Peringatan warning missing required field author bukanlah masalah tapi jika kita memperbaiki maka blog akan lebih terstruktur sesuai aturan SEO Google.

seo moz
Sewaktu pake alat uji coba data terstruktur di webmaster Google, blog gue ada peringatan missing required field "updated" dan mungkin kamu juga pernah mengalami warning missing required field "author", yup! Hal ini biasa terjadi, tergantung pilihan kamu menggunakan template bawaan Platform Blogger.

Google sendiri tidak mempermasalahkan hal ini dan tidak mempengaruhi peringkat blog. Karena faktor penting untuk mendapat PR adalah tingginya pengguna yang mengunjungi blog kamu (traffic).

Tapi kesalahan ini akan lebih baik jika diperbaiki. Tujuannya agar blog lebih terstruktur di mata richsnippet tool. Ada aturan implisit, jika blog sudah memenuhi standar struktur schema maka blog akan lebih diperhitungkan oleh media partner Google jika mendaftar untuk mendapatkan iklan dari Google AdSense.

Setelah belajar dari artikel para master, tips mengatasi warning missing required field "author" adalah sebagai berikut:
  1. Masuk ke Blogger dashboard, buka daftar entri, pilih template, klik edit HTML.
  2. Untuk template bawaan Blogger cari kode <b:if cond='data:post.hasJumpLink'> dengan menggunakan Ctrl+F.
  3. Copy paste kode <div class='vcard' id='hcard- your name'> <span class='fn n'> <span class='given-name'>Posted by: your name</span> </span> </div> <a class='updated' href='your url address blog' rel='bookmark'> your blog title, </a> Updated at: <abbr class='published' expr:title='data:post.timestampISO8601'><data:post.timestamp/></abbr> dan letakkan di bawah kode <b:if cond='data:post.hasJumpLink'> tadi yup!
  4. Ganti tulisan yang berwarna merah, sesuaikan lalu save/simpan.
  5. Kembali masuk ke dashboard, pilih tata letak, klik edit Blog Posts
  6. Pada edit Blog Posts yang di dalamnya terdapat Konfigurasi Posting Blog, jangan centang bagian seperti pada tanda lingkaran merah di bawah ini:
warning missing required field author blog
Setelah selesai, jangan lupa save/simpan perubahan-nya.

Demikian cara menghilangkan peringatan missing required field "author", semoga membantu. Jika ada yang kurang pada artikel blog ini tolong ditambahin yup!
Axact

Axact

Vestibulum bibendum felis sit amet dolor auctor molestie. In dignissim eget nibh id dapibus. Fusce et suscipit orci. Aliquam sit amet urna lorem. Duis eu imperdiet nunc, non imperdiet libero.

Post A Comment:

0 comments: