Menelusuri Wisata Alam Batu Mentas Di Belitung  


Batu Mentas Belitung

AdeevaTravel -Belitung adalah sebuah pulau di lepas pantai timur Sumatra, Indonesia, diapit oleh Selat Gaspar dan Selat Karimata. Pulau ini terkenal dengan lada putih (Piper sp.) yang dalam bahasa setempat disebut sahang, dan bahan tambang tipe galian-C seperti timah putih (Stannuum), pasir kuarsa, tanah liat putih (kaolin), dan granit. 


Dewasa ini Belitung menjadi tujuan wisata alam alternatif. Pada Maret 2012 lalu telah dilakukan Soft Launching oleh KPLB. (Kelompok Peduli Lingkungan Belitung) bersama GEF (Global Environment Program) untuk “Sanctuary Tarsius dan Wisata Alam Batu Mentas.

Batu Mentas adalah sebuah kawasan hutan lindung yang terletak di Dusun Kelekak Datuk, Kecamatan Badau atau sekitar 30 Km dari pusat kota Tanjungpandan. Batu Mentas yang berada di kaki Gunung Tajam ini memiliki potensi yang sangat luar biasa sebagai sebuah Destinasti Wisata terpadu. Keindahan alamnya berupa sungai yang sangat jernih yang berasal dari wilayah Gunung Tajam maupun hutannya yang masih sangat lebat dan alami, Keunikan flora dan fauna, Kehidupan masyarakat lokal dengan sentra kebun nanas dan ladanya ditambah dengan keunikan seni budaya tradisioanalnya serta keahlian masyarakat membuat kerajinan anyaman dari rotan menjadikan Batu Mentas tempat yang sangat cocok buat Anda berlibur bersama dengan teman dan  keluarga.

Pelilean

Selain dijadikan sebagai tempat rekreasi, Batu Mentas juga dijadikan sebagai tempat pusat konservasi. "Tarsius Bancanus Saltator" adalah sejenis hewan primata yang hanya ada di Pulau Belitung. Masyarakat setempat menamakannya Pelilean. Untuk dapat melihat primata ini, Anda dapat menyaksikannya di penangkaran yang memang sudah disiapkan oleh pihak pengelola. Selain itu Anda juga dapat menyaksikan berbagai flora dan fauna yang sudah terancam punah dan langka seperti Pelanduk, Burung Siaw, Tupai Kelaras, serta tanaman hutan seperti Nibong Palay, Simpor Laki, Pelawan, Rukam, Sisilan, dll.

Outbound Batu Mentas

Kegiatan wisata dapat Anda lakukan dari tempat ini, Anda juga dapat menyelusuri sungai dengan menggunakan kano sambil menyaksikan pemandangan alam pegunungan yang menyegarkan mata dan pikiran Anda. Selain itu Anda juga bisa melakukan aktivitas lainnya seperti haiking, flyingfog suatu jenis olahraga yang penuh dengan tantangan yang wajib Anda coba atau Penangkaran Tarsius Bancanus Saltator, Pemandian alam yang natural, wisata Tubing, Jungle Treking, Restoran dengan konsep makan “bedulang” dan Penginapan Safari Tend dan Tree House.

Indo Safari Tent

Di tempat ini Anda juga bisa bermalam sambil menyaksikan suasana malam yang hening. Pihak pengelola telah menyiapkan tempat penginapan berupa "Indosafaritent" dan beberapa rumah pohon yang presentatif.
Jihan Nur Shadrina

Jihan Nur Shadrina

Blog ini di buat, copas dari beberapa sumber website muslim. Sekaligus saya belajar dan membaca dari hasil copas artikel, agar saya bisa mendapatkan ilmu yang bermanfaat untuk diri saya, keluarga dan lingkungan di sekitar, Semoga saya di jadikan WANITA MUSLIMAH yang bermanfaat. Aamiin.

Post A Comment:

0 comments: