Menikmati 10 Pesona Wisata Yogyakarta  


AdeevaTravel - Pariwisata merupakan sektor utama bagi Daerah Istimewa Yogyakarta yang telah banyak menyerap kunjungan wisatawan baik lokal maupun mancanegara. Di kota Yogyakarta Anda dapat menikmati berbagai macam jenis wisata seperti Wisata Alam, Wisata Pantai, Wisata Budaya, Wisata Sejarah, Wisata Belanja dan Kuliner dan berbagai jenis fasilitas wisata lainnya seperti resort, hotel atau restaurant.


Di kota ini Anda dapat menikmati Wisata Budaya di Keraton Yogyakarta atau mengunjungi keindahan Candi Prambanan yang merupakan salah satu candi Hindu terbesar di dunia atau bermain surfing di Pantai Samas yang berombak besar karena langsung terhubung dengan Samudera Hindia.

Berikut 10 Pesona Pariwisata Yogyakarta yang perlu Anda nikmati jika Anda ingin atau mempunyai rencana berlibur ke kota Yogyakarta.

1. Keraton Yogyakarta


Keraton Yogyakarta

Keraton Yoyakarta merupakan istana resmi Kesultanan Ngayoyakarta Hadiningrat yang berlokasi di Daerah Istimewa Yogyakarta, Indonesia. Keraton ini merupakan salah satu obyek wisata di kota Yogyakarta. Di tempat ini terdapat museum yang banyak menyimpan berbagai koleksi milik kesultanan termasuk berbagai pemberian dari raja-raja Eropa, replika pusaka keraton dan gamelan. 

Dari segi bangunan, Istana ini memiliki arsitektur istana jawa terbaik, memiliki balairung-balairung mewah serta lapangan dan pavilium yang luas. Istana yang didirikan pada tahun 1755 ini tetap terawat dengan baik hingga sekarang.     

2. Kota Gede


Kota Gede

Kota Gede adalah salah satu kecamatan yang berada di Kota Yogyakarta yang memiliki suasana tradisional yang masih sangat terasa. Di Kota Gede anda dapat melakukan Wisata Religi ke makam raja-raja Mataram yang bernama Komplek Pasarean Mataram yang salah satunya terdapat Makam Panembahan Senopati. 

Selain banyak terdapat makam-makam Raja Mataram, Kota Gede juga terkenal dengan kerajinan perak yang terletak di sepanjang jalan Kemasan hingga pertigaan-eks Bioskop Istana.

3. Jalan Malioboro


Jalan Malioboro

Jalan Malioboro adalah salah satu dari tiga nama jalan di Kota Yogyakarta yang membentang dari Tugu Yogyakarta hingga ke perempatan Kantor Pos Yogyakarta. Secara keseluruhan ketiga nama jalan tersebut adalah Jalan Margo Utomo, Jalan Malioboro dan Jalan Margo Mulyo. Ketiga jalan ini merupakan poros Garis Imajiner Keraton Yogyakarta.

Di jalan Malioboro Anda dapat berwisata Sejarah dengan mengunjungi Tugu Yogyakarta, Stasiun Tugu, Gedung Agung, Pasar Beringharjo, Benteng Vredeburg dan Monumen Serangan Oemoem 1 Maret.

Jalan ini menjadi terkenal dengan banyaknya pedagang kaki lima yang menjajakan kerajinan khas kota Yogyakarta serta warung-warung lesehan di malam hari yang menjual makanan khas kota Jogya yaitu Gudeg. Jalan ini juga merupakan tempat berkumpulnya seniman-seniman Yogyakarta yang sering mengekspresikan karya mereka seperti bermain musik, melukis, hapening art atau pantomim.     
 

4. Kaliurang


Kaliurang

Kaliurang adalah sebuah tempat objek wisata yang terletak di Kabupaten Sleman, Yogyakarta. Kaliurang terletak pada daerah dataran tinggi sehingga banyak terdapat resort atau penginapan karena udaranya yang sangat sejuk. Tempat ini juga banyak digunakan oleh Wisataman lokal dan mancanegara untuk bermalam sambil menikmati pemandangan Gunung Merapi dari kejauhan.

Di Kaliurang juga terdapat sebuah bangunan bersejarah yang dinamakan Wisma Kaliurang. Di sini pernah diadakan perundingan khusus antara Republik Indonesia dengan Komisi Tiga Negara pada 13 Januari 1948. 

5. Candi Prambanan


Candi Prambanan

Candi Prambanan adalah sebuah komplek candi agama Hindu terbesar di Indonesia yang dibangun pada abad ke-9 masehi. Komplek candi ini terletak di Kecamatan Prambanan, Sleman dan Kecamatan Prambanan, Klaten. Candi ini merupakan Situs Warisan Budaya UNESCO dan sekaligus sebagai salah satu candi terindah di dunia. 

Arsitektur bangunan ini berbentuk tinggi dan ramping sesuai dengan arsitektur Hindu pada umumnya dengan candi Siwa sebagai candi utama memiliki ketinggian mencapai 47 meter menjulang di tengah kompleks gugusan candi-candi yang lebih kecil. Sebagai salah satu candi termegah di Asia Tenggara, candi Prambanan menjadi daya tarik kunjungan wisatawan dari seluruh dunia  

6. Pantai Parangteritis


Pantai Parangteritis

Parangteritis merupakan salah satu pantai terbaik untuk menyaksikan keindahan Sunset sambil Happy Fun menaklukan gundukan pasir dengan ATV (All -Terrain Vehile) ataupun menyusuri pantai dengan bendi dalam senja yang romantis.

Pantai yang terletak sekitar 27 km dari pusat kota Yogyakarta ini memiliki Tebing Gembirawati dimana Anda dapat menyaksikan keseluruhan area pantai hingga ke atas cakrawala untuk menikmati keindahan Sunset.  

7. Gua Selarong


Gua Selarong

Gua Selarong adalah gua bermuatan sejarah yang berlokasi di Dukuh Kembangputihan, Kecamatan Pajangan, Kabupaten Bantul, Provinsi DI Yogyakarta. Gua yang terbentuk di perbukitan batu cadas ini digunakan sebagai markas gerilya Pangeran Diponegoro dalam Perang Jawa (1825-1830) melawan tentara Hindia Belanda. Pangeran Diponegoro pindah ke gua ini setelah rumahnya di Tegalrejo diserang dan dibakar habis oleh Belanda.

Gua Selarong sekarang merupakan objek wisata dengan dilengkapi area bumi perkemahan. Objek ini berlokasi sekitar 14 km arah selatan Kota Yogyakarta, di puncak bukit yang ditumbuhi banyak pohon. Di sekitar Gua Selarong juga sedang dikaji pengembangan objek agrowisata dengan klengkeng sebagai daya tarik utama.
 

8. Pantai Samas


Pantai Samas

Pantai Samas adalah sebuah objek wisata pantai yang terletak di Desa Srigading, Sanden, Kabupaten Bantul, Yogyakarta. Di pantai ini Anda dapat menikmati bermain surfing karena selain ombaknya yang cukup besar, angin laut dipantai ini juga cukup kencang, disekitar pantai juga banyak terdapat delta-delta sungai serta danau air tawar yang membentuk telaga yang oleh Sub Dinas Perikanan Provinsi Yogyakarta digunakan untuk pengembangan perikanan, konservasi penyu dan udang serta sebagai tempat pemancingan yang sangat mengasyikan buat para wisatawan.

Di Pantai Samas Anda juga dapat menikmati Wisata Budaya karena dipantai ini sering diselenggarakan ritual keagamaan seperti Upacara Kirab Tumuruning Maheso Suro dan Labuhan Sedekah Laut.  

9. Pantai Gua Cemara


Pantai Gua Cemara

Pantai Gua Cemara adalah sebuah objek wisata pantai yang terletak di Desa Gadingsari, Kecamatan Sanden, Kabupaten Bantul, Yogyakarta. Pantai yang di dominasi oleh Pohon Cemara Udang seluas 500 meter persegi menjadikan Pantai Gua Cemara sebagai tempat liburan yang nyamandan sangat cocok untuk liburan keluarga.

Keindahan alam yang sangat mempesona di pantai ini juga sering dijadikan tempat berfoto yang sangat menarik serta banyak digunakan terutama oleh para remaja untuk melakukan kegiatan outbond dan games. 

Seperti halnya di Pantai Samas, Di Pantai Gua Cemara juga sering diadakan upacara ritual keagamaan yang biasanya diadakan pada tanggal 1 suro setiap tahunnya.

10. Pasar Beringharjo 


Pantai Beringharjo

Tak lengkap rasanya jika kita berlibur di Yogyakarta jika tidak singgah di Pasar Beringharjo. Pasar tertua dengan nilai historis dan filosofis yang tidak dapat dipisahkan oleh Keraton Yogyakarta karena telah melesati tiga fase, Yaitu masa kerajaan, masa penjajahan dan masa setelah kemerdekaan. Pasar yang terletak di Jalan Jenderal Ahmad Yani No. 16 Yogyakarta banyak menyajikan makanan dan pakaian khas Yogyakarta seperti batik, jajanan pasar, uang kuno, pakaian makanan cepat saji, jamu tradisional, sembako hingga barabng antik.

Nah itulah 10 Pesona Wisata Yogyakarta yang dapat Anda nikmati dan telusuri jika Anda sedang atau berniat berlibur ke kota Yogyakarta

 
Axact

Axact

Vestibulum bibendum felis sit amet dolor auctor molestie. In dignissim eget nibh id dapibus. Fusce et suscipit orci. Aliquam sit amet urna lorem. Duis eu imperdiet nunc, non imperdiet libero.

Post A Comment:

0 comments: