10 Pantai Terbaik Di Pulau Sumatera  


AdeevaTravel-Indonesia sebagai negara kepulauan tentunya banyak memiliki pantai-pantai yang indah dan menakjubkan. Terutama dijejeran pulau Sumatera yang memiliki pantai yang sangat mempesona dari mulai pantai Lampuuk di Aceh hingga pantai pasir putih di Lampung. Berikut 10 Pantai Terbaik Di Pulau Sumatera yang wajib Anda ketahui sebagai referensi liburan Anda. 

1. Pantai Lampuuk, Nangroe Aceh Darusallam


Pantai Lampuuk, Nangroe Aceh Darusallam

Pantai Lampuuk merupakan salah satu primadona bagi pariwisata di Aceh sebelum terjadinya Bencana Tsunami pada tahun 2004. 

Pantai Lampuuk terletak di pantai barat Aceh tepatnya berada di Desa Meunasah Masjid, Lhoknga, Kabupaten Aceh Besar, Aceh atau berjarak sekitar 20 km dari kota Banda Aceh. Setelah diterjang bencana tsunami, kini para wisatawan bisa menikmati lagi keindahan alam di Pantai Lampuuk. Dengan garis pantainya sepanjang 5 km dan membentuk sebuah teluk kecil, dengan pasir putihnya yang bersih dan lembut. air lautnya yang berwarna biru kehijauan dan ombaknya yang cukup menantang benar-benar tempat yang cocok buat refresing Anda.

Selain Anda dapat menikmati pemandangan pantai dan lautnya, Para wisatawan juga akan dimanjakan untuk melakukan surfing karena ombak pantai ditempat ini cukup besar tetapi cukup  bersahabat. 

Banana Boat dan olahraga air lainnya juga menjadi incaran pengunjung saat berada di pantai ini. Di kawasan pantai juga terdapat Lapangan Golf Seulawah yang berlatar belakang gulungan ombak. Pantai ini akan lebih terlihat indah pada sore hari, Penuh pesona menyaksikan matahari tenggelam yang akan memberikan kenikmatan yang tak akan Anda lupakan.  

2. Pantai Sorake, Sumatera Utara


Pantai Sorake, Sumatera Utara

Sorake adalah sebuah pantai yang terletak di Kecamatan Teluk Dalam, Kabupaten Nias Selatan, Sumatera Utara.

Pantai Sorake terkenal dengan ombaknya yang besar sehingga sangat cocok bagi Anda melakukan kegiatan berselancar. Setiap tahunnya banyak para wisatawan terutama wisatawan mancanegara yang mengunjungi pantai ini. Di pantai Sorake juga sering mengadakan kompetisi selancar baik tingkat nasional maupun internasional. Nias Open adalah salah satu kejuaraan berselancar yang di selenggarakan di tempat ini.  

3. Pantai Rupat, Riau


Pantai Rupat, Riau

Pantai Rupat merupakan salah satu pantai terindah di Riau yang tak kalah indahnya dengan pantai-pantai yang ada di Bali. Pantai ini umumnya ramai di kunjungi oleh para wisatawan pada bulan Shafar, yakni pada saat masyarakat sekitar melakukan upacara adat Mandi Shafar.

Pantai Rupat memang terkenal sebagai pantai yang memiliki kekhasan tersendiri. Hal ini bisa dilihat dari hamparan pasir putihnya yang membentang di sepanjang pinggir pantai. Selain berwarna putih, pantai ini bersih dan banyak dipenuhi binatang-binatang kecil yang sering disebut umang-umang. Binatang-binatang kecil ini kadang-kadang secara tidak sengaja membentuk susunan yang seolah-olah memerahkan sebagian bidang pantai, sehingga menambah cita rasa tersendiri bagi para wisatawan. 

Pantai ini juga mempunyai kekhasan lainnya, seperti air laut yang masih jernih dan ombaknya yang tidak terlalu besar, sehingga memungkinkan para pengunjung untuk sekadar mandi, berjemur, berolahraga air, rekreasi keluarga, dan bersantai. Para wisatawan yang mengunjungi pantai ini juga dapat melihat perbukitan Malaysia dengan mata telanjang, karena jaraknya yang tidak terlalu jauh. Selain itu, para pengunjung juga dapat melihat rumah-rumah nelayan yang berada di atas air laut yang juga sering disebut Rumah Togok. Bagi para wisatawan yang mempunyai hobi memancing, pantai ini juga bisa menjadi salah satu tempat rujukan yang sangat cocok untuk menyalurkan hobi tersebut sembari menikmati suasana pantai yang begitu elok dan memesona.

4. Bintan, Kepulauan Bintan


Bintan, Kepulauan Bintan

Pulau yang satu ini menawarkan keindahan pantai dan laut seperti Pulau Bali. Apabila Anda senang menjelajahi tempat eksotis di Indonesia, Tidak ada salahnya Anda memasukkan pulau ini dalam tujuan travelling Anda. 

Di Kepaulauan Bintan, ada tiga tempat yang wajib Anda kunjungi 

a. Kawasan Wisata Terpadu Lagoi


 Kawasan Wisata Terpadu Lagoi

Tempat wisata di Kawasan Wisata Lagoi ini menawarkan banyak pantai yang sangat indah. Pantai-pantai di pulau ini termasuk kedalam pantai yang ekslusif. Hal ini disebabkan banyak pantai disini dikelola oleh pihak swasta sehingga fasilitas pantai-pantai ditempat ini terlihat sangat mewah dan ekslusif. 

b. Pantai Trikora 



Pantai Trikora

Pantai Trikora adalah pantai alternatif yang termasuk murah di Kepulauan Bintan. Dengan ombaknya yang tenang, Anda dapat berenang secara bebas di pantai ini. Pantai Trikora sangat menjaga akan kebersihannya, Untuk kebutuhan lain seperti toilet juga sudah tersedia dengan kondisi yang sangat terawat. 

c. Pulau Penyengat


 Pulau Penyengat

Di pulau ini banyak sekali peninggalan Kerajaan Kesultanan Riau. Apabila Anda ingin mengunjungi pulau ini, sebaiknya Anda ditemani oleh Pemandu Wisata agar Anda semakin paham akan arti peninggalan sejarah di pulau ini. 

5. Kepulauan Mentawai, Sumatera Barat


 Kepulauan Mentawai, Sumatera Barat

Kabupaten Kepulauan Mentawai merupakan bagian dari kabupaten Propinsi Sumatera Barat. Untuk menuju Kepulauan Mentawai yang terdiri dari 4 pulau besar yaitu, Siberut, Sipora, Pagai Utara dan Pagai Selatan kita bisa melalui Pelabuhan Muara dan Pelabuhan Mungus.

Walaupun Kepulauan Mentawai itu terpencil dan belum banyak diketahui oleh orang Indonesia, Namun Kepulauan Mentawai sudah sangat terkenal bagi Wisatawan Mancanegara. Banyak turis mancanegara yang datang ke Kepulauan Mentawai untuk menikmati keindahan pantainya dan bermain selancar. Karena disini identik dengan pantai berpasir putih serta gulungan-gulungan ombak yang sangat memukai bagi para pecinta surfing.

Selain keindahan pantainya dan gulungan ombaknya yang sangat memukau, kepulauan mentawai juga menawarkan pemandangan terumbu karang dengan pasir putihnya yang sangat cocok untuk berjemur, berenang, snorkeling dan menyelam.

Tidak hanya pantainya saja yang indah tetapi flora dan faunanya pun juga sangat unik. Kepulauan mentawai ditutupi oleh hutan primer dipterocarpacece, hutan primer campuran, rawa, hutan pantai hingga hutan bakau. Setiap pulau memiliki flora masing – masing diperkirakan 5 persen dari tumbuhan yanga ada adalah endemic. Sementara itu, fauna yang terdapat di pulau mentawai adalah hewan yang menyusui, terutama di pulau Siberut adalah binatang endemic seperti spesies primata langka : Bilou atau Kloss Gibbon, Joja (Ata Leilei), Simakobu (Simasepsep), Bokkoi (siteut). 

6. Pulau Berhala, Tanjung Jabung Timur, Jambi


Pulau Berhala, Tanjung Jabung Timur, Jambi

Pulau Berhala yang terletak di Selat Berhala tak bisa dilepaskan dari simbol kebesaran Kabupaten Tanjung Jabung Timur. Pulau yang terdiri dari gugus tiga pulau kecil dengan luas sekitar 0,25 hektar sampai 0,5 hektar mengelilinginya. Air lautnya biru dan jernih. Pantainya yang landai dilapisi oleh hamparan pasir berwarna putih bersih dan pada beberapa tempat berbatu.

Sumber daya alam yang dimiliki oleh pulau yang sempat berstatus quo karena diperebutkan oleh provinsi Jambi dan provinsi Riau ini adalah perikanan dari laut yang mengelilinginya. Selain itu adalah pariwisata bahari, seperti memancing, menyelam, dan berlayar, karena keindahan pantai dan air lautnya yang biru. Khusus untuk kepentingan pariwisata bahari, Pulau Berhala memerlukan penataan, sentuhan, dan pembangunan berbagai fasilitas. Seperti sarana transportasi laut, dermaga, sarana komunikasi, pondok wisata, dan sebagainya. Sebagian besar dari luas pulau yang 200 hektar ini merupakan wilayah kosong, berbatu, dan pasir kuarsa. Pada beberapa bagian hanya ada sedikit pohon kelapa.

Menginjakkan kaki pada dataran pasir yang memanjang adalah sebuah pengalaman yang menarik. Gugusan pulau seakan ditata dengan rapi dan tersusun secara apik, telah membawa khasanah tersendiri sehingga membuat kita tak akan pernah merasa bosan untuk menyatakan keindahannya. 

7. Pantai Tanjung Tinggi, Kepulauan Bangka Belitung


Pantai Tanjung Tinggi, Kepulauan Bangka Belitung

Tanjung tinggi adalah pantai yang diapit oleh dua semenanjung, yaitu tanjung Kelayang dan tanjung Pendam. Nama tanjung tinggi diambil dari kata tanjung yang artinya semenanjung dan tinggi yang artinya pantai yang memiliki bebatuan yang tinggi. Pantai Tanjung Tinggi merupakan salah satu tempat wisata di pulau Belitung. Letaknya tidak jauh dari Pantai Tanjung Kelayang dan berjarak sekitar 31 km dari kota Tanjung Pandan. Pantai ini memiliki area seluas 80 hektar, berpasir putih, dan terdapat ratusan batu granit besar yang tersebar di kedua semenanjung dan juga di laut di depan pantai. Ukuran granit mulai dari beberapa meter kubik hingga ratusan meter kubik lebih besar dari sebuah bangunan sebesar rumah, sehingga menjadi tempat wisata ungulan di Pulau Belitung.

Pantai ini berbentuk lekukan busur derajat yang dengan diameter kira-kira 100 m dengan susunan batu-batu granit yang ada di dua sisi pantai. Di sepanjang pantai kita akan melihat panorama pemandangan yang mengesankan dan unik dari pantai - pantai yang ada. Pasirnya putih dan airnya jernih, kita dapat berenang di karenakan kecilnya gelombang dan lambatnya arus air laut, tapi yang lebih menarik adalah sedikitnya perbedaan antara pasang naik dengan pasang surut.

Keistimewaan dari pantai ini adalah batu granit yang beraneka ragam ukurannya, dari yang hanya beberapa meter kubik hingga ratusan meter kubik. Saat matahari mulai terbenam pantai tanjung tinggi akan memancarkan pesona kecantikaannya yang luar biasa. Dengan keindahan pantai yang memiliki khas tersendiri sehingga membuat pantai tanjung tinggi banyak dikenal oleh para wisatawan luar daerah maupun luar negeri. Pantai Tanjung Tinggi ini pernah dijadikan lokasi shuting film Laskar Pelangi dan Sang Pemimpi, jadi tak jarang para wisatawan luar menyebut pantai tanjung tinggi ini dengan sebutan pantai Laskar Pelangi

8. Pantai Panjang, Bengkulu


Pantai Panjang, Bengkulu

Pantai Panjang merupakan salah satu tempat wisata di Bengkulu yang cukup banyak memiliki banyak pengunjung. Pantai yang terletak 3 km dari pusat kota Bengkulu yang dapat dijangkau dengan angkutan umum yang banyak tersedia disana. 

Pantai ini adalah salah satu pantai yang unik karena sepanjang garis pantainya dikelilingi oleh pohon cemara. Di Pantai Panjang ini Anda juga akan disuguhkan pemandangan pantai yang sangat menakjubkan serta dapat menikmati indahnya momen sunrise dan sunset yang bisa Anda abadikan. Selain itu Pantai Panjang di Bengkulu ini dilengkapi dengan kolam renang, cottage serta area parkir yang luas. 

9. Pantai Tapak Tuan, Sumatera Selatan


Pantai Tapak Tuan, Sumatera Selatan

Tapaktuan adalah salah satu kota yang harus anda singgahi jika Anda bepergian melalui bagian utara Sumatera. Bersamaan Sabang di ujung utara, Tapaktuan mungkin adalah kota tercantik di Sumatera. Terjepit di antara Samudra Hindia dan Bukit Barisan pegunungan, ia menawarkan banyak tempat wisata menarik dan kegiatan lainnya. 

Tapaktuan adalah ibukota Aceh Selatan yang terletak di tepi pantai. Menurut kebanyakan turis asing Tapaktuan adalah kota terbaik di Sumatera, setelah Sabang di Pulau Weh. Beberapa tempat wisata terbaik di daerah ini adalah: Bukit-bukit dan pegunungan sekitarnya yang menawarkan pemandangan kota, garis pantai dan Samudera Hindia. Salah satu bukit itu adalah Bukit Pelita.
 
Kemudian air terjun yang sering disebut Air Dingin yang terletak sekitar 17 km dari pusat kota Tapaktuan. Ada juga air terjun yang bergabung dengan laut di sini.

Kemudian Ada juga air terjun Waterfall Tingkat Tujuh. air terjun ini 7km dari Tapaktuan dan pengunjung harus berjalan 2 km dari jalan utama untuk mencapai ke tempat tersebut. Ini adalah tempat yang sangat populer pada akhir pekan dan selama liburan. 
Di Aceh Selatan juga terdapat Jungle Trekking. Jika Anda ingin menikmati treks hutan, maka ada dua tempat di Tapaktuan yang layak dikunjungi yaitu Panton Luas dan Tu'i Lhok.

Dikota tapaktuan juga terdapat patung naga yang menjadi pengenang akan kisah Tuan Tapa yang membunuh Naga raksasa pada masa lampau. Dan masih banyak lagi tempat yang bagus untuk dikunjungi oleh para wisatawan termasuk anda

10. Pantai Pasir Putih, Lampung


Pantai Pasir Putih, Lampung

Pantai Pasir Putih memang sangat terkenal di Lampung sebagai obyek wisata. Pantainya tentu saja berpasir putih dan bersih. Di sana juga banyak warung yang menjual suvenir dan makanan. Pantai ini cocok sebagai pilihan untuk berwisata bersama seluruh anggota keluarga. Di seberang pantai ini ada tiga pulau kecil yang memiliki pemandangan cukup indah, yakni Pulau Condong Darat, Condong Wawai, dan Condong Sulah. Pulau-pulau itu bisa dicapai sekitar 20 menit dengan perahu bermotor, yang bisa disewa wisatawan dengan tarif antara Rp 30.000 dan Rp 50.000. Kondisi Pulau Condong Sulah juga cocok untuk olahraga panjat tebing. Pulau ini juga sering digunakan sebagai tempat pelatihan luar ruang untuk karyawan-karyawan dari perusahaan di luar Lampung.
Sebelum sampai ke pulau-pulau tersebut, para penyewa juga akan dipinjamkan kotak kaca untuk melihat pemandangan bawah laut, yang menakjubkan. Tapi, ada juga para pemilik perahu yang mengenakan tarif untuk kotak kaca itu. Kalau sekadar untuk melihat pemandangan bawah laut, tanpa ke pulau, para pemilik perahu juga bersedia mengantar. Tarifnya pasti lebih murah ketimbang sampai ke pulau. Para wisatawan bisa juga menyewa perahu kayuh, yang tarifnya sekitar Rp15.000 sejam. Yang pasti, yang hobi menyelam bisa menyalurkan kegemarannya itu di sini.
Nah itulah 10 Pantai Terbaik Di Pulau Sumatera yang wajib Anda kunjungi, Semoga artikel ini dapat menjadi referensi liburan Anda yang akan datang untuk menjelajahi keindahan pantai-pantai di Pulau Sumatera.  


Axact

KAOS DAKWAH

KAOS DAKWAH adalah blog membahas tentang cara pembuatan Kaos Dakwah sampai bagaimana cara menjual Kaos Dakwah Online maupun offline, Silakan cari artikel di blog ini..Terima Kasih telah berkunjung di blog sederhana ini.

Post A Comment:

0 comments: