Cara setting tag robot tak usah berlebihan. Terlalu banyak perintah khusus, halaman blog akan diabaikan Googlebot. Jika salah, terjadi duplicate content.

Gue pengen berbagi artikel SEO untuk pemula yang baru belajar membuat blog dengan Platform Blogger. Yup, tips tentang cara membuat setting tag tajuk/header robot khusus yang paling sederhana, mudah, tak rumit dan tidak lebay.

Menurut artikel master SEO yang gue pelajari, terlalu banyak perintah pada robot tidak bagus untuk kesejahteraan blog itu sendiri. Apalagi jika setting salah, maka ber-akibat halaman blog tidak cepat diindeks search engines Google. Opsi terbaik jika settingan dibuat default dengan sedikit modifikasi.

Berikut ini tips sekaligus penjelasan tentang cara setting tag tajuk/header robot khusus menurut para master blogging yang gue rangkum:
  1. Silahkan masuk ke Blogger dashboard, buka daftar entri, pilih setelan, cari preferensi penelusuran, lalu klik edit tag header robot khusus.
  2. Pada opsi beranda/homepage aktifkan/centang noodp agar blog cepat diindeks bing dan yahoo juga, yup! 
  3. Pada opsi halaman arsip dan penelusuran aktifkan/centang none & noarchive.
  4. Pada opsi default untuk post dan halaman biarkan kosong saja, karena dapat di setting manual ketika membuat artikel baru atau new entri. Jika coba-coba dicentang, robot akan menolak Googlebot untuk searching halaman blog.
  5. Setelah selesai, kemudian klik simpan perubahan. Maka tag tajuk/header robot khusus sudah aktif dengan selamat.
gambar cara seting tag header robot di blog
Contoh setting tag tajuk robot di platform Blogger.
Kesimpulan:
Tujuan mengaktifkan nodp pada tajuk/header robot khusus adalah agar deskripsi blog yang muncul di halaman hasil pencarian Goggle bukan berasal dari website directori dimana blog telah di submit disana. Sedangkan none dan noarchive memberi perintah kepada Googlebot agar label/kategori posting tidak diindeks dan diikuti sehingga tidak memunculkan duplikasi. Duplicate content dilarang Google, hehehe. Tag none sudah setara dengan noindex dan nofollow. Silahkan ber-eksperimen dengan settingan lain, yup!
Next
Newer Post
Previous
This is the last post.
Axact

KAOS DAKWAH

KAOS DAKWAH adalah blog membahas tentang cara pembuatan Kaos Dakwah sampai bagaimana cara menjual Kaos Dakwah Online maupun offline, Silakan cari artikel di blog ini..Terima Kasih telah berkunjung di blog sederhana ini.

Post A Comment:

0 comments: