Menjelajahi Pariwisata Flores Yang Eksotis  


Labuan Bajo, Flores

AdeevaTravel - Indonesia yang dikenal sebagai negara kepulauan banyak memiliki destinasi wisata yang sangat eksotis yang sangat cocok untuk dijadikan tujuan wisata dunia. Tak hanya Pulau Bali, Pulau Lombok atau Kepulauan Raja Ampat, Pulau Flores pun telah diakui dan menjadi tujuan wisata di dunia. Hal ini telah dibuktikan Pulau Flores masuk sebagai 10 Jajaran Terbaik Dunia sebagai tempat tujuan wisata versi Lonely Planet sebuah situs pariwisata paling populer di dunia.


Pulau Flores yang terletak di Provinsi Nusa Tenggara Timur bersama dengan Pulau Bali dan Pulau Lombok banyak menyimpan tempat wisata paling eksotis di Indonesia. Dengan luas wilayah 14.300 km persegi dan terbagi menjadi delapan kabupaten serta dengan sumber daya alam yang sangat beragam menjadikan Flores sebagai salah satu destinasi wisata paling di unggulkan di Indonesia bagian timur dan juga dikenal sebagai surganya para penyelam.

Ada banyak tempat-tempat wisata di Flores yang dapat Anda jelajahi. Destinasi di Flores sangatlah lengkap. Di Pulau ini Anda dapat menjelajahi wisata alam, wisata bahari, wisata budaya, wisata sejarah hingga wisata kuliner.

Taman Nasional Komodo

Flores memiliki satu dari sekian satwa langka dan dilindungi di dunia yakni Varanus Komodoensis atau yang lebih dikenal dengan Hewan Komodo. Reptil ini hidup di Pulau Komodo dan Pulau Rinca yang termasuk pada kawasan Taman Nasional Komodo

Taman Nasional Kelimutu

Selain memiliki Taman Nasional Komodo, Flores juga memiliki Taman Nasional Kelimutu yang terletak di Kabupaten Ende, Di Taman Nasional ini Anda dapat menyaksikan Danau Tiga Warna yang berada di Puncak Gunung Kelimutu yang warna airnya selalu berubah-ubah. Selain Danau Tiga Warna, Taman Nasional Kelimutu tumbuh dan berkembang secara alami berbagai spesies tumbuhan yang akan dikembangakan menjadi Kebun Raya Kelimutu untuk dapat diamati keanekaragaman hayati dalam Kebun Raya Kelimutu ini.

Pink Beach


Flores juga banyak memiliki Wisata Pantai yang sangat indah dan menakjubkan. Pantai-pantai di Flores tidak kalah indahnya dengan pantai-pantai yang terdapat di Pulau Bali dan Pulau Lombok. Pantai dengan pasir putih dan pemandangan yang cantik juga ada di Pulau Flores ini. Sebut saja ada Pantai Pink, Pantai Penggajawa, Pantai Endau dan Pantai Adonara. Keempat pantai tersebut memang bisa disamakan keindahannya dengan pantai yang ada di Bali dan Lombok. Di pantai tersebut anda bisa melakukan kegiatan berenang atau menyelam, menyusuri pinggir pantai, bermain-main pasir putih pantai, bahkan anda bisa menikmati pemandangan matahari terbit maupun tenggelam di pantai tersebut.

Air Terjun Cunca Rami

Di Pulau Flores juga terdapat obyek wisata air terjun yang bernama Air Terjun Cunca Rami. Pesona air terjun ini sungguh menakjubkan. Air Terjun Cunca Rami berada di kawasan Hutan Mbeliling, sebuah hutan yang masih alami dan selalu terjaga keasriannya. Air terjun dengan ketinggian mencapai 30 meter ini tidak pernah kering sehingga menjadi sumber mata air utama penduduk sekitar. 

Sumber Air Panas Bumi Mataloko

Di Mataloko, Kabupaten Ngada, Pulau Flores, Anda dapat menikmati Sumber Air Panas Bumi Mataloko yang saat ini sedang dikembangkan menjadi sumber listrik. Sementara di Soa, sebelah timur Kota Bajawa, Anda dapat merasakan pemandian air panas alami yang saat ini banyak turis datang mengunjunginya.

Taman Laut 17 Pulau

Taman Laut 17 Pulau


Destinasi wisata di Pulau Flores tidak sampai di situ saja, Di Riung, utara Kabupaten Ngada, Anda dapat menjelajahi Taman Laut 17 Pulau yang pada salah satu pulaunya yang bernama Pulau Kelelawar menjadi tempat tinggal ribuan kelelawar.

Gua Liang Bua

Selain Anda dapat menjelajahi Wisata Alam yang sangat beragam di Pulau Flores, Anda juga dapat menjelajahi keberadaan Gua Liang Bua yang pada tahun 2003 lalu para paleoantropologis telah menemukan tengkorak dari spesies hominid. Temuan yang di namakan "Manusia Hobbit" (Homo Floresiensis) yang hingga saat ini masih diperdebatkan oleh para ilmuwan apakah termasuk Homo Erectus atau Homo Sapiens.      

Taman Laut Pulau Kanawa

Di Pulau Kanawa, Pulau yang sangat mempesona ini merupakan salah satu pulau yang harus Anda datangi ketika berkunjung ke Kepulauan Flores. Karena pulau ini sangat cocok bagi Anda yang hobi snoorkeling. Pemandangan bawah laut di pulau ini sangat bagus. Dengan berada di pinggiran pantainya saja Anda sudah dapat menikmati keindahannya. Dengan air yang jernih dan pantainya yang berpasir putih Anda sudah dapat melihat bintang laut tanpa harus berenang ke tengah.

Taman Laut Pulau Koaba

Selain Pulau Kanawa, Di Flores Anda juga dapat menjelajahi Pulau Koaba. Pulau dengan pemandangan yang sangat indah, laut yang jernih dengan terumbu karang yang sangat menakjubkan dan alami sangatlah nyaman jika Anda menjelajahi pulau ini bersama keluarga dan teman-teman.

Gua Rangko

Sementara di Labuan Bajo cukup lengkap, selain laut, Anda bisa mengunjungi Gua Rangko dan gua Batu Cermin. Anda akan ditemani oleh pemandu yang akan menjelaskan segala sesuatu tentang gua ini. Cukup menakjubkan ketika mengetahui bahwa dulu itu adalah gua di dalam laut. Anda harus memakai helm pelindung dan membawa senter karena ada bagian dimana Anda harus berjalan secara berjongkok dan suasana yang gelap. 

Desa Megalitikum Kampung Bena
 
Selain Menjelajahi Wisata Alam Flores yang sangat Eksotis, Di Pulau Flores Anda juga dapat Menjelajahi Wisata Budaya yang sangat menakjubkan. Di pulau ini Anda dapat menyaksikan keberadaan Desa Megalitikum di Kampung Bena. Hawanya yang sejuk dipadu dengan pemandangan pegunungan dipadu dengan kampung adat megalitikum yang mungkin tidak akan Anda temui dimanapun di dunia ini yang akan selalu meninggalkan kenangan yang tak terlupakan seumur hidup Anda.

Di Desa Megalitikum Kampung Bena, Anda dapat menyaksikan keberadaan strukutur bangunan adat kuno, Menhir, Sarkovagus, dengan penduduknya yang sangat ramah menyambut kedatangan Anda.

Kue Rambut

Selain dapat menjelajahi Wisata Alam dan Budaya Flores yang sangat menakjubkan, Di pulau ini Anda juga akan disuguhkan dengan beraneka ragam makanan tradisional. Seperti Kue Rambut. Dengan bentuknya yang unik, dan dari bahan yang sangat sederhana membuat Roti Rambut ini sangat digemari oleh masyarakat Lamaholot dan wisatawan yang datang berkunjung lantaran cita rasanya yang khas dan dapat dibawa pulang sebagai oleh-oleh khas Flores karena Kue Rambut ini tetap awet dalam jangka waktu yang lama.

Tapa Loko

Selain itu di Kabupaten Manggarai Timur, Anda dapat menikmati makanan khas warga lokal. Salah satunya adalah Tapa Loko atau Nasi Bambu yang bahannya dari beras merah yang dicampur dengan daging babi atau daging ayam yang dimasukan ke dalam bambu dan kemudian dibakar hingga matang. 

Kain Tenun Flores

Sebagai barang kenang-kenangan dari Flores, Anda dapat membeli Kain Tenun Flores yang dibuat secara tradisional namun sangat indah dan bernilai seni tinggi yang banyak terdapat di Kabupaten Manggarai, Nage Keo, Ngada, Lio hingga Lembata.Kain Tenun Flores ini biasanya digunakan oleh masyarakat sekitar sebagai selendan, sarung atau pelengkap busana lainnya. 

Peta Pulau Flores

Jelajahilah keanekaragaman wisata Pulau Flores ini, Berlibur dan berkunjung ke Flores akan dapat memberikan pengalaman yang benar-benar mengagumkan dan tak kan terlupakan seumur hidup Anda.    

 
Axact

Axact

Vestibulum bibendum felis sit amet dolor auctor molestie. In dignissim eget nibh id dapibus. Fusce et suscipit orci. Aliquam sit amet urna lorem. Duis eu imperdiet nunc, non imperdiet libero.

Post A Comment:

0 comments: