NTB Siap Menyambut Festival Pesona Tambora 2016 


Festival Pesona Tambora

AdeevaTravel-Penyelenggaraan Festival Pesona Tambora 2016 segera di mulai. Penyelenggaraan event tahunan ini akan berlangsung dari tanggal 11-16 April 2016 mendatang di Nusa Tenggara Barat (NTB). 

Festival Pesona Tambora 2016 ini diselenggarakan dengan tujuan mengangkat potensi pesona alam dan budaya di NTB sekaligus menjadi momentum untuk memperingati peristiwa meletusnya Gunung Tambora di Kabupaten Dompu dan Kabupaten Bima yang sangat menghebohkan dunia pada 200 tahun yang lalu.

Atas nama Pemerintah, Menteri Pariwisata (Menpar) Bapak Arief Yahya, menyambut baik diselenggarakannya FPT 2016 ini dengan momentum peringatan Dahsyatnya Letusan Gunung Tambora yang sempat menjadi perhatian masyarakat dunia. 

Gunung Tambora, NTB

Seperti diketahui bahwa Gunung Tambora dan juga Gunung Rinjani di NTB merupakan bagian dari Wonderful Indonesia dan Pesona Indonesia. Dengan diselenggarakan Festival Pesona Tambora 2016 ini diharapkan akan meningkatkan kunjungan Wisatawan Mancanegara ke Indonesia serta Wisatawan Lokal yang tahun ini di targetkan sebanyak 12 juta wisman dan 260 juta perjalanan wisatawan lokal.

Pariwisata di Nusa Tanggara Barat (NTB) kini semakin dikenal orang di mancanegara hal ini berkat terpilihnya Lombok sebagai The World's Best Halal dan The World's Best Halal Honeymoon Destination pada ajang World Halal Travel Awards 2015 di Dubai, Uni Emirat Arab.


Dengan prestasi ini sudah sepantaslah jika NTB mengedapkan tema Halal dan Friendly tourism sebagai Destination Branding untuk mendukung Country Branding Wonderful Indonesia yang kini telah mendunia. Keberadaan Wonderful Indonesia sendiri kini berada pada rangking 47 dunia serta  masuk 4 besar Asia di bawah Jepang, India dan Singapura.

Wisata NTB


Destinasi NTB merupakan salah satu unggulan yang ditempatkan dalam Great Bali. Sekitar 40% wisman yang berkunjung ke Indonesia melalui Bali melanjutkan perjalannya ke NTB serta destinasi lainnya di wilayah timur Indonesia atau Bali Beyond. 

Seperti diketahui bahwa pada bulan Maret hingga 2015 lalu, NTB juga telah menyelenggarakan event "Tambora Menyapa Dunia" untuk memperingati 200 tahun meletusnya Gunung Tambora. Event yang baru pertama kali diselenggarakan ini dimeriahkan dengan acara gelar seni budaya, wisata minat khususdan sport adventure, seminar serta bhakti sosial.

Untuk kelanjutannya maka tahun ini, Pemerintah Daerah Nusa Tenggara Timur (NTB) menggelar event tahunan "Festival Pesona Tambora" dalam rangka mempromosikan potensi pariwisata di NTB sekaligus mendukung Branding Wonderful Indonesia dan Pesona Indonesia.

Untuk mensukseskan event "Festifal Pesona Tambora" akan di isi dengan tiga kegiatan utama yaitu, pra-event, main event dan post event.

Untuk kegiatan pra-event akan di isi dengan launching, seminar (wisata bahari, Rinjani menuju geopark dunia, dan Lombok wisata halal dunia), peziarahan Tambora (pameran Tambora dan perjalanan wartawan), Gili tapan (upacara lau, perunjukan musik gambus lautan dan layaran film), perkebunan kopi Tambora (gelaran budaya, kompetisi kopi kreatif, dan cargo cult festival). 

Sementara itu untuk kegiatan main event antara lain digelar ; Tambora running (ultracrun 320 k & 100 k, Tambra Ultra 50k & 25k) Tamboran  bike camp, Tambora Festival, Pulau  Satonda (Tambora  leterary and film festival, dan pameran seni rupa dan instalasi art-arche di Galeri Seni Satonda) dan ritus budaya Tamboraman, sedangkan kegaitan untuk post-event antara lain klik fotografi trip.

Seperti diketahui bahwa di Nusa Tenggara Barat (NTB) banyak menyimpan Destinasi Wisata yang sangat mempesona dan menakjubkan di antaranya:

Wisata Pulau Lombok : 


Wisata Pulau Lombok

Di Pulau Lombok Anda dapat menikmati keindahan Wisata Pantai, Selancar, Wisata Alam Gunung Berapi, Snoorkeling dan Honeymoon.

Wisata Kepulauan Gili : 


Wisata Kepulauan Gili

Nikmati keindahan Kepulauan Gili dengan Snoorkeling, Wisata Pantai, Selam Scuba dan Selancar

Wisata Gili Trawangan :


Wisata Gili Trawangan

Di Gili Trawangan, NTB, Anda dapat menikmati keindahan Wisata Pantai, Snoorkeling, Adventure dan Selam Scuba.

Wisata Kabupaten Lombok Timur : 


Wisata Kabupaten Lombok Timur

Rasakan sensasi Air Terjun Wisata Pantai serta Wisata Budaya di Kabupaten Lombok Timur, NTB.

Wisata Pulau Sumbawa : 


Wisata Pulau Sumbawa

Rasakan keindahan Wisata Pantai, Selancar hingga Pertualangan Alam di Pulau Sumbawa, NTB.

Wisata Kabupaten Lombok Barat : 


Wisata Kabupaten Lombok Barat

Nikmati keindahan Wisata Pantai di Lombok Barat

Wisata Pulau Moyo : 


Wisata Pulau Moyo

Nikmati sensasi Honeyman Anda bersama pasangan di Pulau Moyo sambil menikmati Selam Scuba, Wisata Pantai dan Snoorkeling

Wisata Kabupaten Lombok Tengah :


Wisata Kabupaten Lombok Tengah

Wisata Pantai dan Wisata Budaya

Wisata Kabupaten Dompu : 


Wisata Kabupaten Dompu

Nikmati keindahan Pantai Nisa Pu'du di Kabupaten Dompu, NTB

Wisata Kabupaten Bima : 


Wisata Kabupaten Bima

Di Kabupaten Bima Anda dapat menikmati Wisata Sejarah, Wisata Alam, Wisata Pantai hingga Komodo sambil menyaksikan Wisata Budaya Balapan Jaro Poro.

Wisata Tanjung Aan:


Wisata Tanjung A'an

Nikmati keindahan Wisata Pantai, Selancar dan Honeymoon di Tanjung Aan, NTB.

Wisata Sumbawa Besar : 


Wisata Sumbawa Besar

Nikmati Keindahan Wisata Pantai, Snoorkeling, Istana Tua Dalam Loka, Rumah Istana Raja Sumbawa.

Wisata Taman Nasional Gunung Rinjani : 


Wisata Taman Nasional Gunung Rinjani

Nikmari pertualang seru dengan Ekowisata Gunung Berapi di Taman Nasional Gunung Rinjani.

Wisata Kabupaten Sumbawa Barat : 


Wisata Kabupaten Sumbawa Barat

Nikmati Keindahan bagai di surga dengan Wisata Pantai dan Selancar di Kabupaten Sumabwa Barat, NTB.
 

sumber:kemenpar.go.id     
Axact

Axact

Vestibulum bibendum felis sit amet dolor auctor molestie. In dignissim eget nibh id dapibus. Fusce et suscipit orci. Aliquam sit amet urna lorem. Duis eu imperdiet nunc, non imperdiet libero.

Post A Comment:

0 comments: