7 Tempat Wisata Paling Populer Di Jakarta 


7 Tempat Wisata Paling Populer Di Jakarta

AdeevaTravel-Walaupun Jakarta sebagai kota yang padat dan sibuk tetapi masih ada beberapa tempat wisata yang dapat Anda kunjungi untuk sekedar reflesing atau mengisi liburan dari kejenuhan dan kepenatan bekerja sehari-hari. 

Atau bagi Anda yang baru datang dari luar daerah atau mancanegara yang masih bingung dan bertanya-tanya dimana saja tempat Wisata Paling Populer di Jakarta, Di bawah ini kami sajikan 7 Tempat Wisata Paling Populer Di Jakarta sebagai bahan referensi Anda jika ingin berwisata ke kota Jakarta. 

1. Monumen Nasional (MONAS)


Monumen Nasional, Monas

Monumen Nasional atau yang populer disebut dengan Monas atau Tugu Monas adalah sebuah monumen setinggi 132 meter (433 kaki) yang dibuka untuk umum pada tanggal 12 Juli 1975. Tugu ini didirikan atas perintah Presiden Soekarna untuk mengenang perlawanan dan perjuangan rakyat Indonesia dalam merebut kemerdekaan dari kolonial pemerintahan Hindia Belanda. 

Tugu yang di arsiteki oleh Frederich Silaban dan RM. Soedarsono ini dimahkotai lidah api dengan lapisan emas terletak di Jalan Medan Merdeka, Jakarta Pusat. Anda dapat berkunjung ke tempat ini setiap hari karena Monumen Nasional ini selalu buka dari jam 08.00 - 15.00 wib setiap harinya. 

Di bagian dasar monumen pada kedalaman 3 meter di bawah permukaan tanah, terdapat Museum Sejarah Nasional Indonesia. Ruang besar museum sejarah perjuangan nasional dengan ukuran luas 80 x 80 meter, dapat menampung pengunjung sekitar 500 orang. Ruangan besar berlapis marmer ini terdapat 48 diorama pada keempat sisinya dan 3 diorama di tengah, sehingga menjadi total 51 diorama. Diorama ini menampilkan sejarah Indonesia sejak masa pra sejarah hingga masa Orde Baru. Diorama ini dimula dari sudut timur laut bergerak searah jarum jam menelusuri perjalanan sejarah Indonesia; mulai masa pra sejarah, masa kemaharajaan kuno seperti Sriwijaya dan Majapahit, disusul masa penjajahan bangsa Eropa yang disusul perlawanan para pahlawan nasional pra kemerdekaan melawan VOC dan pemerintah Hindia Belanda. Diorama berlangsung terus hingga masa pergerakan nasional Indonesia awal abad ke-20, pendudukan Jepang, perang kemerdekaan dan masa revolusi, hingga masa Orde Baru pada masa pemerintahan Suharto.

Monas

Sebuah elevator (lift) di dalam Tugu Monas juga dapat mengantarkan Anda ke puncak monas berukuran 11 x 11 meter pada ketinggian 115 meter dari permukaan tanah. Dari puncak monas ini Anda dapat menikmati pemandangan Kota Jakarta. 

2. Taman Mini Indonesia Indah (TMII)


Taman Mini Indonesia Indah

Taman Mini Indonesia Indah (TMII) merupakan suatu kawasan Taman Wisata bertema Budaya Indonesia yang terletak di Jakarta Timur. Taman seluas 150 ha atau 1,5 kilometer persegi. 

Taman ini merupakan rangkuman dari kebudayaan bangsa Indonesia dari Sabang sampai Merauke yang terdiri dari anjungan daerah berarsitektur tradisional, rumah adat, busana, tarian dan tradisi daerah. 

Di tempat ini juga terdapat sebuah danau yang menggambarkan miniatur kepulauan Indonesia, kereta gantung, berbagai macam museum, Teater IMAX Keong Emas  dan Teater Tanah Airku serta Istana Anak-anak.

Anda dapat berkunjung ke Taman Mini Indonesia Indah ini setiap hari dengan harga tiket Rp. 10.000,-.  

3. Kebun Binatang Ragunan


Kebun Binatang Ragunan

Kebun Binatang Ragunan adalah tempat wisata paling favorit di Jakarta. Terletak di sisi selatan dari Ibukota Jakarta yang berudara sejuk, Ragunan sangat cocok untuk menghabiskan waktu liburan Anda bersama keluarga. 

Kebun Binatang Ragunan seluas 140 ha yang didirikan pada tahun 1864 ini terletak di daerah Ragunan, Pasar Minggu, Jakarta Selatan, Indonesia. Di Kebun Binatang ini dihuni oleh binatang dari 295 spesies dan 4040 spesimen. 

Lokasi Kebun Binatang Ragunan sangat mudah untuk di akses terutama menggunakan transpormasi umum Trans Jakarta, Sepeda Motor maupun mobil pribadi. Selain itu tarif yang hanya Rp. 4.000/dewasa dan Rp.3.000/anak-anak menjadikan tempat ini menjadi Tempat Wisata Paling Favorit Di Jakarta.



4. Kota Tua, Jakarta


Kota Tua, Jakarta

Kota Tua di Jakarta atau yang dikenal dengan sebutan Batavia Lama (Oud Batavia) adalah sebuah wilayah kecil di wilayah yang berbatasan antara Jakarta Barat dengan Jakarta Utara, Indonesia.

Tempat ini pernah dijuluki sebagai "Permata Asia" dan "Ratu Dari Timur" pada abad ke-16 oleh para pelayar dari Eropa karena tempat ini dianggap sebagai pusat perdagangan di Asia dengan tempat yang strategis serta sumber daya yang melimpah.

Sebagai pemukiman penting dan pusat perdagangan di Asia sejak abad 16, Kota Tua menjadikan rumah bagi beberapa situs dan bangunan bersejarah di Jakarta seperti Menikmati keindahan pelabuhan kuno Sunda Kelapa, Jalan-jalan di Museum Fatahillah, Menyelusuri Museum Bank Indonesia, Menyaksikan Toko Merah dengan aneka suasan perabotan zaman kolonial yang masih tetap terjaga atau Berwisata Malam dikota tua dengan aneka macam hiburan.


Nah bagi Anda warga Jakarta atau para wisatawan daerah atau mancanegara yang datang berkunjung ke ibukota Jakarta, Kota Tua adalah tempat Wisata Sejarah yang wajib Anda kunjungi.

5. Taman Impian Jaya Ancol


Pantai Ancol

Taman Impian Jaya Ancol merupakan Taman Wisata Pantai yang terletak di Jakarta Utara, Indonesia. Sejak berdiri pertama kali pada tahun 1966, Taman Impin Jaya Ancol oleh pemerintah DKI Jakarta diperuntukan buat Wisata Terpadu.  Dikelola oleh anak perusahaan PT Taman Impian Jaya Ancol (“TIJA”) yang meliputi pengelolaan kawasan pariwisata (rekreasi dan resor) dan kegiatan usaha penunjang: entertainment, konvensi dan wisata belanja. PJAA mengelola “area pariwisata terintegrasi” seluas 552 Ha, lokasi dekat pantai, terbaik di Jakarta dengan kemudahan akses melalui jalan tol, busway dan kereta api.

Objek Wisata Di Taman Impian Jaya Ancol
Taman dan pantai merupakan wahana hiburan yang menawarkan kesegaran suasana pantai bagi semua kalangan dan usia. Pantai dan Taman memiliki 5 pantai (Pantai Festival, Indah, Elok, Ria dan Carnival Beach Club) dan Danau Impian, sepanjang kurang lebih 5 km, dengan promenade sepanjang 4 km.

Atlantis Water Adventure ( Atlantis )

Atlantis Water Adventure

Atlantis Water Adventure (AWA) merupakan theme park kedua yang dikembangkan oleh Ancol dan berdiri diatas lahan seluas 5 hektare. AWA merupakan hasil revitalisasi Taman Rekreasi Air Gelanggang Renang Ancol yang akan memberi pengunjung petualangan wisata air dengan 8 kolam utama, yaitu : Poseidon, Antila, Plaza Atlas, Aquarius, Octopus, Atlantean, dan Kiddy Pool.

Gelanggang Samudra

Gelanggang Samudra

Gelanggang Samudra Ancol ("Samudra") merupakan theme park ketiga yang dikembangkan oleh Ancol. Samudra merupakan edutainment theme park bernuansa konservasi alam yang memberikan pengalaman kepada pengunjung untuk mengenal lebih dekat dan menyayangi aneka satwa, antara lain lumba-lumba, paus putih, anjing laut, dan sinema 4D. Di Sinema 4D atau pertunjukan 4 dimensi, Anda harus mengantri untuk masuk ke dalam bangunan teater ini. Di dalam, petugas akan membagikan kacamata 3 dimensi. Setelah menunggu beberapa lama di depan pintu, penonton akan masuk ke dalam teater. Film yang disajikan berdurasi kurang lebih 15 menit. Dengan memakai kacamata 3 dimensi, Anda akan merasakan gambar ada di depan Anda dan seolah dapat disentuh, ditambah dengan kursi yang dapat bergoyang-goyang dan semburan air atau angin pada adegan tertentu sehingga Anda dapat mesakana suasana sesungguhnya. Ada 5 pilihan jadwal pada hari Senin sampai Sabtu dan 2 kali ekstra pertunjukan pada hari Minggu dan hari Libur. Tapi, Anda hanya dapat menontonnya satu kali karena untuk masuk ke dalam wahana ini harus menggunakan tiket yang terdapat pada tiket masuk.

Sea World



Sea World, Jakarta

Sea World adalah underwater aquarium pertama dan satu-satunya di Indonesia, dengan area seluas 2 Ha (dikelola dengan format BOT).


Putri Duyung Cottages


Penginapan tepi pantai bergaya unik berbentuk cottages dengan 133 kamar ini memiliki berbagai fasilitas khusus, seperti : ruang serba guna, ruang rapat dan lokasi pesta pantai. Putri Duyung juga menawarkan fasilitas olahraga, seperti kolam renang, tenis meja, sepeda, lapangan tenis, serta lapanan voli pantai. Arsitektur artistik Putri Duyung Ancol kental dengan perpaduan gaya posmo dan romantisme Indonesia Timur, ditata selaras dengan lingkungan pantai untuk menciptakan suasana yang berselera dan eksotik.


Padang Golf Ancol


Padang Golf bernuansa pantai di tengah-tengah kawasan wisata yang memiliki 18 hole dengan desain lapangan unik. Lokasinya strategis dan mudah dicapai dari seluruh penjuru Jakarta.


Marina


Dermaga kapal pesiar (speed boat dan yacht) bergaya kosmopolitan yang pertama dan terlengkap di Indonesia, dirancang untuk tempat berlabuh kapal pesiar berbagai ukuran. Marina juga berfungsi sebagai pusat olahraga laut, ski air, wind surfing, diving, sailing, serta pelabuhan kapal pesiar untuk menuju Kepulauan Seribu. Marina dilengkapi dengan fasilitias dermaga, marine band, pompa bensin, dermaga bongkar muat, agen perjalanan wisata dan olahraga bahari.


Pasar Seni



Pasar Seni Ancol

Pasar Seni merupakan pusat kegiatan seni dan kerajinan yang memberikan inspirasi serta wawasan bagi penikmat dan kolektor seni. Pasar seni merupakan wujud nyata kepedulian Ancol atas kelangsungan hidup para seniman berbakat. Pasar Seni juga dilengkapi dengan Galeri Pameran (North Art Space/NAS), Toko Cinderamata, Plaza dan Panggung Pertunjukkan Seni.

6. Dunia Fantasi (DUFAN)


Dunia Fantasi (DUFAN), Jakarta

Dunia Fantasi atau disebut juga Dufan diresmikan pada 29 Agustus 1985 adalah tempat hiburan yang terletak di kompleks Taman Impian Jaya Ancol (Ancol taman impian), Jakarta Utara, Indonesia

Dunia Fantasi dibagi dalam beberapa kawasan dengan tema tersendiri dan ciri khas wilayah masing-masing. Pembagian kawasan ini ditujukan untuk membangkitkan imajinasi pengunjung yang diharapkan merasakan sensasi berjalan-jalan pada daerah Jakarta zaman dahulu, Eropa, Amerika, Indonesia, Asia, Fantasi Yunani, Fantasi Hikayat, Balara, dan Istabon.

Selain atraksi permainan, kawasan ini juga memiliki sejumlah restoran dan toko-toko suvenir. Luas Dunia Fantasi mencapai 9,5 hektare dari rencana pembangunan 552 hektare kawasan hiburan terpadu Taman Impian Jaya Ancol.

7. Taman Nasional Kepulauan Seribu


Kepulauan Seribu

Taman Nasional Kepulauan Seribu merupakan salah satu perwakilan kawasan pelestarian alam bahari di Indonesia yang terletak kurang lebih 45 km sebelah Utara Jakarta.

Kekayaan kehidupan laut taman nasional ini terdiri dari karang keras/lunak sebanyak 54 jenis, 144 jenis ikan, 2 jenis kima, 3 kelompok ganggang seperti Rhodophyta, Chlorophyta dan Phaeophyta, 6 jenis rumput laut seperti Halodule sp., Halophila sp., dan Enhalus sp., serta 17 jenis burung pantai.

Taman Nasional Kepulauan Seribu merupakan tempat peneluran penyu sisik (Eretmochelys imbricata) dan penyu hijau (Chelonia mydas). Penyu sisik dan penyu hijau yang merupakan satwa langka dan jarang ditemukan di perairan lain terutama pantai Utara Pulau Jawa, ditangkarkan di Pulau Semak Daun. 


Penangkaran tersebut dimaksudkan untuk memulihkan populasi penyu yang nyaris punah. Kegiatan penangkaran meliputi penetasan telur semi alami dan perawatan anak penyu sampai siap untuk dilepas ke alam. 

Beberapa pulau/obyek yang menarik untuk dikunjungi:  
Kepulauan Seribu

Pulau Pramuka, Pulau Semak Daun, Pulau Kelapa dan Pulau Panggang: Melihat penangkaran penyu, pengamatan satwa dan wisata bahari.

Pulau Pramuka, Pulau Opak, Pulau Karang Congkak. Wreck diving kapal-kapal yang karam. Pulau Panjang, Pulau Putri, Pulau Pelangi dan Pulau Perak: Wisata bahari yang dikelola oleh swasta. 

Bulan November sampai dengan Februari setiap tahunnya sering terjadi ombak yang besar (berbahaya), dan cuaca tidak begitu bagus biasanya terjadi pada bulan Mei sampai dengan Agustus.

Musim kunjungan terbaik: bulan Maret s/d Mei setiap tahunnya.


Cara pencapaian lokasi: 

Dari Marina Jaya Ancol setiap hari ada kapal khusus melayani pengunjung yang ingin melihat obyek-obyek wisata bahari, dengan waktu tempuh antara 1-2 jam. Atau dari Muara Angke ke Pulau Pramuka menggunakan kapal fery sekitar 2,5 jam.

Nah itulah 7 Tempat Wisata Paling Populer Di Jakarta yang ditulis sebagai bahan referensi bagi Anda yang ingin berwisata ke kota Jakarta. Semoga bermanfaat.

Axact

KAOS DAKWAH

KAOS DAKWAH adalah blog membahas tentang cara pembuatan Kaos Dakwah sampai bagaimana cara menjual Kaos Dakwah Online maupun offline, Silakan cari artikel di blog ini..Terima Kasih telah berkunjung di blog sederhana ini.

Post A Comment:

0 comments: