Menikmati 10 Keindahan Wisata Bandung Yang Menakjubkan  


AdeevaTravel - Banyak orang mengenal Kota Bandung sebagai Kota Kembang yang merupakan bagian dari wilayah Indonesia memiliki destinasi tempat wisata yang sangat indah dan menakjubkan untuk di kunjungi. Beberapa tempat wisata alam akan dengan mudah Anda temukan di wilayah ini. Sebut saja misalnya Tangkuban Perahu atau Permandian air panas Ciater atau menyelusuri keindahan arsitektur bangunan bersejarah Gedung Sate. Pengalaman Anda berlibur dengan nuansa alam akan semakin membuat Anda bergairah berada di Kota Bandung.

1. Tangkuban Perahu


Tangkuban Perahu

Tangkuban Perahu atau Gunung Tangkuban Perahu adalah salah satu gunung yang terletak di Provinsi Jawa Barat sekitar 20 km arah utara kota Bandung. Berada pada ketinggian 2.084 mdpl bentuk gunung ini adalah Stratovolcano dengan pusat erupsi yang berpindah dari timur ke barat.

Gunung yang diselimuti rimbunnya pohon pinus dan hamparan perkebunan teh yang ada disekitarnya dengan suhu rata-rata 17 derajad celsius pada siang hari dan 2 derajad celsiuns pada malam hari menjadikan tempat wsiata yang satu ini banyak dikunjungi wisatawan lokal dan mancanegara setiap harinya.

2. Pemandian Air Panas Ciater


Pemandian Air Panas Ciater

Pemandian Air Panas Ciater adalah tempat favorit bagi wisatawan lokal maupun mancanegara. Tempat wisata pemandian air panas ini merupakan tempat yang menarik yang dinikmati banyak orang. Karena selain tempatnya yang mudah di jangkau dan harga tiketnya yang murah serta sebagai tempat refleksi penyakit, Tempat Pemandian Air Panas Di Bandung ini banyak didatangi para pengunjung. 

Lokasi Wisata Ciater semakin mempesona dengan kondisi suhu udara yang sejuk dan juga pemandangan alam yang asri dari hamparan perkebunan teh yang sangat luas. Selain itu, air di tempat ini sangat bermanfaat bagi kesehatan. Dengan kadar air belerang yang ideal, Pemandian Air Panas Ciater bisa di manfaatkan untuk mengobati berbagai macam penyakit seperti reumatik, kelumpuhan, gangguan saraf, tulang serta penyakit kulit.

3. Perkebunan Teh Rancabali


Perkebunan Teh Rancabali

Perkebunan ini terletak di daerah Ciwidey, Bandung, dengan ketinggian 1.628 dpl. Suhu di kawasan ini sekitar 20° C, sehingga udara di sekitar kebun teh relatif sejuk dan menyegarkan, sangat cocok bagi para pelancong yang memang menyukai wisata alam pegunungan.

Lalu apa yang menarik dari kebun teh? Daya tarik utamanya tentu saja pemandangan kebun yang luas. Saat melihat hamparan perkebunan teh yang berwarna hijau, ada kenikmatan tersendiri bagi sebagian wisatawan. Pengunjung bisa memasuki area kebun dan berdiri di tengah-tengah tanaman teh yang rata-rata setinggi pinggang orang dewasa. Di sini kita bisa menikmati pemandangan, menghirup segarnya hawa pegunungan, dan tentu saja berfoto-foto dengan teman atau keluarga sebagai kenang-kenangan.

4. Taman Hutan Raya Juanda


Taman Hutan Raya Juanda

Taman Hutan Raya Ir. H. Djuanda merupakan kawasan konservasi yang terpadu antara alam sekunder dengan hutan tanaman yang terletak di Kota Bandung, Indonesia. Luasnya mencapai 590 hektare membentang dari kawasan Dago Pakar sampai Maribaya.

Letak Taman Hutan Raya Ir. H. Djuanda berada di Kampung Pakar, Desa Ciburial, Kecamatan Cimenyan, pada ketinggian antara 770 mdpl sampai 1330 mdpl. Di atas tanahnya yang subur terdapat sekitar 2500 jenis tanaman yang terdiri dari 40 familia dan 112 species. Pada tahun 1965 luas taman hutan raya baru sekitar 10 ha saja, namun saat ini sudah mencapai 590 ha membentang dari kawasan Pakar sampai Maribaya. Saat ini pengelolaannya dilakukan oleh Dinas Kehutanan Pemda Provinsi Jawa Barat (sebelumnya berada di bawah naungan Perum Perhutani).

Kawasan ini biasanya ramai pada akhir pekan. Banyak pengunjung yang datang berwisata hanya untuk sekedar menikmati suasana alam yang sejuk dan indah serta berolahraga lintas alam. Berjalan kaki melintasi Taman Hutan Juanda ini sangatlah menyenangkan karena selain keasrian lingkungannya juga memberikan kesegaran bagi kesehatan tubuh. 

5. Situ Patenggang


Situ Patenggang

Situ Patenggang atau Situ Patengan adalah sebuah danau yang terletak dikawasan objek wisata alam Ciwidey,  Bandung Selatan, Jawa Barat, Indonesia tidak jauh dari tempat wisata Kawah Putih. Danau ini memiliki pemandangan yang sangat eksotik dan asri karena disekitarnya terhampar perkebunan teh yang luas.

Danau seluas 45.000 hektar selalu menjadi pilihan selanjutnya bagi para wisatawan selepas berkunjung dari Kawah Putih.

6. Kawah Putih


Kawah Putih

Kawah Putih adalah sebuat tempat wisata di Jawa Barat yang terletak di Kawasan Ciwidey, Bandung. Kawah Putih ini merupakan sebuah kawah yang terbentuk dari letusan Gunung Patuha. Tanah yang bercampur dengan belerang di sekitar kawah ini hingga berwarna putih. Yang unik dari kawah ini adalah airnya dapat berubah-ubah warna. Kawah ini berada pada ketinggian 2080 mdpl . 

Letusan hebat oleh Gunung Patuha pada abad ke 10 membuat banyak orang beranggapan bahwa lokasi ini adalah kawasan angker karena setiap burung yang terbang melewati kawasan tersebut akan mati. Karena kepercayaan tersebut, tidak ada orang yang berani mendekati kawasan ini sampai akhirnya pada tahun 1837 ada seorang ahli bernama Dr. Franz Wilhelm Junghuhn yang memutuskan untuk pergi ke puncak Gunung Patuha demi ilmu pengetahuan.

Dr. Franz Wilhelm Junghuhn berhasil mencapai puncak Gunung Patuha dan dari sana ia melihat ada sebuah danau berwarna putih dengan bau belerang yang menyegat. Sejak itu, keberadaan Kawah Putih menjadi terkenal dan pada tahun 1987 pemerintah mulai mengembangkan Kawah Putih sebagai tempat wisata.

7. Jalan Braga


Jalan Braga

Berkunjung ke kota Bandung belumlah lengkap kalau belum berkunjunh ke Kawasan Jalan Braga. Kawasan ini dikenal dengan lokasi yang memiliki tempat Wisata Kuliner serta Wisata Belanja di Kota Bandung.

Bangunan-bangunan tua yang berada di sekitar Jalan Braga Bandung dan atraksi para pelukis yang memajang hasil lukisannya di sepanjang Jalan Braga nerupakan sebuah pemandangan seni yang bisa dinikmati saat menyelusuri jalan ini. Selain itu ditempat ini juga terdapat sebuah Toko Roti unik dan klasik yang dibangun sejak zaman penjajahan Belanda yang mempunyai menu spesial "Roti Khas Belanda" dan aneka jenis ice cream dengan rasa dan tampilan yang berbeda. 

Tidak jauh dari toko roti juga terdapat sebuah Restaurant Braga Permai yang berdiri sejak tahun 1923 dengan menu yang sangat terkenal ice cream Braga Permai Paradise.

Berwisata ke Jalan Braga memang sangat menyenangkan dan mengasyikan. Bagi Anda yang bertravelling ke kota Bandung rasanya wajib mencoba tempat yang satu ini.

8. Trans Studio  Bandung


Trans Studio Bandung

Trans Studio Bandung adalah kawasan wisata terpadu di Bandung, Indonesia. Bangunan seluas 4,2 ha dengan biaya investasi sekitar 2 miliar rupiah ini menjadikannya kawasan hiburan terluas dan terlengkap di kota Bandung. 

Wahana ini menawarkan pertualangan dan sensasi baru yang sangat menantang. Trans Studio Bandung ini dibuka untuk umum pada tanggal 18 Juni 2011.
Trans Studio Bandung mempunyai fasilitas berikut ini:
  • Trans Studio Theme Park: Pusat rekreasi indoor berkelas internasional
  • Trans Studio Mall Bandung: Pusat perbelanjaan kelas dunia yang artistik dan nyaman
  • Mega Tower: Kantor pusat Bank Mega cabang Bandung
  • The Trans Luxury Hotel - Hotel bintang 6
  • Ibis Hotel Bandung - Hotel bintang 3

9. Gedung Sate


Gedung Sate

Bangunan bersejarah yang terletak di kota Bandung ini disebut Gedung Sate, karena bangunan ini mempunyai ciri khas yang unik yaitu 6 buah tusuk sate yang berada diatas menara gedung ini. 6 tusuk sate ini melambangkan 6 juta gulden yang dipakai untuk membangun gedung berwarna putih pada masanya. Gedung ini sangat terkenal, bukan saja di kota Bandung tetapi keberadaanya sudah terkenal hingga Jawa Barat hingga seluruh Indonesia.

Gedung yang dibangun pada tahun 1920 ini hingga sekarang masih berdiri kokoh dan berfungsi dengan baik sebagai pusat pemerintahan kota Bandung dan disebut-sebut sebagai Gedung Putihnya kota Bandung. Gedung ini juga dijadikan sebagai Tempat Wisata Sejarah di Bandung untuk dijadikan tempat berfoto. Hal ini disebabkan arsitektur bangunan yang sangat indah dan megah serta unsur sejarah dan budaya yang dimilikinya. 

10. Museum Sri Baduga


Museum Sri Baduga

Museum ini merupakan salah satu tempat Wisata Sejarah yang ada di  Kota Bandung. Museum yang didirikan pada tahun 1974 oleh pemerintah Provinsi Jawa Barat terletak Jalan Lingkar Selatan, Bandung.

Dengan memanfaatkan bekas bangunan lama Kawedanan Tegallegayang kemudian diresmikan pada tanggal 5 Juni 1980 olen Menteri Pendidikan dan Kebudayaan waktu itu Bapak. Daoed Joesoef.

Museum Sri Baduga merupakan sebuah tempat wisata bersejarah yang bernilai pendidikan yang sangat bagus untuk ilmu pengetahuan sejarah buat anak-anak Anda.

Selain Anda dapat Menikmati 10 Keindahan Wisata Bandung Yang Sangat Menakjubkan, Anda juga dapat menikmati Wisata Kuliner Khas Bandung. Diantaranya adalah Wisata Kuliner Sapu Lidi di daerah Lembang, Nasi Kalong yang buka pada malam hari di Jalan R,E Martadinata. Iga Bakar Si Jangkung yang buka di jalan Cipaganti, Bandung atau Maja House yang terletak di jalan Sersan Bajuri No. 72 Bandung.  




Jihan Nur Shadrina

Jihan Nur Shadrina

Blog ini di buat, copas dari beberapa sumber website muslim. Sekaligus saya belajar dan membaca dari hasil copas artikel, agar saya bisa mendapatkan ilmu yang bermanfaat untuk diri saya, keluarga dan lingkungan di sekitar, Semoga saya di jadikan WANITA MUSLIMAH yang bermanfaat. Aamiin.

Post A Comment:

0 comments: