Setelah memahami 5 trik penting nge-blog pada blogspot, sekarang sharing tips blogging yang sering diabaikan para blogger.

logo blogger
Bersumber dari artikel SEO yang gue pelajari, berikut ini adalah rangkuman 5 tips blog yang sering diabaikan yaitu:

1. Tidak menggunakan multimedia.

Multimedia hampir suatu keharusan untuk update blog, namun tetap harus harus memperhatikan teknik-teknik SEO friendly. Penggunaan teks-teks unik, menambah video, foto, gambar-gambar, audio atau media lain setidaknya akan membuat posting yang sudah ditulis dengan baik menjadi lebih hidup, komunikatif, dan informatif.

Contohnya meng-upload video kamu ke you tube lalu menambahkan url video di halaman posting. Cara ini dapat mengarahkan kembali lalu lintas ke blog kamu. Bukan tidak mungkin blog akan mendapat backlink dari wesbsite pagerank tinggi seperti you tube, pinterest, flickr, dan picasa.

2. Artikel terlalu panjang atau sangat ringkas, tidak ada hubungan antar paragraf.

Jadikan ringkas saja dalam menulis setiap posting tapi tidak terlalu ringkas. Boleh panjang asal tidak bertele-tele dengan optimasi keyword tidak natural. Posting dianggap berkualitas jika artikel mempunyai jumlah huruf 300-400 karakter.

Cara membuat atau menulis posting jangan terlalu banyak memecah teks dengan potongan (<br />) dan pastikan setiap selesai 1 kalimat diakhiri dengan tanda titik. Hal ini bertujuan agar tidak membingungkan mata pembaca. Sebisa mungkin HTML dan CSS template dibuat lebih ringkas dan mengurangi penggunaan frame. Cara ini agar blog cepat diindeks Google, Bing, dan Yahoo!

3. Tidak memilih niche yang tepat.

Adakalanya tujuan blogging untuk having fun (personal blog) dan sekarang ingin membuat blog seo profesional. Baik untuk tujuan menawarkan produk maupun karena ingin menjaring iklan atau mendapat iklan dari Google AdSense.

Terkait hal ini kamu harus menunjukkan kepribadian yang baik, positif thinking, serta bersungguh-sungguh dalam membuat posting original hasil pemikiran sendiri. Jika artikel kamu unik, beda dari blog orang lain, dan mempunyai niche yang spesifik, bukan tidak mungkin adsense akan masuk. Memilih niche juga harus didukung kemampuan menguasai bidang atau niche tersebut.

Contoh specific niche: komputer dan internet, fashion dan beauty, berita celebrity dan gosip terbaru, tempat wisata dan travelling, seo dan bisnis online. Jadi, jangan contoh weblog gue ini ya karena tidak mempunyai niche yang spesifik, hehehe #kabuurrr.

Membuat blog profesional, kepribadian kamu juga bakal diuji, misalnya orang lain yang meninggalkan komentar kasar dan tak berdasar, jadi harus tetap positif thinking. Tetapi banyak juga orang dengan komentar yang konstruktif untuk menawarkan sesuatu, sehingga kamu harus selektif dalam menanggapinya.

4. Content tidak asli.

Seiring dengan banyak alat blogging gratis, para Blogger terus berkembang jumlahnya. Copy paste content menjadi hal yang biasa. Tapi Google lebih menyukai blog dengan konsep asli untuk diindeks bahkan memberi backlink dan menempatkan blog copy paste diurutan kesekian dalam daftar hasil pencariannya.

Jika ingin menjaring banyak adsense masuk, original content termasuk verifikasi kepemilikan blog, mencantumkan sumber referensi jika posting ditulis dengan menyadur atau mengambil hasil karya orang lain, dan menambahkan foto atau video sesuai dengan schema.org serta tidak mengunduhnya secara ilegal.

5. Tidak konsisten.

Pengguna internet dan search engine Google menyukai blog yang menganut paham konsistensi. Jika kamu memposting tiga kali seminggu, atau setiap minggu, ini dianggap minimal untuk menarik dan mempertahankan pembaca. Apalagi mereka men-subcribe feed dan/ mem-bookmark blog kamu di alat browsing and they follow you.

Jika penulis tidak konsisten mem-posting, mereka akan kecewa, nofollow-lah, tidak lagi mengikuti blog kamu. Posting sekali sehari adalah yang paling bagus. Artikel yang kamu buat adalah halaman baru yang akan langsung diindeks oleh Google dalam beberapa menit, berarti kamu telah update.

Yup, Google menyukai konsistensi dan update blog, bukan tidak mungkin blog akan mendapat backlink dari Google pada setiap posting yang diterbitkan, terutama jika ada salah satu artikel berbahasa Inggris. Sucksess!
Axact

KAOS DAKWAH

KAOS DAKWAH adalah blog membahas tentang cara pembuatan Kaos Dakwah sampai bagaimana cara menjual Kaos Dakwah Online maupun offline, Silakan cari artikel di blog ini..Terima Kasih telah berkunjung di blog sederhana ini.

Post A Comment:

0 comments: