Menyelusuri Danau Laut Tawar Di Aceh  


Danau Laut Tawar

AdeevaTravel-Danau Air Tawar adalah sebuah tempat wisata yang terletak di Dataran Tinggi Gayo, Kabupaten Aceh Tengah, Banda Aceh. Suku Gayo menyebut danau ini dengan sebutan Danau Lut Tawar karena luasnya mencapai 5.472 hektar dengan panjang 17 km serta lebar 3,29 km. Volume airnya bisa mencapai 2,5 triliun liter.

Pada danau ini ditemukan 46 jenis plankton yang terbagi atas 11 kelas di Danau Laut Tawar, dengan rincian kelas Chlorophyceae sebesar 35%, Bacillariophyceae 24%, Myxophyceae 9%, dan kelas lain sebesar 32%. Hydrilla sp., eceng gondok, dan kiambang juga dapat ditemukan hidup di pinggiran danau. 

Di danau ini juga ditemukan 3 jenis moluska, 1 jenis annelida, 37 jenis ikan, dan 49 jenis serangga yang hidup di kawasan Danau Laut Tawar. Untuk hewan yang hidup di sekitar danau, ditemukan 20 spesies mamalia yang terbagi atas 13 famili, beberapa diantaranya termasuk hewan yang dilindungi, antara lain binturung, pukas, trenggiling, landak, kancil, napu, owa, siamang, tanado, harimau, kucing hutan, rusa, dan kijang.

Selain sebagai sumber air bersih bagi masyarakat sekitar,  Pesona alamnya sangat indah. udara disekitar danau juga sangat sejuk karena diapit oleh dua bukit hijau yang akan membuat suasana liburan Anda terasa nyaman dan bahagia. Oleh karena itu Danau Laut Tawar ini sering dikunjungi oleh para wisatawan baik lokal maupun mancanegara.

Buat kamu yang ingin berkunjung Ke Danau Laut Tawar di Takengon sebaiknya melalui Kota Bireun karena di sana terdapat sebuah terminal kecil tempat mangkal angkutan elf yang khusus ke Takengon. Lamanya perjalanan kurang lebih sekitar 5 jam dengan biaya sebesar Rp. 30.000. Selain dari Bireun, jalan alternatif menuju Takengon dapat juga ditempuh melalui Blang Kejeren dan Kutacane. Untuk berwisata ke tempat wisata Danau Laut Tawar ini tidak diberlakukan harga tiket masuk alias gratis. Tempat wisata Danau Laut Tawar juga sudah dilengkapi dengan akomodasi diantaranya di sekitar Danau Laut Tawar sudah terdapat penginapan – penginapan yang disewakan bagi para wisatawan yang ingin bermalam di sekitar Danau. Di situ juga terdapat kapal boat yang siap disewa untuk mengantarkan para wisatawan mengelilingi danau.

Jika kamu berwisata ke Danau Laut Tawar maka jangan lupa juga untuk berwisata kuliner di Takengon dengan mencicipi ikan depik yang nikmat dan khas Danau Laut Tawar. Ikan ini adalah sejenis ikan air tawar famili Ikan wadher yang tidak ada di daerah lain. Selain itu para penelusur juga wajib mencicipi kopi takengon atau kopi gayo yang terkenal dan nenas berukuran kecil namun rasanya manis sekali terletak di perkebunan daerah Isak Takengon.


dari berbagai sumber

 
Axact

KAOS DAKWAH

KAOS DAKWAH adalah blog membahas tentang cara pembuatan Kaos Dakwah sampai bagaimana cara menjual Kaos Dakwah Online maupun offline, Silakan cari artikel di blog ini..Terima Kasih telah berkunjung di blog sederhana ini.

Post A Comment:

0 comments: