9 Kepulauan Terindah Di Indonesia  


Kepulauan Raja Ampat, Papua Barat

AdeevaTravel-Sebagai negara kepulauan, Indonesia banyak memiliki kekayaan hasil laut serta pemandangan alam yang sangat luar biasa. Hal ini sudah terbukti, Keindahan alam di pulau-pulaunya dengan pantai pasir putihnya serta keindahan bawah lautnya sudah terkenal hingga ke penjuru dunia. 

Indonesia yang terdiri dari banyak pulau dan kepulauan memiliki banyak kekayaan alam dan kekayaan laut yang sangat menakjubkan. Oleh karena itu banyak wisatawan baik lokal maupun mancanegara senang menyelam di laut Indonesia karena sangat indah dipenuhi terumbu karang yang sangat cantik, hewan bawah laut yang jarang ditemui serta hamparan pasir putih pantainya yang sangat mempesona.

Banyaknya kepulauan yang sangat mempesona ini membuat banyak turis mancanegara untuk datang kembali ke Indonesia. Sebut saja Kepulauan Raja Ampat di Papua Barat atau Kepulauan Derawan di Kalimantan Timur yang banyak menyimpan kekayaan bawah lautnya. 

Berikut 10 Kepulauan Terindah Di Indonesia yang kaya akan hewan bawah lautnya, Terumbu Karang yang sangat menakjubkan serta keindahan pantainya yang sangat mempesona.

1. Kepulauan Raja Ampat, Papua Barat


Kepulauan Raja Ampat, Papua Barat

Kepulauan Raja Ampat merupakan rangkaian empat gugusan pulau yang terletak di Papua Barat, Indonesia. Saat ini Kepulauan Raja Ampat menjadi tempat tujuan wisata bagi para penyelam yang tertarik dengan keindahan pemandangan bawah lautnya. Empat gugusan pulau di Kepulauan Raja Ampat meliputi Pulau Waigeo, Pulau Misool, Pulau Salawati dan Pulau Batanta.

Perairan Kepulauan Raja Ampat menurut beberapa sumber merupakan salah satu dari 10 perairan terbaik untuk diving site di dunia. Bahkan Kepulauan Raja Ampat sebagai yang terbaik akan kelengkapan flora dan fauna bawah lautnya saat ini.

Menurut tim ahli dari Conservation International, The Nature Conservancy, Lembaga Ocenografi Nasional (LON) serta Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) mencatat bahwa diperairan ini terdapat lebih dari 450 jenis karang keras (75% dari total jenis di dunia), Lebih dari 1.000 jenis ikan karang, 700 jenis moluska dan catatan tertinggi bagi gonodactyloid stomatopod crustaceans, Ini menjadikan 75% spesies karang dunia berada di Kepulauan Raja Ampat. 

Tipe dari terumbu karang pada umumnya adalah terumbu karang tepi dengan kontur landai hingga curam. Tetapi juga ditemukan tipe atol dan tipe gosong atau taka.

Spesies yang unik yang dapat dijumpai saat menyelam, kita dapat menjumpai beberapa jenis kuda laut katai, wobbegong serta ikan Pari Manta.  Juga ada ikan endemik raja ampat, yaitu Eviota raja, yaitu sejenis ikan gobbie. Di Manta point yg terletak di Arborek selat Dampier, Anda bisa menyelam dengan ditemani beberapa ekor Pari Manta yang jinak seperti ketika Anda menyelam di Kepulauan Derawan, Kalimantan Timur. Jika menyelam di Cape Kri atau Chicken Reef, Anda bisa dikelilingi oleh ribuan ikan. Kadang kumpulan ikan tuna, giant trevallies dan snappers. Tapi yang menegangkan jika kita dikelilingi oleh kumpulan ikan barakuda, walaupun sebenarnya itu relatif tidak berbahaya (yang berbahaya jika kita ketemu barakuda soliter atau sendirian). Hiu karang juga sering terlihat, dan kalau beruntung Anda juga bisa melihat penyu sedang diam memakan sponge atau berenang di sekitar anda. Di beberapa tempat seperti di Salawati, Batanta dan Waigeo juga terlihat Dugong atau ikan duyung.

Karena daerahnya yang banyak pulau dan selat sempit, maka sebagian besar tempat penyelaman pada waktu tertentu memiliki arus yang kencang. Hal ini memungkinkan juga untuk melakukan drift dive, menyelam sambil mengikuti arus yang kencang dengan air yang sangat jernih sambil menerobos kumpulan ikan.
       

2. Kepulauan Derawan, Kalimantan Timur


Kepulauan Derawan, Kalimantan Timur

Kepulauan Derawan adalah sebuah kepulauan yang berada di Kabupaten Berau, Kalimantan Timur. Di kepulauan ini terdapat sejumlah objek wisata bahari menawan. Salah satunya adalah Taman Bawah Laut yang banyak diminati oleh wisatawan mancanegara terutama para penyelam kelas dunia.

Di Kepulauan Derawan terdapat beberapa ekosistim pesisir dan pulau kecil yang sangat penting yaitu Terumbu Karang Padang Lamun dan Hutan Bakau (hutan mangrove). Selain itu banyak spesies yang dilindungi berada di Kepulauan Derawan seperti Penyu Hijau, Penyu Sisik, Paus, Lumba-Lumba, Kima, Ketam Kelapa, Duyung, Ikan Barakuda dan beberapa spesies lainnya.

Kepulauan Derawan, Kalimantan Timur

Selain sebagai tempat penyelaman terbaik, Di Kepulauan Derawan para wisatawan juga dapat menyaksikan proses bertelurnya penyu, juga dapat menikmati keindahan pantainya dengan pasir putihnya yang lembut, bersih dan indah. Kepulauan Derawan juga telah di calonkan sebagai Situs Warisan Dunia UNESCO pada tahun 2005. 

3. Kepulauan Togean, Sulawesi Tengah


Kepulauan Togean, Sulawesi Tengah

Kepulauan Togean adalah sebuah Taman Nasional di Kepulauan Togean yang terletak di Teluk Tomi, Sulawesi Tengah yang diresmikan pada tahun 2004 lalu.

Kepulauan ini terkenal karena kaya akan terumbu karang dan berbagai biota laut langka yang di lindungi. Beberapa aksi wisata yang dapat dilakukan di Kepulauan Togean antara lain menyelam dan snorkeling di Pulau Kadidiri, memancing, menjelajahi alam hutan di Hutan Malenge serta mengunjungi Gunung Colo di Pulau Una-una.

Kepulauan yang dibentuk dari aktivitas vulkanis ini ditutupi oleh tumbuh-tumbuhan yang subur dan rimbun serta dikelilingi oleh formasi bukit karang, batu karang dan pantai menyediakan tempat tinggal dan berkembang biak bagi keberadaan kura-kura hijau.

Hasil survei dari Marine Rapid Assessment Program (MRAP) oleh Conservation International Indonesia (CII) pada tahun 1998 menunjukkan bahwa Kepulauan Togean merupakan salah satu bagian ekosistim terumbu karang penting dari coral triangle yang meliputi wilayah Indonesia, Filipina, Malaysia, Papua Nugini, Jepang dan Australia. Terumbu Karang di Kepulauan Togean kaya akan keanekaragaman hayati laut dengan 4 type terumbu karang yaitu Karang Tepi (fringing reef), karang penghalang (barrier reef), karang tompok (patch reef), serta karang cincin (atol).

Hasil Marine RAP mencatat dan 262 spesies karang yang tergolong kedalam 19 Familia pada 25 titik terumbu karang yang tersebar di Kepulauan Togean. Hasil Marine RAP juga mencatat adanya jenis karang endemik Togean, yaitu Accropora togeanensis pada 11 titik pengamatan terumbu karang. Enam jenis karang baru juga ditemukan di Kepulauan Togean dan Banggai yaitu masing-masing satu jenis dari genus Acropora, Porites, Leptoseris, Echinophyllia dan 2 jenis dari genus Galaxea. Jenis ikan terumbu karang tercatat 596 spesies ikan yang termasuk dalam 62 Familia. Jenis Paracheilinus togeanensis dan Ecsenius sp diduga kuat merupakan endemik yang hanya bisa ditemukan di Kepulauan Togean. Selain itu juga tercatat 555 spesies moluska dari 103 famili, 336 jenis Gastropoda, 211 jenis Bivalvia, 2 jenis Cephalopoda, 2 jenis Scaphopoda dan 4 jenis Chiton.   

4. Kepulauan Karimun Jawa, Jawa Tengah


Kepulauan Karimun Jawa, Jawa Tengah

Karimun adalah sebuah kepulauan di Laut Jawa yang masuk dalam Kabupaten Jepara, Jawa Tengah.  Dengan luas sekitar 1.500 hektar, kepulauan Karimun Jawa kini dikembangkan menjadi Pesona Wisata Taman Laut yang mulai digemari wisatawan lokal maupun mancanegara.

Sejak tanggal 15 Maret 2001, Karimun ditetapkan oleh Pemerintah Jepara sebagai Taman Nasional Karimun Jawa, rumah bagi terumbu karang, hutan bakau, hutan pantai serta tempat 400 spesies fauna laut seperti 242 jenis ikan hias, Hewan langka Elang Laut Dada Putih, Penyu sisik serta Penyu Hijau. Ditempat ini juga tumbuh tumbuhan Dewadaru  (Crystocalyx macrophyla) sebagai ciri khas Kepulauan Karimun Jawa yang tumbuh di hutan hujan dataran rendah. Ombak dipantai ini juga termasuk tenang karena dibatasi oleh pantai yang kebanyakan berpasir putih lembut.

Untuk menuju ke Kepulauan Karimun Jawa bisa menggunakan kapal dari Jepara atau Semarang, Dari Pelabuhan Tanjung Emas, Semarang, Kapal Kartini I (kapal cepat) berangkat setiap hari Sabtu pukul 9 pagi dan kembali dari Kepulauan Karimun Jawa pada hari Minggu siang.

Sedangkan dari Pelabuhan Pantai Kartini, Jepara, Kapal Muria akan berangkat ke Kepulauan Karimun Jawa setiap 2 hari sekali. Atau dengan jalur udara dari Bandara Ahmad Yani, Semarang menuju Bandar Dewa Daru di Pulau Kemujandengan pesawat sewa jenis CASA 212 yang disediakan oleh PT. Wisata Laut Nusa Permai. 

5. Kepulauan Mentawai, Sumatera Barat


 Kepulauan Mentawai, Sumatera Barat

Kepulauan Mentawai adalah bagian dari Propinsi Sumatera Barat. Letak Kepulauan Mentawai yang berada di tengah Samudra Hindia membuatnya dikelilingi alam laut yang mengaggumkan dan sempurna untuk wisata bahri.

Kepulauan Mentawai telah terkenal sebagai salah satu tujuan wisata berpetualang, wisata budaya dan wisata bahari terutama surfing yang diminati para peselancar lokal dan mancanegara.

 Kepulauan Mentawai, Sumatera Barat

Bagi Anda yang suka berselancar, Kepulauan Mentawai adalah tempat yang sempurna untuk menantang adrenalin. Dikawasan ini terdapat beberapa titik selancar dengan ombaknya yang besar dan tinggi serta bergelombang. Meskipun pantainya berkarang namun gulungan ombaknya sempurna dan sangat disukai oleh para peselancar kelas dunia.  

6. Kepulauan Wakatobi, Sulawesi Tenggara


Kepulauan Wakatobi, Sulawesi Tenggara

Taman Nasional Wakatobi yang berada di Kepulauan Wakatobi, Sulawesi Tenggara  merupakan salah satu taman nasional dari 50 taman nasional yang terdapat di Indonesia. Di taman ini terdapat keindahan Taman Laut dengan keindahan panorama bawah lautnya yang memiliki 25 jenis terumbu karang. Gugusan terumbu karang ini dapat dijumpai sekitar 112 jenis dari 13 famili yang terletak pada 25 titik disepanjang 600 km dari garis pantai. Karang-karang tersebut meliputi:
  • Acropora formosa
  • Hyacinthus
  • Psammocora profundasafla
  • Pavona cactus
  • Leptoseris yabei
  • Fungia molucensis
  • Lobophyllia robusta
  • Merulina ampliata
  • Platygyra versifora
  • Euphyllia glabrescens
  • Tubastraea frondes
  • Stylophora pistillata
  • Sarcophyton throchelliophorum
  • Sinularia spp.
Selain memiliki keindahan terumbu karang yang sangat menakjubkan, Taman Nasional Wakatobi ini juga memiliki ragam spesies ikan seperti: 
  • Argus bintik (Cephalopholus argus)
  • Takhasang (Naso unicornis)
  • Pogo-pogo (Balistoides viridescens)
  • Ikan Napoleon (Cheilinus undulatus)
  • Ikan merah (Lutjanus biguttatus)
  • Baronang (Siganus guttatus)
  • Amphiprion melanopus
  • Chaetodon specullum
  • Chelmon rostratus
  • Heniochus acuminatus
  • Lutjanus monostigma
  • Caesio caerularea
Di Taman Nasional Wakatobi juga terdapat beberapa jenis burung laut seperti:
  • Angsa-batu coklat (Sula leucogaster plotus)
  • Cerek melayu (Charadrius peronii)
  • Raja udang Erasia (Alcedo atthis)
Terdapat juga tiga jenis penyu yang sering mendarat di pulau-pulau yang ada di taman nasional yaitu penyu sisik (Eretmochelys imbricata), penyu tempayan (Caretta caretta), dan penyu lekang (Lepidochelys olivacea).


Bagi para wisatawan yang menyukai keindahan bawah laut dapat melakukan beberapa kegiatan di Taman Nasional Wakatobi seperti menyelam, snorkeling dan berenang untuk melihat gugusan terumbu karang yang indah dan berbagai macam hewan bawah laut dan juga menyaksikan berbagai kebudayaan masyarakat setempat.

7. Kepulauan Gili Trawangan, Lombok


Kepulauan Gili Trawangan, Lombok

Gili Trawangan adalah salah satu pulau yang paling terkenal di Lombok. Pulau kecil yang berada di sebelah Barat Laut Pulau Lombok ini tak hanya menyuguhkan pemandangan yang indah saja. Pantai dan pemandangan alamnya akan membuat Anda takjub. Anda bisa melakukan berbagai aktivitas yang Anda gemari selama sehari penuh. Selain itu, Anda juga bisa bergabung dalam pesta-pesta pantai di malam harinya.

Di Gili Trawangan Anda akan menemui fasilitas-fasilitas yang berstandar internasional. Karena Gili ini sangat terkenal di kalangan turis mancanegara, serta mayoritas turis yang berkunjung adalah turis dari luar negeri. Sehingga pelayanan yang  ada di Gili ini disesuaikan dengan kebutuhan turis-turis mancanegara tersebut. Sebagai contoh, Gili Trawangan adalah satu-satunya pulau yang memiliki sebuah Bar Irlandia. Gili Trawangan terbilang relatif kecil, dengan bentangan sekitar 3 Km dari Utara ke Selatan, dan sekitar 2 Km dari Barat ke Timur. Di Gili ini, jarang sekali ditemui kendaraan bermotor. Transportasi yang paling umum adalah “Cidomo” (semacam kereta kuda) dan sepeda. Cukup ramah lingkungan, bukan?

Di bagian sebelah Tenggara Gili Trawangan Anda bisa menemui pantai yang sangat indah, dengan bentangan pasir putihnya yang lembut. Sedangkan di sisi bagian yang lain, di sebelah Barat, Anda akan menemui pantai yang cukup sunyi dan tenang. Tempat yang tepat untuk Anda yang menyukai ketenangan, atau bagi Anda yang ingin mencari ketenangan. Tentu saja dengan pemandangan yang indah serta pasir putih. Hanya saja pasir di bagian Barat ini agak sedikit kasar dibandingkan pantai bagian Timur.

Berbagai macam aktivitas pantai bisa Anda lakukan. Jika Anda menyukai petualangan, Anda bisa menjelajah seluruh bagian Gili dengan bersepeda. Jangan khawatir, Anda bisa menjelajahnya hanya dalam beberapa jam saja. Malam hari juga merupakan saat yang menyenangkan ketika berada di Gili Trawangan. Tersedia beberapa kafe di Gili ini. Namun yang tidak boleh Anda lewatkan adalah pesta pantainya. Jika di Pantai Kuta Bali, bermacam-macam even diselenggarakan dalam satu malam, di Gili Trawangan ada jadwal tersendiri tiap malamnya. Sehingga tiap malam Anda bisa menikmati even yang berbeda-beda.


Untuk mencapai Gili Trawangan, cara yang paling umum adalah dengan menaiki perahu motor. Anda bisa menaikinya dari pelabuhan kecil di Bangsal, sekitar 42 Km dari Kota Mataram (atau sekitar 1 jam perjalanan). Jika dari Mataram Anda menggunakan kendaraan seperti motor atau mobil, Anda harus meninggalkannya di pelabuhan tersebut.

8. Kepulauan Seribu, Jakarta


Kepulauan Seribu, Jakarta

Keelokan pelesir bahari Pulau Seribu mampu menyedot wisatawan untuk berbondong-bondong berlibur kesana. Anda pasti punya pulau favorit yang dianggap keren. Berikut ini adalah pulau-pulau yang jadi favorit mereka, apa saja?

Ada puluhan pantai kecil yang menambah birunya laut Kepulauan Seribu. Berlibur ke sana, tak cukup mengunjungi 1 pulau saja.

Inilah jajaran 6 pulau favorit traveler saat mengunjungi Kepulauan Seribu:

Pulau Tidung



Pulau Tidung

Ya! Pulau Tidung menduduki peringkat pertama yang menjadi favorit. Kini, pulau dengan ikon jembatan cinta ini semakin naik pamor di mata para traveler.

Ada 2 pulau yang terdapat di kawasan Tidung, yakni Tidung besar dan Tidung kecil. Kedua pulau tersebut dihubungkan oleh jembatan kayu yang memiliki panjang 800 m. Banyak traveler yang berlalu lalang di atas jembatan itu.

Tidung besar selalu dipenuhi wisatawan untuk mengahabiskan waktu liburan. Sedangkan Tidung Kecil merupakan tempat budidaya mangrove oleh penduduk setempat.

Ada banyak cara untuk menghabiskan waktu di Pulau Tidung. Tak berbeda jauh dengan pantai lain, di sana Anda bisa snorkeling di pelesir pantai. Jika ingin lebih dalam menyelami birunya laut Pulau Tidung, Anda harus mencoba diving. Para wisatawan akan menemui karang-karang cantik. Selain bermain air, traveler dapat bersantai mengelilingi pulau dengan sepeda.

Kalau traveler berani menguji adrenalin, ada cara tersendiri jika datang ke pulau ini. Anda tak boleh melewatkan serunya loncat dari jembatan cinta setinggi 5-6 m ke perairan pantai. Sudah banyak traveler yang membuktikan loncat dari jembatan itu tanpa pengaman apapun.

Pulau Semak Daun 



Pulau Semak Daun

Menyusul posisi kedua, destinasi Pulau Semak Daun menjadi favorit responden sebanyak 15 persen. Pulau ini mulai didengar traveler karena memiliki banyak rahasia. Apa saja itu?

Jika Anda berlibur ke sana jangan khawatir. Hanya tersedia hamparan pasir dan pepohonan yang luas serta birunya laut yang menempel. Pulau ini benar-benar tak berpenghuni manusia. Tidak ada rumah-rumah penduduk satupun yang meramaikan keberadaan pulau ini.

Traveler yang datang ke sana wajib membawa tenda dari rumah dan mendirikannya untuk tempat singgah. Di pulau ini, Anda harus kemping untuk bermalam.

Di sana kita bisa bermain di tengah hamparan pasir yang sangat bersih tanpa sampah sedikit pun. Tapi, saat Anda ke sana jangan mengotori dan merusak kelestarian alam yang Tuhan berikan. Traveler juga harus beramai-ramai datang ke pulau ini bersama teman atau keluarga agar tidak kesepian selama di sana.

Pulau Bira 


Pulau Bira

Sebanyak 14 persen responden memilih Pulau Bira. Tak ada perbedaan jauh dengan pulau yang lain. Pulau Bira juga memiliki pasir putih yang lembut jika kita menjejakkan kaki di atasnya. Pulau ini terletak di dalam kawasan Pulau Harapan.

Tak ada salahnya, menikmati pulau ini sambil bersenandung di tepian pantai yang biru. selain itu, di sana tersedia wahana watersport yang siap menantang jantung Anda berdegup kencang.

Anda bisa berenang di tengah perairan dangkal Laut Bira bersama ekosistem laut yang berwarna-warni. Pulau ini merupakan deretan beberapa pantai yang diserbu para traveler.

Jika ingin bereksplorasi di pulau ini, Anda cukup menyiapkan waktu yang pas. Tinggal berangkat dari Pelabuhan Muara Angke memakan waktu sekitar 3-4 jam menuju Pulau Kelapa. Kemudian, perjalanan dilanjutkan dengan boat kecil menuju pulau cantik ini.

Pulau Pari


Pulau Pari

Coba datanglah ke Pulau Pari yang masih perawan ini. Di sana terdapat hutan bakau yang dapat kita jelajahi. Pulau ini mulai disukai banyak traveler yang menggilai destinasi pantai.

Pulau Pari dijadikan sebagai kawasan Pusat Penelitian Kelautan LIPI. Banyak cara yang sama ketika menginjakkan kaki di pantai. Anda harus menikmati momen berlibur ke Pulau Pari seperti bersepeda mengelilingi pantai, duduk di tepian pantai mendengar deburan ombak sampai menunggu seksinya matahari terbenam.

Pulau Harapan 



Pulau Harapan

Anda juga harus menikmati pelesir utara Jawa satu ini. Pulau Harapan masuk salah satu daftar destinasi wisata favorit responden. Pulau Harapan di kelilingi pantai-pantai kecil yang ikut menghiasi.

Luas pulau ini besarnya hampir mendekati pulau besar yang ada di Kepulauan seribu. Keelokan birunya laut pulau ini cukup tersohor di kalangan wisatawan. Berlibur ke pulau ini, tak perlu menyiapkan isi kantong yang tebal. Pulau ini sangat cocok untuk melepas kebosanan rutinitas sehari-hari.

Pulau Bidadari




Pulau Bidadari

Pulau ini cocok bagi wisatawan yang datang bersama pasangan. Ada paket dengan harga beragam yang disediakan agen travel untuk Anda yang ingin mengabadikan foto Pre wedding. Ada persyaratan khusus jika Anda ingin meraih momen tersebut.

Pulau ini sangat cantik sesuai namanya. Pulau Bidadari ini lokasinya tak jauh dari Pelabuhan Ancol Marina. Sayangnya, Anda harus siap dengan isi kantong yag tebal jika ingin menikmati cantiknya Pulau Bidadari.

Selain 6 pulau ini masih banyak pulau-palau lain yang tak kalah cantik dan pernah dikunjungi wisatawan.  Namun, penggemarnya tidak sebanyak 6 pulau yang menjadi favorit ini.

9. Kepulauan Anambas


Kepulauan Anambas

Anambas adalah salah satu Pulau di Indonesia yang berlokasi di Laut China Selatan atau Laut Natuna. Secara administratif Kepulauan Anambas adalah bagian dari Kepulauan Riau yang merupakan hasil pemekaran Kabupaten Natuna. Anambas mempunyai 238 Pulau dan hanya 26 Pulau saja yang berpenghuni.


Wisata ke Anambas akan menjadi sesuatu yang mengasyikan untuk anda, terlebih lagi banyak tempat wisata di Anambas yang indah untuk anda jelajahi. Banyak Pantai dengan pasir putih, terumbu karang yang memukau, pemandangan alam yang indah, serta air laut yang sangat jernih hingga anda bisa melihat ikan-ikan dengan jelas dari atas permukaan air.

Pulau Durai


Pulau Durai
Pulau Durai terletak di Kecamatan Palmatak, Kabupaten Anambas, Kepulauan Riau. Pulau Durai adalah tempat yang harus anda kunjungi ketika berwisata ke Anambas, hamparan pasir laut putih dengan air yang jernih akan menyambut kedatangan anda. Selain menjadi tempat wisata, Pulau Durai juga merupakan konservasi penyu sisik dan penyu belimbing. Anda bisa melihat penyu naik ke daratan dan bertelur disini.  

Pulau Ayam



Pulau Ayam

Pulau Ayam di Anambas juga merupakan salah satu bagian dari Pulau yang indah di Anambas. Tidak ada sumber yang jelas kenapa dinamakan Pulau Ayam, konon katanya dinamai Pulau Ayam karena dari jauh sekilas bentuk Pulau ini seperti ayam. Anda bisa menuju ke Pulau Ayam ini dari Letung atau Tarempa dengan menyewa speed boat tarifnya berkisar Rp. 500.000 - Rp. 700.000. 

Pulau Bawah


Pulau Bawah
Pulau Bawah adalah Pulau di Anambas yang mendapatkan predikat sebagai Pulau tropis terindah dari CNN, yang mengalahkan 4 pulau tropis lainya, yaitu Koh Cang (Thailand), Langkawi (Malaysia), Teluk Halong (Vietnam), dan Similand Islands (Thailand). Pulau Bawah terletak di Kecamatan Siantan Selatan.  

Pulau Penjalin



Pulau Penjalin

Pulau Penjalin berada di kecamatan Palmatak, Anambas, Kepulauan Riau. Pula ini memiliki pasir putih dan air laut yang jernih, sekelilingnya dihiasi dengan batuan yang terbentuk secara alami membuatnya terlihat sangat indah. Disini anda bisa berenang, snorkeling serta menjelajah bukit kecil dengan jalur yang menantang dan disekitarnya terdapat pohon mangga dan jeruk. Pulau ini dapat dicapai dengan waktu 90 menit dari Kota Tarempa. 

Pantai Padang Melang


Pantai Padang Melang
Pantai Padang Melang berada di Kecamatan Jemaja, Kelurahan Letung. Pantai ini berbentuk melengkung sepanjang 8 km menembus Desa Bukit Padi. Disini tersedia gazebo untuk anda beristirahat, kedai makanan dan minuman, kamar ganti, toilet dan surau kecil. Untuk menuju Pantai Padang Melang dari Kota Letung hanya 30 menit saja menggunakan kendaraan bermotor mengikuti jalur Letung-Kuala Maras, sedangkan dari Kota Tarempa anda harus melalui jalur laut dengan waktu 2 jam.

air terjun Temburun
Selain Pantai, anda bisa mengunjungi air terjun Temburun yang lokasinya berada di Desa Temburun, Siantan Timur. Untuk mencapai air terjun ini anda bisa menggunakan sepeda motor dengan jalan yang licin dan berlubang, melintasi beberapa kawasan seperti Kampung Baru, Bukit Tengkorak, Kampung Tengah hingga ke Desa Rintis sebelum akhirnya sampai di lokasi air terjun.  

Anda juga bisa menggunakan pompong atau boat dari Pelabuhan Pemda Tarempa kemudian ke Dermaga Desa Temburun dan dilanjutkan dengan berjalan kaki. Selain itu ada juga air terjun neraja atau yang biasa disebut air terjun ulu maras lokasinya berada ditengah pegunungan Desa Ulu Maras dan terakhir ada air terjun air bini yang berada di Desa Air Bini.


Nah itulah 9 Kepulauan Terindah Di Indonesia yang dapat Anda rekomenadikan sebagai tempat tujuan wisata Anda dimasa yang akan datang.
 
Jihan Nur Shadrina

Jihan Nur Shadrina

Blog ini di buat, copas dari beberapa sumber website muslim. Sekaligus saya belajar dan membaca dari hasil copas artikel, agar saya bisa mendapatkan ilmu yang bermanfaat untuk diri saya, keluarga dan lingkungan di sekitar, Semoga saya di jadikan WANITA MUSLIMAH yang bermanfaat. Aamiin.

Post A Comment:

0 comments: