Harga emas hari ini ternyata terendah dalam 3 tahun terakhir, tepatnya pada hari Selasa tanggal 25 Juni 2013, peristiwa apa yang terjadi? Artikel investasi emas ini sekedar me-review trend harga emas tahun ke tahun agar saya bisa lebih bijaksana dalam menentukan investasi yang tepat sesuai tujuan kami dan keluarga. Penurunan harga emas ini diperkirakan akibat investor yang mengambil aksi profit taking ditengah kenaikan harga sejumlah komoditas dan pasar uang dunia. Harga emas turun juga dipengaruhi oleh menguatnya data ekonomi Amerika Serikat / USA sehingga membuat kinerja saham di Wall Street naik. Kejadian ini memberikan optimisme terhadap Federal Reserve untuk membeli kembali obligasi.

Menurut berita Kontan, harga emas di pasar spot turun hampir 0,1 persen menjadi 1.275,71 USD/Troy Ounce, atau jika memakai cara menghitung emas dalam rupiah di dapat harga emas Rp 410.196/gram. Harga emas ini merupakan harga emas dunia / internasional, dan menjadi harga emas terendah dalam tiga tahun terakhir. Padahal, berdasarkan data reuters, capaian harga emas terendah tahun 2012 adalah 1,526.70 USD per troy ounce, dan 1,522.00 USD/Troy Ounce tahun 2011. Bagaimana dengan berita harga emas hari ini di Indonesia? Yang tentunya ada selisih atau perbedaan dengan harga emas dunia/internasional.

Penurunan kinerja emas belakangan ini mulanya dipicu oleh Gubernur Feds yang memberhentikan fiscal cliff dan quantitative easing, serta rencana akan membeli obligasi negara karena adanya perbaikan ekonomi di USA. Selain pengaruh kebijakan The Feds tersebut, harga emas dunia dipengaruhi oleh permintaan fisik emas oleh China dan India dalam bentuk ETP serta permintaan emas sebagai cadangan devisa oleh Brazil, Turki, dan Rusia. Spdrgoldshares.com, perusahaan perdagangan emas terbesar dunia, mencatat adanya penurunan stok 16,23 ton, menjadi 969,50 ton pada hari Selasa di bulan Juni 2013 tersebut, atau stok terendah sejak Februari 2009. Sementara itu, Bank sentral India tak bisa lagi memberikan pinjaman kredit emas dan koin emas, menyusul pembatasan pembelian emas untuk mengurangi defisit transaksi berjalan.

Bagaimana dengan trend harga emas di Indonesia? Apakah investasi emas mempunyai return lebih rendah, dibanding investasi saham bluechip? Tentu harus optimis bagi yang menginginkan investasi emas dalam jangka panjang. Dilihat trend harga emas 5 tahun sebelumnya, serta pelajari cara-cara investasi emas yang aman sebagai perlindungan kekayaan. Karena cara menyimpan emas batangan 24 karat 99.99%, produk emas Antam, gampang-gampang susah. Takut komposisi dan warna emas berubah, sehingga mempengaruhi buyback, walaupun emas disimpan di deposit box dalam jangka panjang. Namun, walaupun harga emas fluktuatif, bisa jadi harga emas naik tahun ke tahun.

Artikel ini merupakan opini kami tentang investasi emas, selain pilihan investasi reksadana saham online di bank, yang menjanjikan return besar. Karena bisa saja investasi reksadana saham NAB/NAV-nya stabil / provit dalam jangka panjang. Produk investasi banyak ragamnya, tapi kami harus lebih bijaksana dalam pilihan, sesuaikan dengan kemampuan dan kebutuhan. Di bawah ini adalah analisis trend kenaikan harga emas di Indonesia by vibiznews.com. Parameter yang digunakan yaitu perhitungan persentase harga emas tertinggi dan terendah tahun 2000-2012. Perkiraan harga kenaikan emas tahun 2000-2012 sekitar 15,8 % per tahun. Dengan perkiraan tersebut, apakah investasi emas aman untuk jangka panjang? Apakah investasi emas mampu mengatasi laju inflasi sebagai perlindungan kekayaan?.

harga emas-gold chard
Axact

Axact

Vestibulum bibendum felis sit amet dolor auctor molestie. In dignissim eget nibh id dapibus. Fusce et suscipit orci. Aliquam sit amet urna lorem. Duis eu imperdiet nunc, non imperdiet libero.

Post A Comment:

0 comments: