Objek dan Tempat Wisata di Sumatra Barat - Jembatan beton yang kokoh dan megah sudah biasa kita lihat di daerah-daerah dan bahkan menjadi tempat wisata yang banyak dikunjungi. Namun jembatan hidup yang terbentuk dari akar pohon ini baru pertama kali saya lihat yaitu di Sumatra Barat. Jembatan hidup ini memiliki nilai sejarah yang unik dan menarik sehingga dijadikan sebagai tempat wisata alam dan wisata bahari.

Bagi traveler pecinta alam tentunya tidak akan melewatkan lokasi wisata yang hanya ada di Sumatra Barat. Sahabat traveler tidak akan menemukan tempat menarik seperti ini di daerah manapun karena jembatan akar ini merupakan satu-satunya jembatan akar terpanjang yang ada di dunia.Warga sekitar menyebutnya sebagai jembatan akar bayang. Karena memang jembatan ini terbentuk dari dua akar pohon beringin yang ditanam di kedua sisi sungai dan akarnya saling terhubung.

http://gallery-wisata.blogspot.com/2015/05/objek-dan-tempat-wisata-jembatan-akar-bayang-di-sumatra-barat.html
Sumber : Myquran.co.id

Sebagai anak sumatra, kita patut melestarikan dan mengekpos aset yang kita miliki ini. Hal ini dikarenakan di area jembatan akar  bayang juga memiliki pantai yang sangat indah serta jembatan akar bayang pun memiliki cerita sejarah yang menarik untuk digali.

Selain sebagai tempat wisata, jembatan ini juga dianggap sebagai tempat keramat oleh sebagian masyarakat sekitar. Bahkan ketika menjelang puasa ramadhan ada beberapa masyarakat yang meletakkan sesajen di jembatan ini.

Sejarah Jembatan Akar Bayang

Jembatan Akar Bayang ini diperkirakan telah berumur sekitar 100 tahun. Jembatan akar bayang dibangun dengan menghubungkan akar dari dua jenis pohon  yang masing-masing ditanam di kedua belah sisi sungai.

Tempat Wisata di Sumatra barat - Menurut penjelasan dari masyarakat sekitar, jembatan ini merupakan karya dari seorang ulama atau guru mengaji bernama ‘Pakih Sokan’. Pembangunan jembatan ini sebagai upaya untuk  menghubungkan dua perkampungan yang dipisahkan oleh sungai. Penanaman pohonnya dimulai  pada tahun 1890 dan  baru dapat digunakan  oleh mayarakat setempat pada tahun 1916. Dengan kata lain, proses pembangunan jembatan akar bayang memakan waktu kurang lebih 26 tahun.

Jembatan akar bayang ini jelas berbeda dengan jembatan yang pada umumnya yang dibangun dengan menggunakan campuran semen, pasir dan batu. Karena semakin tua umur dari jembatan akar ini, maka akan semakin kokoh pula jembatan tersebut. Berbeda dengan jembatan yang ada pada umumnya, semakin tua umurnya maka semakin rapuh.

Lokasi dan Akses Tempat Wisata Jembatan Akar Bayang

Objek dan Tempat Wisata Jembatan Akar Bayang terletak di Kecamatan Bayang Sumatra Barat, kurang lebih 88 km disebelah selatan kota padang.

Perjalanan untuk menuju objek dan tempat wisata Jembatan Akar Bayangbisa ditempuh dengan menggunakan angkutan umum, travel, kendaraan sewa atau kendaraan  pribadi. Namun Jika anda menggunakan angkutan umum, perjalanan dimulai dari kota Padang menuju Painan. Kemudian perjalanan dilanjutkan ke Kecamatan Bayang. Jika anda menggunakan kendaraan sewa atau kendaraan pribadi anda bisa langsung menuju  lokasi objek wisata.

Akomodasi dan Fasilitas disekitar tempat wisata

Karena objek dan tempat wisata jembatan akar bayang tidak begitu jauh kota Painan, maka bagi anda yang datang dari luar kota dapat menginap di hotel dan resort yang ada di kota tersebut. Disini juga terdapat banyak restoran dan cafe-cafe yang  menyajikan aneka kuliner khas sumatra barat.





Jihan Nur Shadrina

Jihan Nur Shadrina

Blog ini di buat, copas dari beberapa sumber website muslim. Sekaligus saya belajar dan membaca dari hasil copas artikel, agar saya bisa mendapatkan ilmu yang bermanfaat untuk diri saya, keluarga dan lingkungan di sekitar, Semoga saya di jadikan WANITA MUSLIMAH yang bermanfaat. Aamiin.

Post A Comment:

0 comments: