3 Pantai Surfing Terbaik Di Indonesia



3 Pantai Surfing Terbaik Di Indonesia

AdeevaTravel-Sebagai negara Bahari, bukan rahasia lagi bahwa Indonesia adalah surga bagi Peselancar Kelas Dunia. Hal ini dapat dibuktikan dengan masuknya 3 pantai Indonesia dalam 20 besar pantai terbaik bagi peselancar di dunia versi Majalah Surfing Magazine yang berbasis di Australia.

Pulau Dewata sebagai magnet para wisatawan mancanegara menampilkan Pantai Uluwatu pada peringkat ke-4 sebagai Pantai Surfing Terbaik di dunia serta Pantai Sibora pada peringkat ke-10 dan Pantai Nihiwatu pada peringkat ke-17.

Berikut 3 Pantai Surfing Terbaik Di Indonesia yang masuk pada Daftar 20 Besar Pantai Surfing Terbaik Di Dunia versi Majalah Surfing Magazine.

1. Pantai Uluwatu, Kuta Bali



 Pantai Uluwatu, Kuta Bali

Uluwatu yang terletak di Pulau Bali, Indonesia memiliki pantai yang sangat indah dengan gelombang besarnya yang sangat disukai oleh para peselancar kelas dunia. Dengan gelombangnya yang besar pantai ini masuk pada urutan ke-4 sebagai sport surfing terbaik di dunia setelah Pantai Pipeline, Oahu,Hawai, USA, Pantai Supertubes, Jeffrey Bay Afrika Selatan dan Teahupo,Tahiti.

 Pantai Uluwatu, Kuta Bali

Telah banyak para peselancar kelas dunia datang ke Pantai Uluwatu ini untuk mencoba menaklukan gelombang Samudra Pasifik di pantai yang sangat eksotis ini. 

Selain sebagai lokasi surfing kelas dunia, Pantai Uluwatu juga memeiliki panorama yang indah dengan pasir putihnya yang lembut dan karang-karangnya yang besar. Di pantai ini kita juga dapat menyaksilan matahari tenggelam dari atas karang atau dari bibir pantai. 

Pantai Uluwatu kira-kira hanya satu jam dari bandara Ngurah Rai Denpasar Bali, Anda dapat menggunakan jasa taksi, mobil atau motor sewaan, serta agen perjalanan untuk menuju Pantai Uluwatu. Jika menggunakan jasa agen perjalanan, kunjungan ke Pantai Uluwatu biasanya menjadi satu paket dengan obyek wisata lainnya di daerah Bali selatan. 

Video Surfing Uluwatu Beach


2. Pantai Sipora, Kepulauan Mentawai



Pantai Sipora, Kepulauan Mentawai

Pantai Sipora yang terletak di Pulau Sipora, Kepulauan Mentawai, Sumatra Utara menjadi salah satu tempat menarik bagi wisatawan dunia karena adanya beberapa tempat spot surfing kelas dunia. Tempat ini juga masuk pada urutan ke-10 terbaik di dunia versi Surfing Magazine yang berbasis di Australia.

Pantai Sipora memang sangat identik dengan Pulau Surfing karena memiliki beberapa titik berselancar kelas dunia. Hollow Tress dan Lances's Left berada dibagian ujung selatan pulau ini. Beberapa titik berselancar yang terkenal lainnya berada dibagian barat pulau seperti Telecopes, Iceland dan Scarcrows.

Hollow Trees yang biasa disebut HT atau Lance's Right memiliki ombak berbentuk silinder (dikenal dengan sebutan Right Tube) yang selama 10 tahun terakhir sering muncul di majalah-majalah dan video-video berselancar dunia. 

Saat ombak jenis ini datang tidak terlalu besar. Tetapi akan ada 3 take off yang akan menantang para peselancar untuk melakukan manuver surfing. Saat ombak yang lebih besar datang, bagian atas ombak yang pecah (peak) akan terhubung dengan barrel secara terus menerus yang akan membuat para peselancar dengan ketrampilan diatas rata-rata akan terkagum-kagum. Gelombang ini tidak dianjurkan untuk para peselancar pemula, karena tantangan ombak yang datang hadir untuk mereka dengan ketrampilan mumpuni dan ahli.

Pantai Sipora, Kepulauan Mentawai

Selain sebagai tempat tujuan peselancar kelas dunia, Pantai Sipora juga menawarkan kondisi alam yang sangat indah dengan kondisi alam yang masih terjaga dan alami. Snorkeling, diving atau bersantai di pinggir pantai sambil memandangi pemandangan alam yang indah dan desiran angin laut menjadikan Pantai Sipora sangat layak untuk Anda kunjungi.

Akses untuk menuju Kepulauan Mentawai masih mengandalkan kapal motor yang hanya sanggup beroperasi dua kali dalam seminggu, yaitu Minggu malam (Kapal Sumber Rezeki Baru) dan Kamis malam (Kapal Simasin). Perjalanan sekira satu hari, berarti kapal kembali ke Padang pada Selasa dan Jumat malam. Harga tikenya Rp105.000,- sampai Rp125.000,-. Tersedia kapal tambahan yang beroperasi pada Minggu pertama dan kedua setiap bulan. Kapal Ambu-Ambu berangkat pada Sabtu malam dari Muara Padang dan kembali dari Siberut ke Padang pada Minggu malam.

Apabila Anda memutuskan untuk berangkat dari Bandara Internasional Minangkabau maka dapat menyewa pesawat kecil seperti Tiger Air atau SMAC ke Tuapejat di Pulau Sipora 


Video Mentawai Surf Competition 2011


3. Pantai Nihiwatu, Sumba   


Pantai Nihiwatu, Sumba

Pantai Nihiwatu adalah sebuah pantai sepanjang 2,5 kilometer di Pulau Sumba masuk pada urutan ke-17 sebagai tempat surfing terbaik di dunia versi Surfing Magazine.

Pantai yang masih sepi dan alami ini menjadi tempat populer bagi para peselancar kelas dunia yang datang ke tempat ini untuk menaklukan gelombang besar yang juga sering disebut God's Left.  Untuk menjaga keselamatan para peselancar di pantai ini membatasi hanya 9 peselancar saja yang boleh surfing secara bersamaan.


Pantai Nihiwatu, Sumba

Selain sebagai tempat berselancar kelas dunia, Pantai Nihiwatu juga menawarkan beberapa aktivitas yang dapat Anda lakukan seperti Memancing, diving, snoorkeling serta tur berperahu ke teluk-teluk Pantai Konda Maloba yang jaraknya sekitar 1 jam perjalanan sebelah selatan Pantai Nihiwatu.

Waktu terbaik untuk melakukan surfing di Pantai Nihiwatu adalah antara bulan April sampai dengan bulan Desember setiap tahunnya.

Video Surfing Nihiwatu Beach, Indonesia

Akses ke Nihiwatu Dari Bandara Ngurah Rai, Denpasar kita bisa terbang ke Bandara Tambolaka menggunakan Aviastar, Transnusa, Wings Air atau Merpati. Dari bandara Tambolaka bisa menyewa mobil untuk melanjutkan perjalanan menuju Pantai Nihiwatu dengan waktu tempuh sekitar 2-3 jam. Tarif sewa mobilnya sekitar Rp. 300.000 - 400.000.

Untuk sampai ke Pantai Nihiwatu, Dari Bandara  Ngurah Rai, Bali, Anda bisa langsung menuju Bandara Tambolaka dengan menggunakan pesawat Aviastar, Transnusa, Wings Air atau Merpati. Dari Bandara Tambolaka Anda bisa menyewa mobil untuk melanjutkan perjalanan menuju Pantai Nihiwatu dengan waktu tempuh sekitar 2-3 jam.

Daftar 20 Peringkat Teratas lokasi Surfing Terbaik Di Dunia versi Surfing Magazine.

1. Pipeline, Oahu, Hawaii, USA
2. Supertubes, Jeffrey's Bay, Afrika Selatan
3. Teahupo's, Tahiti, Polynesia Pernacis
4. Pantai Uluwatu, Kuta Bali, Indonesia
5. P-Pass, Pohnpei, Micronesia
6. Maverick's, California, USA
7. Hossegor, Perancis
8. Puerto Escondido, Oxaca, Mexico
9. Cloud Nine, Pulau Siargao, Filipina
10. Lance's Right, Sipora, Kepulauan Mentawai, Sumatera Barat, Indonesia
11. Sultans, North Male, Maladewa
12. Trestles, Orange County, California, AS
13. Honolua Bay, Maui, Hawaii, AS
14. Montanita Beach, Montanita, Ekuador
15. Rincon, Santa Barbara, California, AS
16. Nihiwatu, Sumba, Indonesia
17. Manu Bay, Raglan, Selandia Baru
18. Riyuewan, Sanya, Pulau Hainan, China
19. Jaws, Maui, Hawaii, AS
20. The Box, Margaret River Valley, Australia


Sumber:
surfing magazine
centralwawasan.wordpress.com
ku2h.com
indonesiaexplorer.net

Axact

KAOS DAKWAH

KAOS DAKWAH adalah blog membahas tentang cara pembuatan Kaos Dakwah sampai bagaimana cara menjual Kaos Dakwah Online maupun offline, Silakan cari artikel di blog ini..Terima Kasih telah berkunjung di blog sederhana ini.

Post A Comment:

0 comments: