Harga bahan bakar minyak (BBM) premium bisa jadi naik menjadi 10.000 rupiah. Berat! Pusing gue! Namun tak bisa dihindari karena gue tetep butuh buat isi tangki motor honda macan gue. Gue gak nemu tips-nya. Tapi ada beberapa cara gokil menghemat BBM motor:
  1. Jangan berkendara kebut-kebutan di jalan raya kecuali lewat pematang sawah. Kebut-kebutan identik dengan membetot gas sampai mentok padahal baru masuk gigi satu. Biasanya sih pamer suara knalpot racing. Bensin pasti boros karena sering buka tutup gas secara spontan. Apalagi motor matic, walaupun sudah pake injeksi bakal percuma. Sebaiknya, buka tutup gas sesuai putaran mesin. Penting kiranya untuk berkendara dengan benar dan santun terutama saat lewat pos polisi.
  2. Kebiasaan sering main handle gas saat pamer suara knalpot blombongan waktu ikut kampanye pilkada pilpres sangat pengaruh pada pemakaian BBM. Bahan bakar banyak yang terbuang percuma padahal butuh waktu yang lama untuk ngangkut minyak mentahnya dari dasar laut jika pakai timba. Jadi, jangan sering dan terlalu lama main handle gas. Cari waktu dan tempat yang tepat untuk main handle gas. Misalnya saat service di bengkel atau waktu ikut balapan liar ya!
  3. Kalau pake knalpot racing usahan tetep pake leher dan pipa knalpot standar. Muffler/silencer-nya silahkan pake model racing. Leher pipa knalpot racing biasanya lebih besar dari standar sehingga membutuhkan campuran bensin dan udara yang lebih kaya untuk mengaum. Jika suplai bahan bakar terlalu miskin maka suara knalpot bakal parau. Ya, walaupun performa tidak meningkat karena ngejar irit bensin tapi pake muffler racing masih bisa gaya buat ngejar ayam-ayam yang berkeliaran di kampus kan?   
  4. Pakai busi iridium high performance. Bisa pake merk NGK, Denso, Daytona, jangan merk maicih karena itu kripik pedas cin! Percikan api busi iridium super besar daripada yang standar. Pengapian motor lebih maksimal untuk menghasilkan tenaga saat ngebut tadi. Pembakaran lebih sempurna sehingga bensin lebih irit. Harga busi sekitar 100 - 120 ribu.
  5. Bersihkan filter udara dari debu dan kotoran hewan lainnya. Filter yang terawat otomatis aliran udara lebih lancar untuk mendukung kinerja busi iridium. BBM pasti lebih irit lagi. Karena campuran udara dan bakar bakar yang masuk ke ruang bakar lebih homogen.
  6. Jangan melumasi rantai dengan oli bekas. Karena kerikil dan benang pasti menempel di oli bekas. Pakai pelumas khusus rantai. Masih berhubungan, periksakan tekanan ban ke tukang tambal ban, minta tambah angin, jangan ditiup, capek! Jangan sampai angin ban terlalu rendah saat motor diajak ngebut. Tarikan motor berat, ban tidak awet dan membebani penggunaan bahan bakar.
  7. Untuk pemakaian normal, ganti oli mesin setiap 4000 km. Yup, biar gak boros duit juga sih! Motor keluaran terbaru pake saja oli encer SAE 10-30 agar kerja mesin lebih enteng, pemakaian bahan bakar efesien, motor langsung ngacir maksimal. Cari merk oli yang sudah teruji dapat menurunkan panas dan demam. Oli yang baik membuat mesin tidak cepat panas. Karena panas mesin seringkali mempengaruhi penguapan bensin sehingga pemakaian bensin bisa lebih boros. Setelah motor berusia senja atau lebih dari 5 tahun, pake oli mesin SAE 20-50 agar onderdil mesin tidak cepat hancur kecuali motor Anda diturunmesinkan dan jeroan mesin yang aus diganti. Jika Anda termasuk orang yang pelit ngeluarin duit, ganti oli SAE 20-50 setiap 7500 km atau pake minyak sayur aja ya lebih hemat.
  8. Kalau ganti main jet dan pilot jet gue gak pernah nyoba seberapa besar pengaruhnya sama pemakaian bensin. Logikanya sih pake main jet and pilot jet ukuran besar juga menjadikan suplai bahan bakar lebih boros jika dibuat harian. Kalau begitu motor dipake bulanan aja ya!
kartun bbm lucu
Axact

Axact

Vestibulum bibendum felis sit amet dolor auctor molestie. In dignissim eget nibh id dapibus. Fusce et suscipit orci. Aliquam sit amet urna lorem. Duis eu imperdiet nunc, non imperdiet libero.

Post A Comment:

0 comments: