Danau Tiga Warna Kelimutu | Wisata Nusa Tenggara Timur, Papua
Foto : Danau Tiga Warna Kelimutu

Wisata Danau Kelimutu di Pulau Flores, Nusa Tenggara Timur Pulau Flores memiliki beberapa objek dan tempat wisata yang menarik untuk dikunjungi. Terdapat banyak sekali keindahaan panorama alam yang disuguhkan oleh pulau ini. Salah satunya yakni Danau Kelimutu yang berada di Puncak Pegunungan Kelimutu. Danau Kelimutu lebih dikenal oleh wisatawan dengan sebutan Danau Tiga Warna, hal ini dikarenakan danau kelimutu memiliki tiga warna yang berbeda. Menariknya warna yang terdapat di danau kelimutu bisa berubah-ubah setiap waktu. Dengan keunikan yang dimiliki membuat Danau Kelimutu di Pulau Flores menjadi lebih dikenal dan banyak dikunjungi pada saat libur nasional.

Wisata Danau Tiga Warna - Danau yang terletak di Kecamatan Kelimutu Kabupaten Ende, Nusa Tenggara Timur ini memiliki beberapa gabungan kata, yakni dari kata “keli” yang artinya “Pegunungan” dan “Mutu” yang berarti “mendidih”. Jika digabungkan, danau kelimutu berarti “Danau Pegunungan yang Mendidih”.

Danau Kelimutu di Pulau Flores NTT ini dapat ditempuh melalui dua jalur. Jalur yang pertama yakni sepanjang 45 KM dari Ende, sedangkan jalur yang kedua lebih dekat yakni sekitar 13 KM dari kampong moni. Dengan menaiki anak tangga dan jalanan bebatuan serta membayar tiket masuk sebesar Rp 2.000/Org, anda sudah bisa sampai di tempat wisata paling populer di Nusa Tenggara Timur yakni Danau Kelimutu atau Danau Tiga Warna.

Danau Kelimutu Papua | Wisata Papua
Foto : Danau Kelimutu Papua

Wisata Danau di Pulau Flores - Selain menyuguhkan panorama keindahaan alam, danau kelimutu juga menyimpan cerita misteri yang hingga saat ini masih dipercaya oleh masyarakat setempat. Menurut cerita yang beredar di masyarakat, setiap warna yang terdapat di air danau kelimutu ini memiliki arti yang berbeda-beda serta memiliki kekuatan mistik yang sangat luar biasa. Arti dari setiap warna tersebut antara lain :

Wisata Danau di Nusa Tenggara Timur - Warna Biru atau Tiwu Nuwa Muri Koo Faidiyakini masyarakat setempat sebagai tempat berkumpulnya orang-orang yang meninggal di usia muda. Warna Merah atau Tiwu Ata Polo diyakini masyarakat setempat sebagai tempat berkumpulnya orang-orang yang semasa hidupnya banyak melakukan kejahatan. Sedangkan Warna Putih atau Tiwu Aba Mbupu diyakini masyarakat setempat sebagai tempat berkumpulnya para arwah nenek moyang mereka yang telah meninggal di usia yang cukup tua.


Selain itu, penduduk setempat juga mempercayai bahwa danau kelimutu merupakan sebuah danau keramat yang bisa memberikan kesuburan tanah di daerah kawasan objek dan tempat wisata danau tiga warna flores. Jadi jangan heran apabila pada waktu anda berkunjung ke danau kalimutu anda melihat ada masyarakat yang tengah mengadakan upacara persembahan dengan memberikan atau meletakkan hasil panen mereka di Danau Kelimutu atau Danau Tiga Warna di Flores, Nusa Tenggara Timur.

Fasilitas yang terdapat di area wisata danau kelimutu atau danau tiga warna cukup memadai. Losmen, resto, tempat bersantai serta fasilitas-fasilitas umum bisa dengan mudah anda temui di sini.



Demikian sekilas tentang Tempat Wisata di Pulau Flores Nusa Tenggara Timur. Semoga bermanfaat yak!
Axact

Axact

Vestibulum bibendum felis sit amet dolor auctor molestie. In dignissim eget nibh id dapibus. Fusce et suscipit orci. Aliquam sit amet urna lorem. Duis eu imperdiet nunc, non imperdiet libero.

Post A Comment:

0 comments: