
Jihan Nur Shadrina

Jihan Nur Shadrina

Blog ini di buat, copas dari beberapa sumber website muslim. Sekaligus saya belajar dan membaca dari hasil copas artikel, agar saya bisa mendapatkan ilmu yang bermanfaat untuk diri saya, keluarga dan lingkungan di sekitar, Semoga saya di jadikan WANITA MUSLIMAH yang bermanfaat. Aamiin.

Post A Comment:

0 comments: