Menikmati Keindahan Air Terjun Madakaripura Di Probolinggo


air terjun madakaripura

AdeevaTravel-Air Terjun Madakaripura adalah sebuah air terjun yang terletak di Kecamatan Lumbangm Kabupaten Probolinggo, Jawa Timur, Indonesia. Air terjun ini termasuk ke dalam Taman Nasional Bromo Tengger Semeru, Jawa Timur. Air terjun dengan ketinggian 200 meter ini menjadikan Air Terjun Madakaripura sebagai air terjun tertinggi di Pulau Jawa serta air terjun tertinggi kedua di Indonesia setelah Air Terjun

air terjun madakaripura

Air terjun ini memiliki ketinggian sekitar 200 m dan berbentuk ceruk yang dikelilingi tebing-tebing yang menjulang tinggi yang meneteskan air membentuk tirai pada seluruh bidang tebingnya seperti layaknya sedang hujan, 3 di antaranya bahkan mengucur deras membentuk air terjun lagi. Ada sekitar lima terjunan air di lokasi ini dengan air terjun utama berada di ujung sebuah ruangan berbentuk lingkaran berdiameter sekitar 25 m. 

Air Terjun Madakaripura

Di balik air terjun utama terdapat sebuah goa dimana untuk mencapainya sangat sulit karena harus melewati kolam air seluas 25 m2 yang ada tepat di bawah air terjun tersebut.  Kedalaman kolam ini sekitar 7 m dan memiliki arus air yang sangat deras.

Menurut penduduk setempat nama Madakaripura berarti ‘tempat terakhir’ yang diambil dari cerita pada jaman dahulu, konon Patih Gajah Mada menghabiskan akhir hayatnya dengan bersemedi di lokasi air terjun ini (di sebuah goa di air terjun utama tersebut).  Cerita ini didukung dengan adanya arca Gajah Mada di tempat parkir area tersebut.

Pemandangan Air Terjun Madakaripura

Menikmati keindahan Air Terjun Madakaripura di Probolinggo ini adalah salah satu hal yang harus Anda lakukan oleh para traveller yang ingin berkunjung di Jawa Timur. Perjalanan ke Air Terjun Madakaripura sangat indah dan memanjakan mata dengan pemandangan pohon-pohon yang besar, udara yang segar serta sungai-sungai yang sangat menantang. 


Patung Gajah Mada

Air Terjun Madakaripura yang konon sebagai tempat bersemedi Patih Gajah Mada pada zaman Kerajaan Majapahit merupakan air terjun abadi. Karena air terjun ini memiliki aliran yang tidak pernah berhenti walaupun pada musim kemarau panjang sekalipun.

Sejauh mata memandang horizon di sana, Air Terjun Madakaripura laksana tersimpan dalam tabung kokoh berketinggian 200 meter. Suasana alami dan sejuk ditambah lumut-lumut basah yang tumbuh di dinding lembab membawa sebuah kesan mistis, terutama bagi mereka yang mengetahui latar belakang air terjun ini.

Arus sungai di Air Terjun Madakaripura

Menyaksikan keindahan panorama serta mengabadikan momen dengan kamera adalah cara terbaik untuk menikmati pesona Air Terjun Madakaripura. Air terjun yang terus-menerus mengalirkan curah air bepadu indah dengan lumut berkilauan akibat terkena sinar matahari. Tatkala Anda menengadahkan kepala ke arah langit, Anda dapat meresapi pesona indah yang dimilikinya.

Jika para traveller ingin berkunjung ke Air Terjun Madakaripura ini di sarankan untuk membawa jas hujan dan sepatu yang kuat karena di pastikan Anda akan basah kuyup terkena percikan serta guyuran air terjun. 

Beberapa fasilitas juga tersedia di tempat ini seperti adanya Masjid, WC Umum, warung makan serta penyedia jasa penyewaan payung. Apabila Anda berkeinginan menggunakan jasa pemandu (guide) Anda bisa mendapatkannya dengan mengeluarkan biaya sekitar Rp. 50.000,- untuk sekali jalan.

Menurut legenda jawa kuno, yang tertulis dalam Kitab Negarakertagama, Madakaripura awalnya adalah sebidang tanah yang di hadiahkan Raja Majapahit (Hayam Wuruk) kepada Patih Gajah Mada. Dan tempat ini konon Patih Gajah Mada menghilang secara fisik atau spiritual atau moksa dari muka bumi. Untuk itu di sekitar Air Terjun Madakaripura terdapat Patung Gajah Mada. Menurut penduduk sekitar, air terjun ini juga di anggap sebagai Air Suci  atau Tirta Sewana dan oleh para penduduk Suku Tengger air terjun ini digunakan sebagai proses upacara Medhak Tirta yang diadakan setiap tahun di kaki Gunung Bromo.  

Rute menuju Air Terjun Madakaripura

Perjalanan menuju Air Terjun Madakaripura dapat ditempuh melalui jalur Surabaya. Tetapi agar lebih mudah, Anda sebaiknya menyewa mobil di Malang atau Surabaya. Bila tidak ingin repot, Anda dapat mengambil paket wisata ke Gunung Bromo yang juga memasukkan destinasi Air Terjun Madakaripura di dalamnya.

Perjalanan dari kota Surabaya menuju Probolinggo memakan waktu kurang lebih 3 jam, Anda akan melewati rute Sidoarjo – Porong – Pasuruan – Probolinggo.
 
Sesampainya di Probolinggo, Anda dapat melanjutkan perjalanan ke sebuah daerah bernama Tongas. Di sana, Anda akan menjumpai sebuah pertigaan dengan patokan tugu kecil di tengahnya. Ada penunjuk arah ke lokasi Air Terjun Madakaripura dan Gunung Bromo. Dari sana, perjalanan masih akan berlangsung sekitar 30 menit sebelum penunjuk arah berikutnya terlihat. Anda hanya perlu mengikuti penunjuk jalan tersebut hingga sampai di lokasi.

  
Jihan Nur Shadrina

Jihan Nur Shadrina

Blog ini di buat, copas dari beberapa sumber website muslim. Sekaligus saya belajar dan membaca dari hasil copas artikel, agar saya bisa mendapatkan ilmu yang bermanfaat untuk diri saya, keluarga dan lingkungan di sekitar, Semoga saya di jadikan WANITA MUSLIMAH yang bermanfaat. Aamiin.

Post A Comment:

0 comments: