Pantai Siung di Jogja atau Yogyakarta Menjadi Incaran Wisatawan - Perjalanan panjang nan jauh dari kota Yogyakarta dan jalanan menanjak dan menurun harus dilewati untuk mencapai Pantai Siung. Namun ketika anda telah sampai di sana, pasti anda tidak akan menyesal karena telah melewati jalanan seperti itu. Sebab, pemandangan batu karang yang besar , birunya laut serta putihnya pasir seakan mampu menghilangkan rasa penat anda. Batu karang itu berbentuk seperti Siung Wanara atau Gigi Kera :D . Dari batu itulah nama pantai siung diambil.

http://gallery-wisata.blogspot.com/2015/05/pantai-siung-di-jogja-atau-yogyakarta-menjadi-incaran-wisatawan.html
Sumber : sip-alamnusantara.blogspot.com


Pantai Siung terletak di sebelah selatan Kecamatan Tepus, daerah terpencil di Kabupaten Gunung Kidul. Jarak Pantai Siung dari kota Yogyakarta sekitar 70 km atau sekitar 2 jam perjalanan. Para wisatawan biasanya menggunakan motor atau mobil untuk menjangkau pantai ini, karena di daerah ini lumayan sulit untuk menemukan angkutan umum. Kalau pun ada, para wisatawan harus rela menunggu berjam-jam lamanya. "Bosenkan kalau harus menunggu?".....hehehe

Kembali lagi kepembahasan batu karang yang besar ya... :D .Selain sebagai dasar pemberian nama pantai, batu karang yang agak condong ke arah laut tersebut juga menjadi saksi atas kejayaan wilayah pantai pada zaman dahulu. Dengan pesona keunikannya pantai siung makin dikenal di wilayah Asia.

Pada zaman dahulu, Pantai Siung merupakan pusat perdagangan di wilayah Kabupaten Gunung Kidul. Karena berada di wilayah Winangun, pasar tersebut dinamai dengan Pasar Winangun oleh masyarakat sekitar. Namun, karena perkembangan zaman dan pengaruh politik pemerintah, pasar winangun dipindahkan ke Yogyakarta. Hal ini membuat Pantai Siung menjadi sepi pengunjung dan masyarakat sekitar pantai kehilangan mata pencarian mereka.

http://gallery-wisata.blogspot.com/2015/05/pantai-siung-di-jogja-atau-yogyakarta-menjadi-incaran-wisatawan.html
Sumber : ardinanr.blogspot.com

Tempat Wisata di Jogja - Nah... pada masa-masa sepi itu, keindahan batu karang yang ada di pantai siung kembali berperan. Batu karang itu dijadikan sebagai arena panjat tebing oleh sekelompok wisatawan dari Jepang pada tahun 1989. Kemudian pada tahun 1990-an diadakan Kompetisi Asian Climbing Gathering dengan Batu Karang sebagai arenanya. Sejak saat itulah popularitas Pantai Siung kembali lagi dan ramai dikunjungi wisatawan.

Hingga saat ini jalur yang ada di pantai siung sebanyak 250 jalur. Fasilitas lain yang terdapat di pantai siung adalah dataran yang bisa untuk mendirikan tenda-tenda bagi anda yang ingin melewatkan malam di pantai ini bersama teman dan keluarga. Pihak pengelola hanya memberi satu persyaratan, yaitu untuk tidak merusak lingkungan dan tidak merusak habitat yang ada disekitar pantai. sekian sekilas tentang Pantai Siung... Selamat Berlibur ...!!!

                  Pantai Trikora Bintan  
                  Pantai Nongsa Batam 
                  Air Terjun di Binjai 
Axact

Axact

Vestibulum bibendum felis sit amet dolor auctor molestie. In dignissim eget nibh id dapibus. Fusce et suscipit orci. Aliquam sit amet urna lorem. Duis eu imperdiet nunc, non imperdiet libero.

Post A Comment:

0 comments: