Menyelusuri Taman Nasional Bogani Nani Wartabone Di Sulawesi Utara


Taman Nasional Bogani Nani Wartabone

AdeevaTravel-Taman Nasional Bogani Nani Wartabone adalah taman nasional yang terletak di Semenanjung Minahasa, Sulawesi Utara. Taman Nasioanal yang memiliki luas wilayah sekitar 2.871.015 kilometer persegi ini diresmikan oleh Menteri Kehutanan melalui SK. No. 731/Kpts-II/1992. Sedangkan nama Nani Wartabone diambil dari nama Pahlawan Nasional Indonesia yang berasal dari Sulawesi Utara.   

Taman Nasional Bogani Nani Wartabone memiliki 24 jenis mamalia, 125 jenis aves, 11 jenis reptilia, 2 jenis amfibia, 38 jenis kupu-kupu, 200 jenis kumbang dan 19 jenis ikan, 
 
Sebagian besar satwa yang berada di Taman Nasional ini adalah satwa endemik atau khas Pulau Sulawesi seperti Monyet Hitam (macana nigra nigra), Monyet Dumoga Bone (M. Nigrescens), Tangkasi (tarsius spectrum spectrum), Musang Sulawesi (macrogalidia musscenbroeikii musschenbroeikii), Anoa Besar (bubalus depressicornis), Anoa Kecil (B. Quarlesi), Babirusa (Babyrousa babirussa celebersis) dan berbagai jenis burung.    

Tumbuhan khas dan langka banyak tumbuh di Taman Nasional ini seperti palem matayangan (pholydocarpus ihur), Kayu Hitam (Dyospyros Celebica), Kayu Besi (Intsia spp), Kayu Kuning (Arcangelisia Flava) dan Bunga Bangkai (Amorphophallus Companulatus).  

Burung Maleo

Satwa burung yang dijadikan Maskot Taman Nasional Bogani Nani Wartabone ini adalah Burung Maleo (Marcocephalon Maleo) dan Kelelawar Bone (Bonea Bidens) yang merupakan satwa endemik dari taman nasional ini.

Burung Maleo mempunyai ukuran yang hampir sama ayam. namun telurnya 6 kali lebih berat dari telur ayam. Burung Maleo meletakan telurnya di dalam tanah atau pasir sedalam 30-40 cm dan biasanya terletak di dekat sumber air panas. Dengan panas bumi inilah Telur Burung Maleo bisa menetas. Keluarnya anak Burung Maleo dari dalam tanah, Larimya anak Burung Maleo di alam bebas (umur sehari) mengintip induknya yang sedang menggali lubang merupakan salah satu atraksi satwa yang menarik bagi para wisatawan.

Tangkasi

Di Taman Nasional Bogani Nani Wartabone ini juga banyak terdapat lokasi tempat wisata yang dapat Anda kunjungi seperti tempat berkemah Kosinggolan, Pendakian Gunung Poniki, Pengamatan satwa/tumbuhan Toraut, Lombongo, Danau Tambun, Air Terjun Tumpah, Sumber Air Panas, Pendakian Gunung Padang, Lintas Hutan, Berenang, Antraksi Maleo dan Peninggalan Budaya (Batu Berkamar) Matayangan, Atraksi Maleo, Kera Hitam, Burung Rangkong mandi di sungai dan lain sebagainya.

Di dekat Taman Nasional ini juga diadakan Festival Bolaang Mongodow  yang diadakan setiap bulan Maret setiap tahunnya dan Festival Gorontalo yang diadakan setiap bulan Mei setiap tahunnya.

Bagi Anda yang ingin berkunjung ke Taman Nasional Bogani Nani Wartabone sebaiknya dilakukan pada bulan Maret hingga September setiap tahunnya.

Peta Lokasi Taman Nasional Bogani Nani Wartabone

Untuk dapat sampai ke lokasi Taman Nasional Bogani Nani Wartabone, Dari kota Manado Anda bisa menggunakan kendaraan roda empat menuju Kotamobagu yang berjarak 185 km atau sekitar 4 jam perjalanan. Dari Kotamobagu ke Torut yang berjarak 69 km atau sekitar 1 jam perjalanan. Dari Torut menuju ke Maelang yang berjarak 100 km atau sekitar 3 jam perjalanan.    


Sumber:dephut.co.id  
Axact

KAOS DAKWAH

KAOS DAKWAH adalah blog membahas tentang cara pembuatan Kaos Dakwah sampai bagaimana cara menjual Kaos Dakwah Online maupun offline, Silakan cari artikel di blog ini..Terima Kasih telah berkunjung di blog sederhana ini.

Post A Comment:

0 comments: