Menikmati Keindahan Taman Laut Bunaken  


Taman Nasional Bunaken

AdeevaTravel-Taman Laut Bunaken adalah surga bagi dunia penyelam, Hal ini disebabkan keindahan bawah laut di Taman Nasional Bunaken sangat mempesona dan menakjubkan dan merupakan salah satu Taman Laut Terbaik di dunia.

Taman Nasional Bunaken secara resmi didirikan pada tahun 1991 dan merupakan Taman Laut pertama di Indonesia. Pada tahun 2005, Indonesia mendaftarkan Taman Nasional Bunaken kepada UNESCO untuk dimasukkan ke dalam Situs Warisan Dunia.

Taman Nasional Bunaken

Taman Nasional  Bunaken adalah Taman Laut yang terletak di propinsi Sulawesi Utara, Indonesia. Taman ini berada di segitiga Terumbu Karang dan menjadi habitat lebih dari 390 spesies terumbu karang dan juga beberapa spesies ikan moluska, reptil dan mamalia laut. Taman Laut Bunaken merupakan perwakilan ekosistim laut Indonesia yang meliputi padang rumput laut, terumbu karang dan ekosistim pantai.

Taman Nasional seluas 890.65 kilometer persegi yang didirikan pada tahun 1991 ini, 97% dari Taman Nasional ini merupakan habitat laut, sementara 3% sisanya merupakan daratan yang terdiri dari lima pulau yaitu Pulau Bunaken, Pulau Manado Tua, Pulau Mantehage, Pulau Naen dan Pulau Siladen.

Taman Nasional Bunaken

Taman Nasional Bunaken mempunyai ekosistim terumbu karang yang sangat indah dan kaya. Di taman ini terdapat sekitar 390 spesies terumbu karang. Spesies Alga seperti caulerpa, halimeda dan padina. Sementara spesies rumput laut yang banyak ditemui adalah Thalassia Hemprichii, Enhallus Acoroides dan Thalassaodendron Cilliatum.

Taman Nasional Bunaken juga memiliki beberapa spesies ikan, mamalia laut, reptil, burung, moluska dan mangrove.

Di daratan, Taman Nasional Bunaken kaya akan Arecaceae, Sagu, Woka, Silar dan Kelapa. Selain itu Taman Nasional Bunaken memiliki spesies hewan yang tinggal di daratan seperti Rusa dan Kuskus. Hutan Mangrove di Taman Nasional ini menjadi tempat habitat hewan Kepiting, Lobster, Moluska dan Burung Laut. 

Taman Nasional Bunaken

Meskipun memiliki status taman nasional dan mendapatkan pendanaan yang cukup, taman ini mengalami degradasi kecil akibat penambangan terumbu karang, kerusakan akibat jangkar, penggunaan bom dan sianida dalam menangkap ikan, kegiatan menyelam dan sampah. 

World Wildlife Fund (WWF) memberikan bantuan konservasi sebagai bagian dari "Sulu Sulawesi Marine Eco-region Action Plant". Konservasi ini meliputi patroli dan berhasil mengurangi penggunaan bom dalam menangkap ikan. 

Akses ke Taman Nasional Bunaken

Taman Nasional Bunaken

Untuk menuju Taman Laut Bunaken, Kamu bisa melalui pelabuhan Manado, Marina Nusantara Diving Centre (NDC) dan Marina Blue Banter. Diperlukan waktu sekitar 30-45 menit untuk sampai ke Taman Nasional Bunaken.   
Untuk memasuki kawasan wisata ini, Kamu harus membeli tiket masuk dengan harga sebesar Rp.50.000,-/orang.
Taman Nasional Bunaken
Di Taman Nasional Bunaken Kamu bisa melakukan aktifitas penyelaman pada spot-spot berikut:
  • Tembok Lekuan I, II,III
  • Tanjung Kopi
  • Muka Gereja
  • Siladen
  • Puncak Barakuda
  • Mandolin
  • Bunaken Timor
  • Reruntuhan kapal di Manado
Tips wisata ke Taman Nasional Bunaken
Bagi kamu yang ingin berwisata ke Taman Nasional Bunaken, Sebaiknya kamu mencari informasi terlebih dahulu tempat-tempat mana yang kamu ingin kunjungi di Bunaken. Jangan sampai ketika kamu sudah sampai ke Taman Nasional Bunaken ini kamu tidak mengetahui lokasi penyelaman atau tempat wisata yang ada di Taman Nasional Bunaken ini.
Untuk budget, sebaiknya kamu mempersiapkan budget yang lebih, karena sewaktu-waktu tarif dapat berubah. 
Lebih baik kamu ke tempat ini bersama teman atau kerabat yang sudah pernah berkunjung ke tempat ini. Ikut rombongan atau agen travel yang menyediakan paket tour wisata ke Taman Nasional Bunaken yang tersedia. 
Taman Nasional Bunaken
Semua ini diperlukan demi kenyamanan kamu dalam berwisata ke Taman Nasional Bunaken.
Sumber:
wikipedia
idtempatwisata
 
Axact

KAOS DAKWAH

KAOS DAKWAH adalah blog membahas tentang cara pembuatan Kaos Dakwah sampai bagaimana cara menjual Kaos Dakwah Online maupun offline, Silakan cari artikel di blog ini..Terima Kasih telah berkunjung di blog sederhana ini.

Post A Comment:

0 comments: