Tempat wisata di Batam yang wajib dikunjungi oleh para wisatawan lokal maupun asing salah satunya adalah jembatan Barelang. Jembatan Barelang merupakan sebuah jembatan yang menghubungkan antara tiga pulau yang terdapat di daerah itu. Pulau yang dimaksud adalah pulau Batam, pulau Rempang dan pulau Galang. Dari ketiga pulau itulah nama Barelang diambil.

Pembangunan Jembatan Barelang ini atas ide bapak B.J.Habibie yang pada waktu itu menjabat sebagai mentri bagian Riset dan Teknologi. Jembatan Barelang dibangun pada tahun 1992 sampai tahun 1998, dan menghabiskan dana sebesar kurang lebih Rp 400M.

Tempat Wisata di Batam yang wajib dikunjungi adalah Jembatan Barelang
Jembatan Barelang/sumber: onbatam.com


Jembatan yang panjangnya 2.264 meter ini sebenarnya terdiri dari enam jembatan yang saling berhubungan. Masing-masing jembatan tersebut diberi nama para raja yang pernah memimpin kerajaan-kerajaan yang ada di wilayah kepulauan riau pada zaman kerajaan melayu dahulu. Nama-nama tersebut antara lain :

1.      Jembatan Tengku Fisabilillah
2.      Jembatan Narasinga
3.      Jembatan Ali Haji
4.      Jembatan Sultan Zainal Abidin
5.      Jembatan Tuanku Tambusai
6.      Jembatan Raja Kecil


Demikian sekilas tentang penjelasan Tempat Wisata di Batam, semoga saat teman-teman berlibur ke Pulau Batam bisa jalan-jalan ke Jembatan Barelang. Karna jembatan ini merupakan ikonnya kota Batam lho....
Jihan Nur Shadrina

Jihan Nur Shadrina

Blog ini di buat, copas dari beberapa sumber website muslim. Sekaligus saya belajar dan membaca dari hasil copas artikel, agar saya bisa mendapatkan ilmu yang bermanfaat untuk diri saya, keluarga dan lingkungan di sekitar, Semoga saya di jadikan WANITA MUSLIMAH yang bermanfaat. Aamiin.

Post A Comment:

0 comments: