Petualangan Seru Di Suaka Margasatwa Pananjung Pangandaran  


Suaka Margasatwa Penanjung

AdeevaTravel-Pananjung Pangandaran merupakan sebuah objek wisata cagar alam dengan luas 497 ha (daratan) dan 470 ha (taman laut) terletak di desa Panajung, Kabupaten Pangandaran, Jawa Barat, Indonesia.

Menurut sejarahnya, Pananjung merupakan sebuah pulau kecil yang kemudian terhubung dengan Pulau Jawa akibat proses sedimentasi pasir. Sebelum ditetapkan sebagai Cagar Alam, Pananjung merupakan sebuah kawasan Suaka Margasatwa. Sesuai dengan perkembangan zaman serta setelah ditemukannya Bunga Raflesia Padma, Status Suaka Margasatwa di rubah menjadi Cagar Alam berdasarkan Surat Keputusan Menteri Pertanian Nomor: 34/KMP/1961.

Pantai Pangandaran

Di Suaka Margasatwa Pananjung, Anda bisa melakukan kegiatan wisata yang beraneka ragam penuh pertualangan seru seperti berjalan-jalan di pinggir pantai, bersepeda, berenang, kano, snorking, menyelam, hiking serta melihat beberapa peninggalan sejarah di sana. 

Cagar Alam Pananjung

Di Suaka Margasatwa ini juga terdapat Hutan Cagar Alam yang di dalamnya banyak dihuni hewan yang dilindungi seperti Kijang, Landak, Burung Elang, Kalajengking dan Monyet serta tumbuhan bakau di sekitar bibir pantai.

Gua Di Pangandaran

Selain keberadaan Flora dan Fauna, Di Suaka Margasatwa Pananjung juga banyak terdapat gua yang menarik untuk Anda selusuri. Seperti Gua Panggung, Gua Parat, Gua Lanang, Gua Sumur Mudal dan juga beberapa gua peninggalan Jepang saat terjadinya Perang Dunia II. Tentara pendudukan Jepang memang pernah menjadikan wilayah ini sebagai benteng pertahanan untuk mengantisipasi serangan sekutu dari arah Selatan. Hal ini tidak pernah terjadi, Tentara Sekutu ternyata menyerang dari arah Utara sehingga Benteng Pertahanan Tentara Jepang pada Pernag Dunia II ini masih terpelihara dengan baik hingga sekarang di 4 Gua yang ada seperti Gua Lanang, Gua Rengganis, Gua Sumur Mudal dan Gua Miring.

Mulut Gua Grand Canyon, Pangandaran

Selain keberadaan gua-gua di Suaka Margasatwa Pananjung, Kawasan ini juga banyak menyimpan  sisa-sisa puing peninggalan Kerajaan Pananjung, Galuh yang dinamakan Batu Kalde.

Selain tempat-tempat yang kami sebutkan di atas, Suaka Margasatwa Pananjung juga terkenal akan keindahan pantainya. Pantai Pangandaran dengan pasir putihnya ini menjadi tempat favorit bagi pengunjung yang ingin berwisata dan bersantai ria di hari libur. Di pantai nan indah ini Anda dapat melakukan aktifitas pantai seperti berenang, berperahu, memancing, paraselling dan jets sky serta menyelam, menikmati pemandangan bawah lautnya yang sangat mempesona.

Menyaksikan Sunset dari Pantai Pangandaran

Di pantai ini Anda juga dapat menikmati keindahan Sunset dan Sunrise yang sangat mempesona menghabiskan rasa lelah Anda setelah berpetualang menelusuri Suaka Margasatwa Pananjung.

Rute Perjalanan

Untuk dapat Menelusuri Suaka Margasatwa Pananjung, Pangandaran  dari Kota Bandung. Anda bisa menggunakan Bus jurusan Bandung-Tasikmalaya, Banjar-Pangandaran. Sedangkan jika Anda dari arah Jakarta,  Anda bisa melalui Bus Jurusan Terminal Kp. Rambutan-Pangandaran.  Untuk Anda yang dari arah kota Jogjakarta, Anda dapat menggunakan Bus Jurusan Jogjakarta-Cilacap-Kalipucang-Pangandaran. Dari Terminal Pangadaran Anda bisa ke lokasi dengan menggunakan Becak atau berjalan kaki. 

    
 
Axact

KAOS DAKWAH

KAOS DAKWAH adalah blog membahas tentang cara pembuatan Kaos Dakwah sampai bagaimana cara menjual Kaos Dakwah Online maupun offline, Silakan cari artikel di GHIRAH.COM..Terima Kasih telah berkunjung di blog sederhana ini, Jika antum PRODUSEN KAOS DAKWAH ATAU DISTRO MAU KERJASAMA SILAKAN KONTAK NO TLP YANG ADA DI WEB GHIRAH.COM

Post A Comment:

0 comments: