http://gallery-wisata.blogspot.com/2015/05/danau-di-kalimantan-timur-yang-wajib-anda-kunjungi.html
Sumber : wisata.kompasiana.com/Gerbang Pulau Kakaban
Tempat Wisata di Kepulauan Derawan - Pulau Kakaban yang terletak di Kepulauan Derawan, Kabupaten Berau Kalimantan Timur memiliki luas 774 hektar. Pulau Kakaban menjadi pilihan bagi para wisatawan yang menyukai wisata bahari karena Pulau Kakaban memiliki beberapa keunikan, diantaranya sebuah danau yang terdapat di pulau itu. Air danau tersebut merupakan campuran dari air laut dan air hujan. Sehingga danau tersebut memiliki habitat yang berbeda dari danau yang lainnya.
Pada awalnya danau kakaban terbentuk dari air laut yang terperangkap di dataran rendah tersebut, dan air laut itu tidak bisa keluar lagi karena danau kakaban berdinding karang terjal setinggi 50 meter. Secara administrasi danau dengan luas sekitar 5 kilometer termasuk dalam wilayah Kabupaten Berau Kalimantan Timur.  
Pulau Kakaban – Bagi anda yang menyukai wisata bahari, pulau kakaban ini mempunyai populasi dan beberapa ubur-ubur yang paling banyak di dunia, diantaraya 4 (empat) spesies menarik ubur-ubur yang tidak menyengat. Pulau kakaban ini dikelilingi oleh tebing yang tinggi dan daratan batu karang.
Sebagian dari daratan karang di pulau ini masih tertutup oleh air laut yang dangkal, ketinggiannya sekitar 30 cm. Digenangan air tersebut anda bisa melihat segerombolan ikan-ikan kecil yang lucu dan unik berwarna hijau bermain mengelilingi karang. Pemandangan pohon bakau dan pohon-pohon hutan tropis lainnya membuat suasana di danau ini makin nyaman dan segar.
Pulau Kakaban menempati peringkat ketiga di dunia sebagai tempat wisata dengan tujuan menyelam. Tak heran jika pulau ini merupakan pulau impian bagi pecinta wisata bahari yang memiliki hobi menyelam. Selain dapat melakukan aktifitas menyelam, para wisatawan juga dapat melakukan aktifitas lainnya seperti mengamati berbagai jenis ikan hiu, penyu hijau, memancing, berbelanja souvenir serta menikmati wisata kuliner dengan pilihan menu yang lezat tentunya.

http://gallery-wisata.blogspot.com/2015/05/danau-di-kalimantan-timur-yang-wajib-anda-kunjungi.html
Sumber : Telusuriindonesia.com/Biota Bawah Danau

Untuk mengunjungi Pulau Kakaban ini hanya dibutuhkan waktu 45 menit saja dari Kepulauan Derawan. Karena hanya memiliki jalur laut, biasanya para wisatawan menyewa speed boat sebagai transportasinnya.


Jihan Nur Shadrina

Jihan Nur Shadrina

Blog ini di buat, copas dari beberapa sumber website muslim. Sekaligus saya belajar dan membaca dari hasil copas artikel, agar saya bisa mendapatkan ilmu yang bermanfaat untuk diri saya, keluarga dan lingkungan di sekitar, Semoga saya di jadikan WANITA MUSLIMAH yang bermanfaat. Aamiin.

Post A Comment:

0 comments: