Artikel kesehatan tentang tips mencegah penyakit batu ginjal dr OZ Indonesia. Penyakit ini dapat menyebabkan kencing berdarah dan sakit/perih yang berlebihan. Bentuknya seperti kristal, sifatnya keras seperti batu akik, sehingga dapat menyumbat saluran metabolisme. Cara tepat mengetahuinya dengan USG, dan tindakan terakhir adalah operasi.
Penyebab penyakit batu ginjal antara lain karena pola makan tidak sehat serta penyajian makanan yang keliru. Misalnya memasak makanan dengan minyak goreng secara berulang dan tidak pernah diganti baru. Oleh karena itu, kenali gejala radang batu ginjal. Tanpa obat relatif aman, minum obat-obatan kimia yang berlebih dapat menimbulkan komplikasi, karena sisa racun cenderung berbahaya.  Lebih baik mencegah daripada operasi bukan?!
Penyebab penyakit ini antara lain: jeroan, daging, susu, garam, minuman soda, dan asam oksalat pada teh. Cara mencegah penyakit batu ginjal:
  1. Perbaiki pola makan tidak sehat. Batasi/kurangi makan makanan yang mengandung kolesterol dan lemak jahat tinggi seperti contoh diatas.
  2. Teratur berolahraga yang cukup setidaknya 15 menit - 1 jam sehari.
  3. Makan makanan yang dapat menurunkan resiko batu ginjal seperti buah blueberry, tauge, kecambah, bawang bombay, dan perbanyak minum air putih kurang lebih 1 Liter/hari.
Referensi: mencegah penyakit batu empedu, artikel kedokteran, tips kesehatan dr OZ Indonesia.

foto batu ginjal
Jihan Nur Shadrina

Jihan Nur Shadrina

Blog ini di buat, copas dari beberapa sumber website muslim. Sekaligus saya belajar dan membaca dari hasil copas artikel, agar saya bisa mendapatkan ilmu yang bermanfaat untuk diri saya, keluarga dan lingkungan di sekitar, Semoga saya di jadikan WANITA MUSLIMAH yang bermanfaat. Aamiin.

Post A Comment:

0 comments: