Menikmati Pantai Selong Belanak Lombok Yang Damai


Pantai Selong Belanak Lombok

AdeevaTravel-Berbicara mengenai pantai wisata Pulau Lombok banyak menyuguhkan wisata pantai yang tidak kalah dengan keindahan pantai-pantai di Pulau Bali. Salah satunya adalah Pantai Selong Belanak Lombok. Pantai ini memiliki pasir putih yang cukup panjang.

Pantai Selong Belanak merupakan salah satu pantai yang cukup terkenal, terutama keindahan dan keasriannya serta kebersihan area pantai. Pantai ini memiliki garis pantai yang melengkung seperti bulan sabit. Dengan beberapa bukit di bagian ujung sabit. Sebagai bagian dari Teluk Selong Belanak, pantai ini memiliki tepi dengan panjang sekitar 1 Kilometer dan berhadapan langsung dengan Samudra Hindia. Sekitar seperempat bagian pantai, yaitu sisi Selatan, digunakan penduduk sebagai area pemukiman. Sekitar 40 keluarga nelayan yang tinggal di area tersebut. Tentu saja area ini kurang cocok untuk aktivitas air, karena banyak perahu nelayan yang juga beraktivitas.


Pantai Selong Belanak Lombok

Pantai Selong Belanak adalah sebuah tempat wisata pantai yang terletak di bagian selatan kabupaten Lombok Tengah Propinsi Nusa Tenggara Barat. Pantai ini memiliki keindahan yang masih alami sehingga kita akan merasa damai berlibur ke pantai Selong Belanak ini.

Pantai Selong Belanak Lombok memiliki hamparan air laut yang berwarna biru bening kehijauan dan hamparan pasir putihnya yang sangat lembut terbentang luas di sepanjang pesisir pantai. Berbeda dengan jenis pasir putih lainnya di pulau lombok lainnya seperti Pantai Kuta Lombok, Pantai Tanjung Aan Lombok, atau Pantai Seger Lombok. Kelembutan Pasir Putih yang ada di Pantai Selong Belanak Lombok ini akan Anda bisa rasakan sendiri di kaki jika Anda berjalan menyelusuri pasir pantai tanpa alas kaki. 

Pantai Selong Belanak Lombok

Selain pasir putihnya yang membedakan Pantai Selong Belanak Lombok dengan pantai-pantai lainnya adalah Pantai Selong Belanak Lombok ini juga memiliki dasar pantai yang berpasir sangat lembut dan tidak seperti pantai-pantai lainnya yang memiliki dasar pantai yang berbatu karang. Jika anda melihat Pantai Selong Belanak Lombok dari atas bukit, maka anda akan kagum melihat keindahan pemandangan alam yang diberikan Pantai Selong Belanak Lombok ini. Di sekitar pantai ini anda akan menemukan pemukiman-pemukiman nelayan dengan bentuk bangunan yang masih sangat sederhana dan tradisional. Dengan suasana yang sepi hanya ditemani oleh suara deburan ombak dan tiupan angin laut, akan membuat kita semakin betah untuk tinggal di pantai ini. Pantai Selong Belanak Lombok ini sangat cocok untuk anda yang ingin keluar dari keramaian dan kebisingan kota.  

Perjalanan menuju ke pantai selong belanak bisa kita tempuh dalam waktu kurang lebih 2 jam dengan keadaan jalan yang sudah di hotmik. Untuk ke tempat ini, bila berangkat dari Kota Mataram anda cukup melaju ke jalur Bandara Internasional Lombok.

Pada perempatan Batujai kemudian belok kanan mengikuti tikungan sampai di depan Masjid Nurul Huda Batujai. Di pertigaan masjid tersebut kemudai belok kiri menuju ke jalur Penujak sampai di tikungan pasar, sekitan 30 meter dari pasar tersebut kemudian belok kanan melewati desa Mungkur. Lurus lagi keselatan dari desa Mungkur sampai pertigaan yang ada Gapura dari Besi yang bertuliskan Selong Belanak. Dari gapura tersebut kemudian lurus lagi sampai menuju ke Pantai Selong Belanak.  

Atau jika saya gambarkan secara singkat jalurnya menjadi seperti ini :
Mataram – Jalur Bandara Internasional – Perempatan Penujak ke Kanan – Pertigaan Masjid Nurul Huda Batujai – Belok kiri ke Jalur Penujak – Pasar Penujak Belok Kanan – Gapura Masuk Selong Belanak

Biaya masuk menuju Pantai Selong Belanak setiap orang sebesar Rp. 2000,- (tidak termasuk biaya parkir). Kalau biaya parkir perkendaraan berupa motor sebesar Rp.2000 dan Mobil sebesar Rp. 5000. 

Pantai Selong Belanak Lombok

Begitu masuk di lokasi Pantai Selong Belanak, pengunjung akan disambut dengan hamparan pantai putihnya dan rindangnya pohon-pohon besar yang menambah adem suasana pantai. Kebersihan pantai yang dijaga oleh para penjual dan masyarakan sekitarnya akan mampu menghipnotis para pengunjung untuk tidak meninggalkan lokasi.

Jejeran berugak di pinggir pantai plus para inaq-inaq penjual ikan bakar yang murah senyum menjadikan suasana pantai semakin asyik untuk dinikmati bersama keluarga. Apalagi deretan bukit yang mengelilingi pantai Selong Belanak akan menambah kesan eksotik bagi pantai Selong Belanak. 


Jihan Nur Shadrina

Jihan Nur Shadrina

Blog ini di buat, copas dari beberapa sumber website muslim. Sekaligus saya belajar dan membaca dari hasil copas artikel, agar saya bisa mendapatkan ilmu yang bermanfaat untuk diri saya, keluarga dan lingkungan di sekitar, Semoga saya di jadikan WANITA MUSLIMAH yang bermanfaat. Aamiin.

Post A Comment:

0 comments: