Menjelajahi Danau Gunung Tujuh Di Jambi  


Danau Gunung Tujuh

AdeevaTravel-Danau Gunung Tujuh merupakan danau yang terletak di Kabupaten Kerinci, Jambi tepatnya berada di desa Pelompek, Kecamatan Ayu Aro. Sesuai dengan namanya danau ini dikelilingi oleh tujuh gunung yaitu Gunung Hulu Tebo (2.535 mdpl), Gunung Hulu Sangir (2.330 mdpl), Gunung Madura Besi (2.418 mdpl), Gunung Lumut (2.350 mdpl), Gunung Selasih (2.230 mdpl), Gunung Jar Panggang (2.469 mdpl) dan Gunung Tujuh (2.745 mdpl). 

Gunung Tujuh adalah sebuah gunung yang terletak di belakang Gunung Kerinci. Gunung ini masih termasuk pada kawasan Taman Nasional Kerinci Seblat yang juga merupakan salah satu Situs Warisan Dunia UNESCO.

Danau Gunung Tujuh

Danau Gunung Tujuh merupakan salah satu tempat tujuan wisata dengan panjang 4,5 km serta lebar 3 km memiliki kedalaman hingga 40 meter serta memiliki keindahan alam yang sangat menakjubkan. Danau Gunung Tujuh ini juga merupakan salah satu danau tertinggi di Indonesia dan Asia Tenggara. Danau ini berada pada ketinggian 1.950 meter di atas permukaan laut. Dengan ketinggian yang hampir 2 km itu bisa Anda bayangkan betapa dinginnya air di Danau Gunung Tujuh. Dan ini merupakan tantangan tersendiri bagi para wisatawan ataupun para pendaki yang sedang bertualang di Gunung Kerinci.

Karena letaknya di atas gunung, Menjadikan suasana di danau ini masih terlihat asri dan alami. Udara segar, panorama yang hijau serta air danau yang jernih menyuguhkan keindahan alam yang mampu membuat Anda betah untuk berlama-lama menikmati pemandangannya. 

Danau Gunung Tujuh adalah danau vulkanik nan menawan yang tercipta karena proses letusan gunung berapi yaitu Gunung Tujuh di Kabupaten Kerinci. Letusan gunung tersebut membuat kawah besar yang kemudian terisi oleh air hujan hingga membentuk sebuah danau. Danau Gunung Tujuh ini juga mengaliri beberapa sungai di bawahnya satu diantaranya adalah Sungai Batanghari.

Danau Gunung Tujuh

Selain dijadikan sebagai tempat wisata, keberadaan Danau Gunung Tujuh digunakan oleh penduduk setempat untuk mencari nafkah. Beberapa penduduk yang berprofesi sebagai nelayan untuk mencari ikan di Danau Tujuh. Jika Anda ingin berkunjung ke Danau Gunung Tujuh, Anda bisa menyewa sampan nelayan untuk mendayung menjelajahi luasnya danau.

Untuk menuju Danau Gunung Tujuh dari kota Jambi Anda harus melalui jalan darat sekitar 500 km ke Sungai Penuh. Sesampainya di Sungai Penuh, Anda bisa melanjutkan perjalanan menuju Desa Pelompek yang berada di Kecamatan Ayu Aro dengan jarak sekitar 50 km. Setelah sampai di Desa Kersik Tuo, Anda dapat beristirahat di rumah-rumah penduduk yang memang sengaja dibuat untu homestay atau menitipkan kendaraan Anda. Selanjutnya Anda melanjutkan perjalanan ke Danau Gunung Tujuh dengan berjalan kaki dengan waktu sekitar 3 jam perjalanan. 

Sumber: wikipedia
Axact

Axact

Vestibulum bibendum felis sit amet dolor auctor molestie. In dignissim eget nibh id dapibus. Fusce et suscipit orci. Aliquam sit amet urna lorem. Duis eu imperdiet nunc, non imperdiet libero.

Post A Comment:

0 comments: