Biaya-biaya reksa dana yang perlu diketahui sebelum membeli RD. Karena biaya ini bisa dibebankan pada keuntungan atau return reksadana yang diperoleh investor.
  1. Biaya pembelian (subscription fee). Merupakan biaya yang dikenakan setiap kali Anda membeli reksa dana.  Dalam biaya pembelian ini, Anda dapat memilih untuk menambahkan sejumlah uang sebesar biaya pembelian, atau Anda dapat meminta biaya pembelian ini dipotong dari investasi yang Anda masukkan. Besarnya biaya ini tergantung dari masing-masing produk reksa dana. Saran Bapepam-LK, baca prospektusnya, beli reksadana dengan biaya (subscription fee) 0% - 3%.
  2. Biaya penjualan kembali (redemption fee). Merupakan biaya yang dikenakan setiap kali Anda mencairkan reksa dana. Biaya ini akan langsung dipotong ketika Anda mencairkan Reksa Dana Anda, sehingga Anda tidak perlu lagi melakukan pembayaran apapun. Besarnya biaya ini tergantung dari masing-masing produk reksa dana. Saran Bapepam-LK, baca prospektunya, pilih reksadana dengan biaya (redemption fee) 0.5% - 2%.
  3. Biaya pengalihan (switching fee). Merupakan biaya yang dikenakan setiap kali Anda mengalihkan investasi dari reksadana yang satu ke produk RD lainnya, tapi masih dikelola oleh Manajer Investasi (MI) yang sama. Pilihan membeli reksadana terbaik dengan biaya (switching fee) 0% - 1%.
  4. Biaya jasa manajer investasi. Biaya ini diberikan kepada MI sebagai imbalan atas jasanya dalam melakukan pengelolaan Reksa Dana. Biaya ini dihitung setiap hari berdasarkan NAB reksa dana. Namun, Anda tidak perlu repot untuk menghitung biaya ini karena bank kustodian telah menghitung dan membebankannya pada NAB sehingga telah tercermin pada NAB per unit yang diterbitkan setiap hari. Pilihan membeli reksadana terbaik dengan biaya jasa MI 0,75% - 3% per tahun. Lebih dari 3% atau sampai dengan 5%, maka dana investasi Anda akan tergerus. Oleh karena itu, penting untuk membaca prospektus reksadana yang akan Anda beli. 
  5. Biaya jasa bank kustodian. Biaya ini diberikan kepada bank kustodian sebagai imbalan atas jasanya dalam melakukan administrasi reksa dana. Biaya ini dihitung setiap hari berdasarkan NAB reksa dana. Seperti pada imbal jasa manajer investasi, biaya ini telah dibebankan pada NAB sehingga telah tercermin NAB per unit yang diterbitkan setiap hari. Biaya berkisar 0.2% - 0.25% per tahun.
  6. Biaya jasa bank agen penjual. Biaya ini diberikan kepada bank agen penjual reksadana sebagai imbalan atas jasanya dalam melakukan penjualan unit reksadana. Biaya berkisar 0% - 2% per tahun. Hanya beberapa produk RD yang mensyaratkan biaya ini s/d 2%. Pendapat kami, beli reksadana dengan biaya 0%.
biaya membeli reksadana
Axact

KAOS DAKWAH

KAOS DAKWAH adalah blog membahas tentang cara pembuatan Kaos Dakwah sampai bagaimana cara menjual Kaos Dakwah Online maupun offline, Silakan cari artikel di blog ini..Terima Kasih telah berkunjung di blog sederhana ini.

Post A Comment:

0 comments: