10 Destinasi Wisata Kediri Paling Menakjubkan  


Simpang Lima Gumul, Kediri

AdeevaTravel-Kota Kediri adalah sebuah kota kabupaten terbesar ketiga di Jawa Timur yang banyak menyimpan destinasi wisata sangat menakjubkan. Kota yang juga terkenal sebagai Kota Tahu ini memiliki berbagai tempat beragam dengan daya tarik khas Kota Kediri. Dari mulai Wisata Alam, Wisata Buatan sampai Wisata Belanja dapat Anda temukan di wilayah ini yang oleh Pemerintah setempat terus digalakkan untuk menyambut 20 juta wisatawan di tahun 2020.

Keindahan alam kediri merupakan hal yang patut ditelusuri. Sebagai daerah dataran rendah yang diapit oleh Gunung Kelud yang berada di sisi timur serta Pegunungan Wilis yang berada di sebelah barat yang terbelah oleh Sungai Brantas menyimpan banyak Desatinasi Wisata alam dan buatan yang sangat mempesona. Sebut saja salah satunya Gua Selomangkleng, Air Terjun Dolo atau Arung Jeram Kepung yang sangat menakjubkan.  Di kota ini Anda juga dapat  menikmati Wisata Kuliner Tahu Pong yang rasanya sangat lezat menggoda selera Anda.

Berikut 10 Destinasi Wisata Kediri Paling Menakjubkan yang patut Anda nikmati keindahannya.

1. Gua Selomangkleng


Gua Selomangkleng

Gua Selomangkleng adalah sebuah objek wisata paling populer di kota Kediri yang berada di Utara kota.Dalam sepintas memang gua ini biasa-biasa saja. Tetapi ketika Anda memasuki pintu gua akan terleihat beberapa batu yang berserakan yang sebagian diantaranya terdapat pahatan yang menandakan bahwa gua ini pernah disentuh oleh manusia. 

Pada dinding luar gua juga terdapat berbagai corak relief yang diantaranya ada yang berbentuk manusia. Gua yang terbuat dari Batu Andesit ini menjadikan kedap air sehingga tidak ada stalagtif dan stalagmit yang menghiasi dinding gua pada umumnya. 

Di dalam gua juga banyak terdapat relief. Di perlukan penerangan tambahan ketika berada di dalam gua ini. Pada dasar gua banyak ditemukan bunga-bunga sesajen berwarna merah dengan bau dupa yang sangat menyengat. Menjadikan gua ini begitu menyeramkan.

Dari cerita rakyat setempat, Gua ini pernah digunakan oleh Dewi Kilisuci anak dari Raja Erlangga sebagai tempat pertapaan.  

Terlepas dari gelap dan aroma dupa yang sangat menyengat, Gua Selomangkleng wajib Anda kunjungi bila berada di Kediri. Tak jauh dari gua ini juga terdapat Museum Airlangga yang merupakan Museum Purbakala yang banyak sekali menyimpan benda-benda arkeologi.

2. Air Terjun Dolo


Air Terjun Dolo

Air Terjun Dolo adalah salah satu tempat wisata paling menakjubkan di Kediri. Air Terjun yang terletak di Desa Jugo, Kecamatan Mojo, Kabupaten Kediri, Jawa Timur tepatnya berada di Lereng Gunung Wilis (2.860 mdpl) dengan tinggi 125 meter. Yang hanya berjarak 4 meter dari Air Terjun Irenggolo.

Air terjun yang terletak dikawasan pegunungan ini bersuhu cukup dingin serta akses menuju kesana sering diselimuti oleh kabut. 

Pemerintah Kediri telah memberikan fasilitas tambahan untuk memanajakan pengunjung. Seperti adanya warung makan, tempat parkir, toilet umum hingga mushola. Selain itu dikawasan sekitar Air Terjun Dolo juga telah ada fasilitas untuk tempat olahraga pagi (jogging track) dan mendaki (hikking area). Di sini juga terdapat taman bermain buat anak Anda (play ground) serta tempat perkemahan (camping ground) untuk para pengunjung yang ingin bermalam di tempat ini.
 

 3. Monumen Simpang Lima Gumul


Monumen Simpang Lima Gumul

Monumen Simpang Lima Gumul atau biasa disebut SLG adalah salah satu bangunan yang menjadi ikon Kota Kediri yang bentuknya menyerupai Arc de Triophe yang berada di Paris, Perancis. Munumen yang mulai dibangun sejak tahun 2003 dan diresmikan pada tahun 2008 ini digagas oleh Bupati Kediri saat itu Bapak. Sutrisno. Bangunan yang terletak di Desa Tugurejo, Kecamatan Gampengrejo, Kabupaten Kediri, Jawa Timur terinspirasi dari Raja Jongko Joyoboyo dari Kerajaan Kediri  yang ingin menyatukan lima wilayah di Kabupaten Kediri.

Kawasan objek wisata ini tidak pernah sepi oleh pengunjung di malam hari. karena disekitar monumen banyak terdapat pendagang kaki lima yang berjejer di area Pasar Tugu. Pada hari Sabtu dan Minggu pagi kawasan ini juga dipenuhi pengunjung yng datang untuk berekreasi sambil olahraga pagi. 

4. Taman Kilisuci


Taman Kilisuci

Taman Kilisuci adalah sebuah taman wisata yang terletak di Desa Tulungrejo, Kecamatan Pare Kabupaten Kediri, Jawa Timur atau sekita 20 km dari Monumen Simpang Lima Gumul. 

Taman ini sudah dilengkapi fasilitas parkir kendaraan, food court, jogging track, air mancur, area bermain anak serta area pijit refleksi serta fasilitas tambahan berupa wi-fi gratis bagi para remaja yang suka berselancar di internet.

Kabid Pertamanan Dinas Kebersihan dan Pertamanan (DKP) Kabupaten Kediri Puthut Agung Subekti Wijanarko, SE. MM. kepada Tim Kominfo Jum’at ( 17/4/15’) menjelaskan bahwa untuk meningkatkan kunjungan ke taman ini, Pemerintah Kabupaten Kediri akan terus menambah fasilitas lain untuk kenyamanan dan kesejukan taman ini. Seperti Ruang Taman Hijau (RTH) yaitu lahan terbuka hijau tepatnya di sebelah selatan taman, yang saat ini sudah tertanam berbagai pepohonan yang mulai rimbun.


Pepohonan di lahan ini merupakan hasil Penghijauan yang telah dilaksanakan oleh Pemkab Kediri pada Tahun 2013, disini diharapkan nanti para pengunjung selain memanfaatkan sebagai taman bermain juga ada nilai edukasinya yaitu adanya berbagai tanaman yang ditulisi berbagai nama dan label pohon sesuai nama ilmiahnya seperti Pohon Mojo, Kenari , Trembesi dll. Tambah Puthut.

5. Arung Jeram Kepung


Arung Jeram Kepung

Wisata Arung Jeram Kempung berada di Desa Siman, Kecamatan Kepung, Kediri, sekitar 40 km dari Simpang Lima Gumul, arah ke Timur Laut, atau 40 menit perjalanan dari pusat Kota Kediri.

Sungai Kempung sendiri berada di perbatasan antara Kediri dan Malang dengan arus yang cukup deras. Dalam wisata Arung Jeram Sungai Kepung ini pejalan diajak mengarungi sungai sepanjang 11 km dalam waktu sekitar 2 jam, dengan melewati 11 jeram. Sepanjang jalan terdapat panorama persawahan dan perbukitan.

6. Gumul Paradise Island



Gumul Paradise Island

Pemerintah Kabupaten Kediri saat ini yaitu, tempat wisata air dengan nama “ GUMUL PARADISE ISLAND” (GPI).. GPI design dan rancang sedemikian rupa sehingga diharapkan bisa menjadi salah satu wisata air terbaik di Jawa Timur dengan menawarkan berbagai macam wahana permainan seperti: Speed slide, body slide, kolam jamur, fun boomerang, kolam bak tumpah,flying fox dll. Selain itu juga disediakan fasilitas penunjang untuk keamanan dan kenyamanan pengunjung seperti: Toilet, Food Court, Musholla, Loker, giftmart dll. 

Selain tempat yang strategis dan terjangkau, GPI juga tidak mematok harga tiket yang mahal. Hal ini ditujukan supaya semua kalangan bisa menikmati wisata air ini, khususnya masyarakat Kediri dan wisatawan luar kota maupun wisatawan asing khususnya.

7. Waterpark Kediri



Waterpark Kediri

Kediri Waterpark dibuka pada tanggal 19 Juni 2014. Area wisata yang berada di dataran tinggi di Desa Pagung, Kecamatan Semen dengan ketinggian 350 meter di atas permukaan laut dengan suhu pada malam hari 21 – 22 derajat celcius, siang hari 29 – 30 derajat celcius hampir sama dengan kota Malang. Waterpark ini dilengkapi fasilitas penginapan hotel dan dekat dengan tempat wisata lain seperti Desa Wisata Joho, Sumber Podang, Pohsarang dan Kawasan Wisata Besuki – Dolo.

Kediri Waterpark dilengkapi ragam permainan yang menarik antara lain waterslide panjang 216 meter yang merupakan terpanjang di Indonesia dan Asia, kolam arus, kolam anak, jembatan koi, kolam tsunami, kolam kaki,, kolam plaza, colosseum, wall climbing, tower slide, bianglala, racer slide, boomerang slide, kolam umum, kolam sekoci, go-kart, kora-kora, swing extreme, sepeda udara, slingshot, spaceball, dll. Disini juga juga akan segera dilengkapi dengan monorail yang dioperasikan malam hari untuk menikmati pemandangan Kota Kediri diwaktu malam serta gondola (kereta gantung) yang menghubungkan dua bukit untuk mencapai waterslide. Sangat menarik bukan? Kediri Waterpark dibuka setiap hari pukul 10.00 hingga malam hari pukul 21.00 WIB sehingga memungkinkan untuk menikmati indahnya malam hari Kota Kediri dari atas. Harga tiket masuk sangat terjangkau, yaitu Rp. 50.000,- untuk weekdays dan Rp. 70.000,- untuk weekend.

8. Kampung Inggris-Pare



Waterpark Kediri

Berlibur sambil belajar bahasa Inggris? Why not? Belajar Bahasa Inggris bisa jadi sangat menyenangkan di Pare, Kediri, Jawa Timur. Di daerah ini terdapat tempat wisata edukasi yang bernama Kampung Inggris.

Kampung Inggris menawarkan wisata edukasi yang menyenangkan tetapi tetap dapat nuansa berliburnya karena suasan kota Pare yang masih sejuk dan pemandangannya asri. Kampung Inggris  di desa Pare (Pelem dan Tulungrejo) ini terdapat puluhan tempat kursus, mulai dari yang menawarkan program per 2 mingguan, 1 bulan, 2 bulan hingga 4 bulan.  Ada pula yang menawarkan kursus privat. Pengunjung bebas memilih, sesuai dengan kemampuan yang sudah  dimiliki dan berapa lama waktu pengunjung yang tersedia untuk menempuh program-program di berbagai tempat kursus di Kampung Inggris Pare Kediri. Untuk Anda yang ingin berlibur sambil belajar Bahasa Inggris, berkunjung ke Kampung Inggris bisa jadi pilihan seru!

9. Wisata Gunung Kelud


Waterpark Kediri

Gunung Kelud adalah salah satu Destinasi Wisata di Kediri paling populer dikalangan penikmat alam telah dibuka kembali untuk umum pasca aktivitas vulkanik sejak tahun 2014 lalu. . Salah satu daya tarik Wisata Gunung Kelud ini adalah adanya Kubah Lava. Di tempat ini Anda juga dapat menikmati beberapa destinasi menarik seperti Flying Fox, Mandi air panas serta panjat tebing. 

10. Pusat Oleh-Oleh Tahu Pong


Waterpark Kediri

Singgah ke kota Kediri jangan sampai terlewatkan membeli tahu kuning atau tahu takwa? Mau tahu kenapa? Karena kota Kediri merupakan salah satu kota produsen tahu, dan tak perlu diragukan lagi kalo tahu buatan kota ini memang cukup enak. Salah satu toko oleh-oleh yang menyediakan tahu yang cukup ternama yaitu tahu POO adalah toko Oen yang berada di jalan Yos Sudarso no. 92, Kediri.


Di sini tersedia aneka tahu dengan merk POO yang asli, ada tahu takwa atau lebih dikenal dengan tahu kuning. Selain itu ada juga tahu pong, jenis tahu ini seperti tahu gejrot atau tahu sumedang, dikenal dengan nama tahu pong karena jenis tahu ini jika digoreng akan mengembung dan tengahnya kosong atau dalam bahasa Jawa disebut kopong. Olahan tahu lainnya yaitu kerupuk dan stik tahu yang juga terkenal sebagai camilan dan oleh-oleh karena rasanya yang cukup lezat.

Nah itulah 10 Destinasi Wisata Kediri Paling Menakjubkan  sebagai referensi buat Anda jika berencana  atau sedang berada di Kota Kediri.  Cukup menarik bukan?


 
Axact

Axact

Vestibulum bibendum felis sit amet dolor auctor molestie. In dignissim eget nibh id dapibus. Fusce et suscipit orci. Aliquam sit amet urna lorem. Duis eu imperdiet nunc, non imperdiet libero.

Post A Comment:

0 comments: