5 Destinasi Wisata Paling Berpotensi Di Indonesia 


AdeevaTravel-Tahukah Anda bahwa Indonesia memiliki 5 Surga Bawah Laut Terbaik Di Dunia? Raja Ampat yang terletak di Papua Barat, Pulau Komodo yang terletak di Nusa Tenggara Timur, Wakatobi yang terletak di Sulawesi Tenggara, Bunaken yang terletak di Utara dari Pulau Sulawesi dan Kepulauan Derawan yang terletak di Kalimantan Timur adalah 5 Destinasi Wisata Paling Berpotensi Di Indonesia yang wajib Anda untuk kunjungi.

Menurut Menteri Pariwisata, Arief Yahya bahwa Kelima Destinasi Wisata ini sangat berpotensi mendatangkan wisatawan khususnya dari mancanegara.

1.  Raja Ampat


Raja Ampat

Pecinta wisata bawah laut dari seluruh dunia pasti akan terkagum-kagum menikmati keindahan bawah laut terbaik di dunia yang menggagumkan ini. Mulailah tur Anda dari sini untuk menyelam dibawah lautnya yang paling indah. Jelajahilah dinding bawah laut yang vertikal dan rasakan ketegangan kekayaan bawah laut yang megah. Meski hati Anda berdebar-debar saat terombang-ambing arus laut, Namun itu pastinya akan menjadi pengalaman yang tak terlupakan seumur hidup Anda.    


Raja Ampat

Raja Ampat dengan luas wilayah 4,6 juta hektar daratan dan lautan merupakan rumah bagi 540 jenis karang, 1.511 spesies ikan serta 700 jenis moluska. Kekayaan biota laut di Raja Ampat ini telah menjadikannya tempat perpustakaan hidup dari koleksi terumbu karang dan biota laut paling lengkap di dunia. 

Raja Ampat

Pemandangan di Raja Ampat seperti bagai mimpi tetapi ini bukanlah sebuah ilusi. Saat Anda menyelam dibawah lautnya, maka perhatikan dengan detail hewan laut yang datang menyapa. Mantaray dan Wobbegong akan berenang bersama Anda. Ikan Tuna, Giant Trevaliies, Snapper bahkan Barracuda akan menyambut Anda di bawah laut. Dan jika Anda sedang beruntung mungkin dapat berenang bersama-sama dengan Penyu Laut

Menurut Sergei Brin, Pria yang memimpin divisi Google X saat berkunjung ke Raja Ampat langsung tertarik dan akan membuat fitur Underwater Street View di Google karena keindahan Raja Ampat. 


2. Pulau Komodo


Pulau Komodo

Datanglah ke Taman Nasional Pulau Komodo di Nusa Tenggara Timur, Indonesia. Ada keindahan menunggu Anda di sini. Dengan pulau-pulau indah berpasir putih hingga berpasir  merah muda saat disapa matahari juga keindahan bawah lautnya yang sangan menakjubkan.

Pulau Komodo adalah rumah bagi hewan Komodo, mahluk besar mirip kadal raksasa dengan panjang antara 2-3 meter serta berat sekitar 100-165 kg. Meskipun penampilannya menyeramkan, Komodo bukanlah hewan pemburu yang aktif tetapi mereka merupakan predator yang sabar. 

Meski ukurannya besar, bersisik, bekuku tajam, lidah menjulur bercabang dua serta bentuknya yang menyerupai hewan purba tetapi Anda tidak perlu takut melihatnya, Karena setiap pengunjung termasuk Anda akan ditemani oleh jagawana yang sekaligus sebagai pawang. Anda tinggak mematuhi saja semua petunjuk dan saran dari pemandu berpengalaman ini.

Komodo (Varanus komodoensis) adalah spesies langka yang hampir punah dan hanya dapat Anda temukan di Taman Nasional Pulau Komodo. Karena keunikan dan kelangkaannya ini, Taman Nasional Komodo dinyatakan sebagai a World Heritage Site Man And Biosphere oleh UNESCO pada tahun 1986.

Pulau Komodo

Selain Anda dapat melihat hewan langka Komodo, Di Taman Nasional ini memiliki biota bawah laut paling menakjubkan. Para penyelam yang telah datang ke tempat ini mengatakan bahwa perairan komodo adalah salah satu tempat menyelam terbaik di dunia. 

Pulau Komodo

Bawah laut Taman Nasional Komodo memiliki pemandangan yang sangat memukau. Di sini Anda dapat menemukan 385 spesies karang yang indah, hutan mangrove dan rumput laut yang dijadikan rumah bagi ribuan spesies ikan, 70 jenis bunga karang, 10 jenis ikan lumba-lumba, 6 spesies paus, penyu hijau dan berbagai jenis ikan Hiu dan Pari.  

3. Wakatobi


Wakatobi

Keindahan dan kekayaan Taman Nasional Wakatobi sebenarnya sudah terkenal di mancanegara terutama setelah ekspedisi Wallacea dari Inggris pada tahun 1995 yang menyebutkan bahwa kawasan di Sulawesi Tenggara ini sangat kaya akan spesial koral. Disana terdapat 750 dari total 850 koral yang ada di dunia. 

Di Taman Nasional Wakatobi ada sekitar 112 jenis karang dari 13 famili dapat Anda temukan di Wakatobi. Diantaranya Acropora Formosa, A. Hyacinthus, Psammocora Profundasafla, Pavona Cactus, Leptoseris yabei, Fungia molucensisLobophyllia robustaMerulina ampliataPlatygyra versiforaEuphyllia glabrescensTubastraea frondesStylophora pistillata, Sarcophyton throchelliophorum, dan Sinularia spp yang tinggal harmonis bersama penghuni laut lainnya.


Wakatobi

Kekayaan jenis ikan yang dimiliki taman nasional ini sebanyak 93 jenis ikan diantaranya (Cephalopholus argus), takhasang (Naso unicornis), pogo-pogo (Balistoides viridescens), napoleon (Cheilinus undulatus), ikan merah (Lutjanus biguttatus), baronang (Siganus guttatus), Amphiprion melanopus, Chaetodon specullum, Chelmon rostratus, Heniochus acuminatus, Lutjanus monostigma, Caesio caerularea, dan lain-lain.

Taman Nasional Wakatobi juga menjadi tempat beberapa jenis burung laut seperti Angsa-Batu Coklat (Sula leucogaster plotus), Cerek Melayu (Charadrius peronii) dan Raja Udang Erasia (Alcedo atthis) bersarang. Beberapa jenis penyu juga menjadikan taman ini sebagai rumah mereka seperti penyu sisik (Eretmochelys imbricata), penyu tempayan (Caretta caretta), dan penyu lekang (Lepidochelys olivacea).

Wakatobi

Perairan Wakatobi memiliki tamu setia yang menjadikan perairan Wakatobi sebagai taman bermainnya, tamu itu tidak lain dan tidak bukan adalah ikan paus sperma (Physeter macrocephalus). Biasanya, kawanan paus sperma berada di Wakatobi pada bulan November, saat belahan bumi lain membeku. Pada bulan tersebut perairan Wakatobi relatif lebih hangat dan berlimpah pakan yang bisa mengenyangkan perut kawanan paus. Tidak hanya itu Wakatobi juga menjadi tempat bermain ikan pari manta (Manta ray) yang ukuran tubuhnya tergolong raksasa. Pari manta merupakan salah satu jenis ikan yang khas dan unik, yang hanya terdapat di perairan tropis

4. Bunaken


Bunaken

Bunaken merupakan Taman Laut pertama di Indonesia. Lokasinya berada di Teluk Manado tepatanya di utara dari Pulau Sulawesi. Taman Laut ini secara resmi didirikan pada tahun 1991dengan luas sekitar 8.08 km2.

Bagi Anda yang menyukai diving, Tempat ini merupakan tempat yang sangat menakjubkan karena disana Anda dapat melihat berbagai kehidupan laut yang menakjubkan penuh warna-warni. Di Bunaken terdapat 20 spot penyelaman, dimana Anda akan mendapat kesempatan berenang dibawah laut dengan beragam biota laut yang sangat menakjubkan.

Bunaken

Perairan Laut Bunaken memungkinkan orang dapat dengan jelas melihat berbagai biota laut. Ada 390 spesies terumbu karang yang didominasi oleh bebatuan laut, juga bermacam spesies alga seperti Caulaerpa, Halimeda, Padina serta rumput laut antara lain Thalassia hemprichii, Enhallus acoroides dan Thalassaodendron ciliatum. Pemandangan yang paling menarik adalah terumbu karang terjal vertikal yang menjulang ke bawah sedalam 25-50 meter.

Bunaken


Manjakan mata Anda dengan 91 jenis ikan yang ada di Taman Nasional Bunaken, diantaranya merupakan ikan kuda gusimi lokal (Hippocampus), koi putih (Seriola rivoliana), lolosi ekor kuning (Lutjanus kasmira), goropa (Spilotocepsep hinephelus dan Hypselosoma pseudanthias), nila gasi (Scolopsis bilineatus), dan lainnya. Anda juga bisa menemukan moluska seperti kima raksasa (Tridacna gigas), ikan kepala kambing (Cassis cornuta), nautilus (Nautilus pompillius), dan tunikates atau askidian.

5. Kepulauan Derawan


Kepulauan Derawan

Derawan adalah surga tropis yang sempurna. Sinar Matahari yang hangat berpadu dengan pemandangan pantai pasir putih nan halus, pohon kelapa yang melambai, serta laut jernih yang berubah warna dari hijau ke biru kobal. Kehidupan bawah laut di sini luar biasa, Anda akan temukan kura-kura raksasa, lumba-lumba, ikan pari, duyung, barakuda, serta ubur-ubur stingless. Ikan Hiu Derawan di sini merupakan salah satu keragaman hayati yang berharga. Dengan kekayaan bawah lautnya maka tidak mengherankan apabila kemudian Derawan dikenal sebagai salah satu tujuan wisata menyelam terbaik di dunia.

Kepulauan Derawan

Berada tak jauh dari daratan Kabupaten Berau di Kalimantan Timur, kepulauan Derawan terdiri dari 31 pulau dan yang paling terkenal di antaranya adalah Pulau Derawan, Maratua, Sangalaki, dan Kakaban. Di sini bersarang kura-kura hijau langka dan juga penyu sisik. Anda dapat menyaksikan setiap hari penyu bertelur di pasir atau berenang ke laut bersama kura-kura. Seluruh wilayah konservasi laut ini luasnya tidak kurang dari 1,27 juta hektar.

Kepulauan Derawan

Anda dapat menemukan setidaknya 460 jenis karang dan ini terbanyak kedua setelah Raja Ampat di Papua Barat. Di Derawan setidaknya ditemukan lebih dari 870 jenis ikan mulai dari kuda laut kerdil hingga pari manta raksasa. Dalam beberapa hari, sekelompok pari manta ini dalam jumlah banyak hingga 50 ekor dapat Anda lihat sedang makan bersama di perairan Derawan.

Di Kakaban, Anda dapat menemukan danau ubur-ubur terbesar dan paling beragam di dunia, termasuk empat spesies unik ubur-ubur stingless  yang dapat berenang terbalik. Inilah alasanya mengapa Kakaban dipertimbangkan menjadi nominasi Situs Warisan Dunia UNESCO. 

Nah itulah 5 Destinasi Wisata Paling Berpotensi Di Indonesia yang syang untuk Anda lewatkan. 


sunber:indonesia.travel 
Axact

Axact

Vestibulum bibendum felis sit amet dolor auctor molestie. In dignissim eget nibh id dapibus. Fusce et suscipit orci. Aliquam sit amet urna lorem. Duis eu imperdiet nunc, non imperdiet libero.

Post A Comment:

0 comments: