Menikmati 8 Tempat Wisata Paling Populer Di Kepulauan Riau  


Menikmati 8 Tempat Wisata Paling Populer Di Kepulauan Riau

AdeevaTravel - Provinsi Kepulauan Riau merupakan Gerbang Wisata dari mancanegara kedua setelah Pulau Bali. Objek Wisata Pantai di Provinsi Kepulauan Riau banyak terdapat di kabupaten-kabupaten seperti Pulau Penyengat, Pantai Trikora dan Pantai Lagoi di Pulau Bintan atau Pantai Penat. 



Selain wisata pantai dan bahari, Kepulauan Riau juga memiliki Cagar Budaya, Makam-makam bersejarah, tari-tarian tradisional serta event-event khas daerah.

Kawasan wisata di Kepulauan Riau juga mendapat banyak penghargaan. Treasure Bay di Lagoi, Bintan merupakan kolam renang air asin terbesar di Asia Tenggara, Patung Dewi Kwan Im di KTM Resort yang tertinggi se-Asia Tenggara, Vihara Avalokitesvara Graha yang terbesar se-Asia Tenggara, Patung Dewi Kwan Im di dalam Vihara Avalokitesvara Graha merupakan patung Dewi Kwan Im terbesar yang terdapat dalam sebuah ruangan se-Indonesia, Pulau Bawah di Anambas yang termasuk pulau tropis terbaik Asia versi CNN, Pantai Sisi di Natuna yang termasuk pantai alami terbaik di dunia versi majalah Island, dan Funtasy Island yang merupakan kawasan agrowisata terbesar di dunia.

Berikut 8 Tempat Paling Populer Di Kepulauan Riau yang dapat Anda nikmati saat berkunjung ke Kepulauan Riau.


1. Pulau Penyengat


Pulau Penyengat

Pulau Penyengat adalah sebuah pulau kecil berukuran panjang 2.000 meter  dan lebar 850 meter berjarak 2 km dari kota Pangkalpinang, Provinsi Kepulauan Riau. Di pulau ini banyak tersimpan peninggalan bersejarah seperti Masjid Raya Sultan Riau yang terbuat dari putih telur, Makam-makam para Raja, Makam Pahlawan Nasional Raja Ali Haji, Komplek istana, kantor dan benteng pertahanan di Bukit Kursi.

Di Pulau Penyengat, Anda juga bisa menyaksikan 2 buah Alqur'an tulisan tangan yang tersimpan di dalam Masjid Sultan Riau Pulau Penyengat. Selain itu Anda juga dapat melihat replika Rumah Adat Melayu yang pernah ada di Pulau Penyengat ini serta dibagian bawah Rumah Adat ini terdapat sumur air tawar yang konon sudah berusia berabad-abad dan sampai sekarang airnya masih mengalir dan dapat langsung Anda minum.


2. Pantai Penat


Pantai Penat

Sesuai dengan namanya, pantai ini sangat cocok buat Anda yang ingin melepaskan penat akibat runinitas kehidupan sehari-hari. Pantai Penat menawarkan keindahan dan kealamian pantai yang akan memberikan kenyamanan dan ketentraman hati buat Anda. 

Di Pantai Penat, Anda akan disuguhi pemandangan laut biru yang begitu luas yang sangat indah dan memanjakan mata para wisatawan, dengan pasirnya yang putih dan membentang di tepian pantai, dan di lengkapi dengan pemandangan alam hijau yang lainnya. Di Pantai Penat Anda juga dapat melakukan kegiatan kegiatan lain yang menyenangkan, seperti memancing, berselancar, maupun hanya bersantai dan berjemur saja. Di sore hari, pengunjung Pantai Penat ini semakin ramai, karena memang banyak pengunjung yang sangat tertatik dengan keindahan pesona sunset di Pantai Penat.


3. Pulau Bintan


Pulau Bintan

Pulau Bintan menawarkan berbagai macam objek wisata yang dapat Anda kunjungi jika berkunjung ke pulau indah ini. Bintan Resort merupakan tujuan utama oleh para wisatawan ini adalah sebuah tempat yang memiliki pantai yang indah seluas 23.000 Ha. Berpasir putih dan menghadap ke Laut Cina Selatan, pantai ini menawarkan sejuta atraksi bagi para wisatawan, seperti berenang, memancing, snorkeling, surfing, diving, banana boat, flying fish, kayaking, berpetualang dan menikmati ekowisata yang dapat Anda lakukan di sini.
 
Tak berhenti di Bintan Resort, masih ada segudang koleksi alam yang disimpan oleh Pulau Bintan. Kemudian, kembali merasakan aroma peradaban masa lalu juga akan Anda rasakan kala memasuki lokasi wisata sejarahnya. Diantaranya adalah:  Pantai Sakera, Pantai Trikora, Pantai Lagoi, Gunung Bintan, Pulau Penyengat,Danau Biru, Vihara Ksitigarbha Bodhisattva, Mayang Sari Resort Lagoi Resort, Nirwana Resort Lagoi Resort, Mana-mana Beach Lagoi Resort, Banyan Tree Resort Lagoi Resort, Ria Bintan Golf Lagoi Resort, Bintan Agro Resort,Bintan Lagoon Resort Lagoi Resort,Bintan Agro Beach Resort Bintan Agro Resort dan masih banyak lagi yang lainnya yang tentunya akan memanjakan liburan Anda di Pulau Bintan ini.


4. Gunung Ranai


Gunung Ranai

Gunung Ranai adalah sebuah gunung dataran rendah setinggi  berkisar 300 - 1.035 mdpl yang terletak di Kabupaten Natuna, Provinsi Kepulauan Riau. Di gunung ini Anda dapat mendaki dengan fenomena yang cukup menarik yaitu gradasi jenis-jenis tanaman dari hutan dataran rendah hingga hutan dataran atas. 

Pada ketinggian tertentu Anda akan menemukan tipe-tipe vegetasi yang memperlihatkan ciri khas pegunungan dataran atas. Gunung Ranai juga memiliki tiga puncak yaitu Puncak Serendit dengan ketinggian 968 mdpl, Puncak Erik Samali yang berada pada ketinggian 999 mdpl serta Puncak Datuk Panglima Husin yang terletak pada ketinggian 1.035 mdpl  


5. Sungai Sebong


Sungai Sebong

Pulau Bintan tidak hanya terkenal dengan wisata pantainya saja. Tetapi juga terkenal dengan Wisata Alam dengan keindahan dan keaslian lingkungan alamnya. Dengan pernah meraih Penghargaan bergengsi PATA Gold Award 2003, sebagai Hutan Bakau dengan kekayaan Flora dan Fauna.

Salah satu kawasan di Pulau Bintan dengan kualitas Hutan Bakau yang masih bagus ada di sepanjang Sungai Sebong ini. Dengan potensi yang dimilikinya, Pemerintah Kabupaten Bintan menetapkan kawasan ini sebai bagian dari objek-objek wisata andalan di Kabupaten Bintan. Daya tarik kawasan wisata ini kian bertambah setelah beberapa tahun belakangan masyarakat setempat memanfaatkannya sebagai lokasi untuk wisata memancing. Wisatawan akan disuguhi bagaimana nelayan setempat memeragakan kebolehannya dalam menangkap ikan. Untuk menarik perhatian para wisatawan, nelayan setempat sengaja tidak menggunakan perlengkapan modern, melainkan memilih menggunakan alat-alat penangkap ikan tradisonal.

Kegiatan wisata ini sangat sederhana. Nelayan setempat hanya membawa wisatawan mengarungi Sungai Sebong dengan menggunakan sampan (perahu tradisional) sembari dia memeragakan keahliannya dalam menangkap ikan. Di Sungai yang tenang dan dikelilingi oleh hutan bakau ini, wisatawan juga dapat menyaksikan aneka satwa menari-nari lincah di pohon-pohon bakau menunjukkan ketangkasannya seakan-akan tak mau kalah dengan kecekatan para nelayan dalam menangkap ikan.  


6. Pantai Trikora


Pantai Trikora

Pantai Trikora adalah salah satu pantai wisata yang terletak di Pulau Bintan. Pantai dengan pasir putih serta ombak yang landai dengan batuan-batuan indah di bibir pantai. Di pantai ini Anda akan dimanjakan dengan resort-resort mewah, kawasan konservasi padang lamun, rumah makan seafood hingga hutan mangrove.


Pantai Trikora menjadi objek wisata dengan air nya yang jernih dan dangkal juga tersedianya beberapa fasilitas penunjang. Pantai Trikora dibagi menjadi kawasan resor dan kawasan umum. Untuk memasuki kawasan resor, anda harus check-in terlebih dahulu di resor-resor mewah yang terdapat di Trikora. Sedangkan untuk kawasan umum, anda hanya harus menyewa pondok-pondok kayu yang cukup untuk satu keluarga. Di kawasan umum, anda tidak harus membayar parkir. Penyewaan pelampung, alat pancing, dan alat snorkeling juga tersedia di pantai ini. Beberapa hotel di sana juga menyediakan paket tur menelusuri pulau tak berpenghuni, menyelam, dan permainan pantai seperti banana boat, kano, bermain layang-layang dan masih banyak lagi. Fasilitas lain seperti toilet dan tempat bilas badan juga tersedia.

Di garis pantai yang memiliki panjang kurang lebih 25 kilometer ini tumbuh pepohonan yang bisa menjadi tempat untuk berteduh menikmati ombak. Seperti pohon kelapa, pohon bakau, pohon cemara, serta pohon lain yang dapat melindungi diri dari sengatan sinar matahari. Apalagi batu-batunya yang besar semakin menambah keindahan pantai ini. Wisata kuliner di sekitar pantai ini berupa otak otak, makanan seafood, hingga tapai.
 

7. Gunung Bintan


Gunung Bintan

Berwisata ke Pulau Bintan, Provinsi Kepulauan Riau belumlah lengkap jika tidak mengunjungi Gunung Bintan. Gunung yang sebenarnya mirip dengan sebuah bukit karena hanya mempunyai ketinggian sekitar 400 mdpl. Gunung satu-satunya yang ada di Pulau Bintan ini merupakan salah satu daya tarik bagi wisatawan yang datang ke Pulau Bintan dan juga sebagai daerah resapan air (catchment area).

Di gunung ini Anda akan banyak mendapatkan hal-hal menarik selama mendaki gunung ini. Gunung yang puncaknya dapat di daki dalam waktu 2 jam ini menyimpan keindahan panorama alam yang memesona. Dari puncak  Gunung Bintan Anda dapat menyaksilan keindahan panorama alam di sekeliling Pulau Bintan.

Sebagai kawasan hutan hujan tropis, Di gunung ini Anda juga dapat menikmati kekayaan flora dan fauna yang khas seperti tumbuhan tropis dan pohon-pohon raksasa yang berfungsi sebagai penyangga kawasan hutan dari ancaman erosi, Di hutan resapan ini juga merupakan habitat dari hewan Monyet, Tupai, Ular, Pelanduk dan berbagai macam jenis burung.


8. Air Terjun Temurun



Air Terjun Temurun


Air Terjun Temurun merupakan salah satu tempat objek wisata favorit dan unik  di Desa Batu Belah, Kabupaten Anambas, Provinsi Kepulauan Riau. Air terjun ini memiliki 7 tingkatan yang bermuara di Selat Peniting. Air Temurun ini berasal dari Sungai Baruk yang berada pada ketinggian 250 mdpl. Dari kejauhan Air terjun setinggi 100 meter seolah-olah membelah hutan di perbukitan Pulau Siantan.

Dengan kondisi air terjun yang masih sangat asri dan alami serta pemandangan alamnya yang begitu indah menjadikan Air Terjun Temurun sangat sayang untuk dilewatkan jika Anda berkunjung ke Kepulauan Riau. 

Axact

KAOS DAKWAH

KAOS DAKWAH adalah blog membahas tentang cara pembuatan Kaos Dakwah sampai bagaimana cara menjual Kaos Dakwah Online maupun offline, Silakan cari artikel di blog ini..Terima Kasih telah berkunjung di blog sederhana ini.

Post A Comment:

0 comments: